MERGER DAN AKUISISI SEBAGAI STRATEGI MANAJEMEN PERUSAHAAN MENGHADAPI PERSAINGAN TEKNOLOGI INFORMASI: SEBUAH TINJAUAN LITERATUR

Penulis

  • Ali Imron STIE Assholeh
  • Hani STIE Assholleh Pemalang

DOI:

https://doi.org/10.47775/ictech.v17i1.238

Abstrak

Perusahaan mendapatkan keuntungan melalui kegiatan operasional yang dilakukan. Setiap perusahaan berusaha untuk mengembangkan usaha yang dimiliki untuk tetap bersaing. Salah satu strategi yang dapat diterapkan perusahaan untuk mengembangkan usaha adalah dengan melakukan merger dan akuisisi. Keunggulan kompetitif yang terjaga membuat perusahaan dapat bertahan dalam pasar industri bahkan dapat meningkatkan kinerja dan berkembangnya usaha perusahaan.Merger dan akuisisi adalah alat penting yang dapat digunakan perusahaan untuk meningkatkan keunggulan kompetitif dan kinerja. Ditambah dengan persaingan di bidang teknologi informasi yang semakin meningkat menimbulkan persaingan yang semakin ketat. Selain itu, terdapat beberapa alasan utama yang mengakibatkan kegagalan setelah kesepakatan merger dan akusisi terjadi yaitu kurangnya kepemimpinan, mengabaikan kesempatan untuk tumbuh, komunikasi internal yang buruk, ketidakmampuan untuk menciptakan dan merayakan kemenangan awal, kurangnya keterlibatan manajer menengah, bentrokan budaya dan ketidakmampuan untuk melayani pelanggan dengan mulus. Secara khusus, merger dan akuisisi juga memerlukan waktu yang cukup lama untuk proses integrasi pasca-merger yang panjang dan membosankan, yang mencegah banyak perusahaan mewujudkan hasil yang dinginkan . Meskipun, merger dan akuisisi adalah strategi yang dapat memberikan keuntungan bagi perusahaan.Namun, disisi lain, merger dan akuisisi dapat menyebabkan kegagalan bagi dua perusahaan yang bergabung. Dengan demikian, isu mengenai penggunaan merger dan akuisisi yang dilakukan perusahaan sebagai salah satu strategi meningkatkan keunggulan kompetitif masih terjadi kesenjangan sehingga menarik untuk dibahas.

Kata kunci: Merger dan Akuisisi, Keunggulan kompetitif

Referensi

Cerqueira, M. N. P. S., Aguiar, D. R. D., & Figueiredo, A. M. (2020). Post-merger branding strategies and market power in the Brazilian brewing industry. Journal of Agribusiness in Developing and Emerging Economies, 11(4), 329–344. https://doi.org/10.1108/JADEE-09-2019-0160

?irjevskis, A. (2021). Brazilian Natura & Co: creating cosmetic powerhouse. Empirical evidence of competence-based synergies in M&A processes. Academia Revista Latinoamericana de Administracion, 34(1), 18–42. https://doi.org/10.1108/ARLA-03-2020-0047

Hassan, M., & Giouvris, E. (2020). Financial institutions mergers: a strategy choice of wealth maximisation and economic value. Journal of Financial Economic Policy, 12(4), 495–529. https://doi.org/10.1108/JFEP-06-2019-0113

Hitt, M. A., & Pisano, V. (2003). The Cross-Border Merger and Acquisition Strategy. Management Research: Journal of the Ibeoamerican Academy of Management, 1(2), 133–144. https://doi.org/https://doi.org/10.1108/15365430380000522

Joseph, J. (2014). Managing change after the merger: The value of pre-merger ingroup identities. Journal of Organizational Change Management, 27(3), 430–448. https://doi.org/10.1108/JOCM-10-2013-0184

Lin, B. W., Hung, S. C., & Li, P. C. (2006). Mergers and acquisitions as a human resource strategy: Evidence from US banking firms. International Journal of Manpower, 27(2), 126–142. https://doi.org/10.1108/01437720610666173

Lohrke, F. T., Frownfelter-Lohrke, C., & Ketchen, D. J. (2016). The role of information technology systems in the performance of mergers and acquisitions. Business Horizons, 59(1), 7–12. https://doi.org/10.1016/j.bushor.2015.09.006

Oh, J. H., & Johnston, W. J. (2020). How post-merger integration duration affects merger outcomes. Journal of Business and Industrial Marketing, 36(5), 807–820. https://doi.org/10.1108/JBIM-11-2019-0476

Papadakis, V. (2007). Growth through mergers and acquisitions: how it won’t be a loser’s game. Business Strategy Series, 8(1), 43–50. https://doi.org/10.1108/17515630710686879

Reddy, K. S., Xie, E., & Huang, Y. (2016). The causes and consequences of delayed/abandoned cross-border merger & acquisition transactions: A cross-case analysis in the dynamic industries. In Journal of Organizational Change Management (Vol. 29, Issue 6). https://doi.org/10.1108/JOCM-10-2015-0183

Sahu, S. K., & Agarwal, N. (2017). Inter-firm differences in mergers and acquisitions: a study of the pharmaceutical sector in India. Journal of Economic Studies, 44(5), 861–878. https://doi.org/10.1108/JES-12-2015-0239

Schonreiter, I. M. (2018). Methodologies for process harmonization in the post merger integration phase - a literature review. Business Process Management Journal, 24(2), 330–356. https://doi.org/https://doi.org/10.1108/BPMJ-07-2016-0141

Unduhan

Diterbitkan

2022-04-30

Cara Mengutip

Imron, A., & Handayani, T. (2022). MERGER DAN AKUISISI SEBAGAI STRATEGI MANAJEMEN PERUSAHAAN MENGHADAPI PERSAINGAN TEKNOLOGI INFORMASI: SEBUAH TINJAUAN LITERATUR. IC Tech : Majalah Ilmiah, 17(1), 49–56. https://doi.org/10.47775/ictech.v17i1.238