PERSEPSI MAHASISWA MENGENAI KORELASI ANTARA SENSE OF HUMOR DOSEN DENGAN KOPETENSI MENGAJAR Studi Kasus : Praktek Bahasa Pemrograman Komputer Di Laboratorium Perangkat Lunak STMIK Widya Pratama
DOI:
https://doi.org/10.47775/ictech.v12i2.6Abstract
Sistem pendidikan memegang peranan sangat penting dalam mencetak generasi yang handal. Sehingga perlu adanya perhatian serius dari segala pihak untuk meningkatkan, menyeimbangkan, dan mengembangkan mutu dan kualitas pendidikan. Tingkat keberhasilan pendidikan dipengaruhi oleh banyak faktor yang mendukung, salah satunya adalah kompetensi mengajar dosen. Kompetensi mengajar meliputi pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang dimiliki dosen tersebut. Salah satu unsur kompetensi mengajar adalah kemampuan sense of humor. Melalui kemampuan sense of humor ini diharapkan dosen mampu mengelola pembelajaran menjadi lebih menarik sehingga menghasilkan persepsi positif. Tujuan penelitian ini adalah ingin menganalisis korelasi antara sense of humor dosen dengan kompetensi mengajar ditinjau dari persepsi mahasiswa. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas dan variabel terikat. Variabel bebasnya adalah sense of humor dan variabel terikatnya adalah kompetensi mengajar ditinjau dari persepsi mahasiswa. Sense of humor diukur menggunakan skala Multidimensional Sense of Humor Scale (MSHS) yang diciptakan oleh Thorson dan Powell. Sedangkan pengukuran kompetensi mengajar ditinjau dari persepsi mahasiswa dilakukan melalui rekapitulasi quesioner yang mengaitkan antara kompetensi dan aspek sense of humor dari tiap-tiap dosen. Setelah dilakukan uji normalitas, uji linearitas dan uji hipotesis, kemudian barulah dapat ditentukan signifikansi tingkat korelasi sense of humor dosen dengan kompetensi mengajar ditinjau dari persepsi mahasiswa.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2018 IC-Tech
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.