PENGUKURAN WEB JUAL BELI DENGAN METODE FUZZY TOPSIS

Penulis

  • Era Yunianto STMIK Widya Pratama
  • Nur Ika Royanti STMIK Widya Pratama

DOI:

https://doi.org/10.47775/ictech.v13i1.20

Abstrak

Agar tidak tertinggal arus persaingan global, pedagang dituntut untuk melakukan inovasi strategi perusahaan yang efektif dan tepat sasaran, salah satunya adalah dengan menggunakan ecommerce/web jual beli. Kualitas suatu web jual beli berpengaruh terhadap banyaknya pelanggan yang memutuskan untuk berbelanja. Tinggi rendahnya kualitas suatu website diukur melalui persepsi pengguna. kriteria yang mempengaruhi kualitas website antara lain information quality, system quality, service quality dan vendor specific quality. Dalam penelitian ini akan melakukan pengukuran web jual beli dengan menggunakan metode fuzzy TOPSIS. Web jual beli yang dievaluasi merupakan peringkat tiga besar alexa rank kategori e-commerce Indonesia. Dalam pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner kepada responden yang menggunakan web jual beli. Dari hasil penelitian, urutan ranking kriteria yaitu service quality (BNP 0.76), information quality (BNP 0.69) dan vendor specific quality (BNP 0.63), kemudian system quality (BNP 0.59). Urutan rangking lima teratas dari sub-kriteria adalah Responsiveness (BNP 0.55), Trust (BNP 0.53), Accuracy (BNP 0.53), Price Savings (BNP 0.50) dan Relevance (BNP 0.49). Urutan perangkingan alternatif yaitu TP (CC 0.400) LAZ (CC 0.395) dan BL (CC 0.388). Hasil dari penelitian ini diharapkan menjadi rekomendasi bagi para pedagang dalam menentukan strategi pemasaran produk dan bagi para pengembang web jual beli dalam menentukan strategi pengembangan web jual beli.

Referensi

Alexa.com. (2017). http://www.alexa.com/topsites/countries/ID. Dipetik May 2017, dari Alexa.com.

Alhasanah, J. (2014). Pengaruh Kegunaan, Kualitas Informasi Dan Kualitas Interaksi Layanan Web E-Commerce Terhadap. Jurnal Administrasi Bisnis, 15(2).

Alptekin, N. (2015). Evaluation of Websites Quality Using Fuzzy TOPSIS Method. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 5(8).

Aprianto, J. H., Gandhiadi, G., & Nilakusumawati, D. P. (2014, Jan). PEMILIHAN KRITERIA DALAM PEMBUATAN KARTU KREDIT DENGAN MENGGUNAKAN METODE FUZZY AHP. E-Jurnal Matematika, 3(1), 25-32.

Ayrafedi. (2009). Pengumpulan Keputusan. FT UI.

Chang, D. (1992). Extent Analysis and Synthetic Decision, Optimization Techniques and Applications. World Scientific, 1, hal. 352. Singapore.

Chang, K.-F., & Yang, H.-W. (2011). A study of cosmetic bundle by utilizing a fuzzy Analytic Hierarchy Process (AHP) to determine preference of product attributers toward customer value. African Journal of Business Management, 5(22), 8728-8739.

Dwi, R. B. (2003). Kewirausahaan Dari Sudut Pandang Psikilogi Kepribadian. Jakarta: Grasindo.

Jun, F. a. (2008, Dec 20-22). The Evaluation of B2C E-Commerce Web Sites Based on Fuzzy AHP. Computer Science and Computational Technology, ISCSCT '08., 2, 792 – 795.

Kusumadewi, S. (2006). Fuzzy Multi-Attribute Decision Making (Fuzzy MADM). Yogyakarta: Graha Ilmu.

Li, J. a. (2009). Fuzzy Analytical Hierarchy Process for Evaluating Online Bookstores. Management and Service Science, MASS '09, 1-4.

Osama, M. A. (2010). Key Factors for Developing a Successful E-commerce Website. Communications of the IBIMA, 2010.

Rosita, P. S. (2014). Benchmarking Website E-Commerce Menggunakan Teknik Pengukuran Webqual. SENTIKA.

Sevtian, F. (2011). Pengaruh E-commerce terhadap Tingkat Volume Penjualan Sandal Kelom Geulis Di CV Kelomgeulis Tasikmalaya. Jakarta: FPEB Universitas Pendidikan Indonesia.

Shukla, R. K., Garg, D., & Agarwal, A. (2014). An integrated approach of Fuzzy AHP and Fuzzy TOPSIS in modeling supply chain coordination. Production & Manufacturing Research, 2(1), 415–437.

Sulistyorini, P. (2014). Pengaruh Adopsi E-Commerce Terhadap Keberhasilan Usaha (Studi Kasus Pedagang Batik Di Pasar Grosir Setono). Jurnal LITBANG Kota Pekalongan, 7(1).

Sun, C.-C. (2009). Using Fuzzy TOPSIS Method for Evaluating the Competitive Advantages of Shopping Website. Expert Systems with Applications 36.

Vatansever, K. d. (2014). Applying fuzzy analytic hierarchy process for evaluating service quality of private shopping website quality: a case study in turkey. Journal of Business, Economics & Finance.

Yudhistira, T. L. (2000). The Development of Fuzzy AHP using Non-Additive Weight and Fuzzy Score. Jakarta: INSAHP.

Unduhan

Diterbitkan

2018-05-19

Cara Mengutip

Yunianto, E., & Royanti, N. I. (2018). PENGUKURAN WEB JUAL BELI DENGAN METODE FUZZY TOPSIS. IC Tech : Majalah Ilmiah, 13(1). https://doi.org/10.47775/ictech.v13i1.20