PENGEMBANGAN APLIKASI E-MARKETPLACE SEBAGAI SOLUSI DIGITAL TERPADU YANG MEMPERTEMUKAN PETANI BERLAHAN SEMPIT DENGAN PEMBELI AKHIR

Authors

  • Slamet Joko Prasetiono STMIK Widya Pratama
  • Deasy Emalia STMIK Widya Pratama
  • Arochman Arochman STMIK Widya Pratama
  • Much. Rifqi Maulana STMIK Widya Pratama

DOI:

https://doi.org/10.47775/ictech.v14i2.68

Abstract

Petani yang dalam hal ini adalah petani kecil yang tidak memiliki modal usaha dipaksa untuk berhutang uang kepada perantara dalam memenuhi kebutuhan produksi pertanian mereka. Ini akan menyebabkan hubungan yang tidak menguntungkan antara petani kecil dan tengkulak dalam menjual produk mereka, juga dalam menentukan harga jual produksi mereka. Upaya yang telah dilakukan oleh pemerintah saat ini adalah meningkatkan berbagai teknologi pertanian di Indonesia menjadi teknologi yang lebih modern. Salah satu solusi di bidang TI yang akan diterapkan untuk mengatasi masalah ini adalah pengembangan aplikasi e-marketplace yang dapat mempersingkat rantai perdagangan dengan mempersempit ruang bagi perantara, mafia dan penimbun produk pertanian. Data awal diperoleh dari observasi dan wawancara dengan petani di Kabupaten Pekalongan. Desain proses aplikasi e-marketplace menggunakan UML (Unified Modeling Language), sedangkan desain antarmuka aplikasi menggunakan alat LKT (Display Worksheet). Aplikasi ini dibangun menggunakan bahasa pemrograman web, dalam bentuk php dan html5. Basis data dalam aplikasi ini dikembangkan menggunakan perangkat lunak MySQL. Pada tahap pengujian baik tampilan dan konten dengan metode pengujian GUI (Graphical User Interface). Pengujian kegunaan aplikasi ini didasarkan pada respons pengguna yang diperoleh melalui UAT (User Acceptance Test). Output dari penelitian ini akan menghasilkan aplikasi e-marketplace yang diharapkan mampu menyatukan petani dengan pembeli akhir, sehingga petani dapat menawarkan produk pertanian mereka secara kompetitif, dan dari sisi pembeli akan mendapatkan harga yang relatif lebih murah.

References

Ahimsa-Putra, Heddy Shri. 2007. “Patron dan Klien di Sulawesi Selatan : Sebuah Kajian Fungsional-Strukturalâ€.Yogyakarta: Kepel Press.

Kausar dan Zaman, Komar 2011. “Analisis Hubungan Patron-Klien (Studi Kasus Hubungan Toke Dan Petani Sawit Pola Swadaya Di Kecamatan Tambusai Utara Kabupaten Rokan Hulu)â€. Indonesian Journal of Agricultural Economics (IJAE).

Pujianto 2016. “Marketplace Dan e-Commerce Bagi Petani Guna Peningkatan Penjualan Hasil Pertanianâ€. http://www.news.palcomtech.com/category/article/ diakses tanggal 3 Oktober 2018

Radhiana, Kharisma Gita. 2012. “Ketergantungan Ekonomi Pesanggem Terhadap Tengkulak Dalam Pengelolaan Berlahan Baon Di Desa Randualas Kecamatan Kare Kabupaten Madiun.†Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

Scott, William R, 2006.“Financial Accounting Theoryâ€. Fourth Toronto: Prentice Hall International Inc.

https://komunitas.bukalapak.com/news/12328-phd38r “Perbedaan online marketplace dan e-commerce†diakses tanggal 1 Agustus 2018 pukul 21.20 wib

Published

2019-10-30

How to Cite

Prasetiono, S. J., Emalia, D., Arochman, A., & Maulana, M. R. (2019). PENGEMBANGAN APLIKASI E-MARKETPLACE SEBAGAI SOLUSI DIGITAL TERPADU YANG MEMPERTEMUKAN PETANI BERLAHAN SEMPIT DENGAN PEMBELI AKHIR. IC Tech : Majalah Ilmiah, 14(2). https://doi.org/10.47775/ictech.v14i2.68