AUDIO LINGUAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN LISTENING BAHASA INGGRIS PADA MAHASISWA

Authors

  • Riski Sulistiyaningsih STMIK Widya Pratama
  • nur fadhilah

DOI:

https://doi.org/10.47775/ictech.v19i2.307

Keywords:

Bahasa Inggris, , Listening, , Audiolingual

Abstract

Bahasa Inggris merupakan bahasa Internasional yang harus dikuasai oleh masyarakat terutama mahasiswa yang sedang menempuh jenjang pendidikan di perguruan tinggi. Salah satu keterampilan dalam Bahasa Inggris yang harus dikuasai adalah keterampilan mendengarkan (listening). Listening merupakan keterampilan utama dalam memahami bahasa agar tidak terjadi kesalahpahaman makna kalimat dalam bahasa Inggris. Namun listening juga merupakan keterampilan bahasa yang susah untuk dikuasai karena banyak kalimat untuk ekspresi lisan yang maknanya berbeda dengan makna kalimat dalam bahasa Inggris bentuk tertulis. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan mendengarkan (listening) mahasiswa pada pembelajaran Bahasa Inggris dengan menerapkan proses pembelajaran menggunakan metode audiolingual. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan responden adalah para mahasiswa yang masih mengikuti perkuliahan Bahasa Inggris di semester 2 baik dari jenjang D3 maupun S1. Data didapatkan dengan melakukan observasi selama proses pembelajaran Bahasa Inggris dan hasil nilai mahasiswa dalam mengerjakan latihan listening. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa selama pembelajaran Bahasa Inggris dengan materi listening yang menggunakan metode audiolingual dengan bentuk latihan filling the blank menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pemahaman mahasiswa dalam keterampilan listening. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya nilai rata-rata yang didapatkan mahasiswa dalam mengerjakan latihan listening dengan filling the blank menggunakan metode audiolingual. Dari hasil yang didapatkan selama melakukan penelitian maka dapat dikatakan bahwa metode audiolingual dapat digunakan sebagai salah satu metode pembelajaran Bahasa Inggris terutama pembelajaran materi listening yang membutuhkan konsentrasi lebih dari para mahasiswa. Audiolingual ini juga dapat diterapkan dengan bentuk latihan Bahasa Inggris yang lainnya.  

Kata Kunci: Bahasa Inggris, Listening, Audiolingual.

References

Abdul, Nurdevi Bte. 2016. "The Use Of Audio-Lingual Method In Teaching Listening Comprehension At The Second Year Students Of Smk Yapip Makassar Sungguminasa (A Classroom Action Research)." Exposure Journal 43-52.

Arikunto. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Crystal, D. 2003. English as a global language, Second edition. UK: Cambridge University Press.

Hikmawati, Dr. Fenti. 2020. Metodologi penelitian. Depok: Rajawali Pers.

Imelda M. Simorangkir, dkk. 2017. "Penggunaan Audio-Lingual Method dalam Pelatihan Bahasa Inggris pada Siswa Tingkat Sekolah Dasar di Yayasan Mahabbatul Yatim Ciangsana Kabupaten Bogor." E-DIMAS 174-183.

Komala Dwi Syaputri, dkk. 2023. "Penerapan Audio Lingual Method Untuk Meningkatkan Kemampuan Menghafal Kosa Kata Dalam Pelajaran Bahasa Inggris Bagi Anak Sekolah Dasar Di Desa Rambutan." Bina Darma Conference on Community Service Result (BC2SR) 6-14.

Sahir, Safrida Hafni. 2021. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: KBM Indonesia.

Sardiyanah. 2019. "Pendekatan Dan Metode Audio Lingual (Analisis Metode Sam’iyah Safawiyah)." NASKHI Jurnal Kajian Pendidikan dan Bahasa Arab 14-20.

Sri Wiyanah, dkk. 2020. "Metode Pembelajaran Audiolingual Yang Berfokus Pada Pembentukan Kalimat Sederhana Dalam Bahasa Inggris Bagi Penyandang Tuna Netra." Abdimas Dewantara 30-40.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Wakhidah, dkk. 2019. "Pengembangan Aplikasi Listening Test Berbasis Android." Journal of Applied Informatics and Computing (JAIC) 47-53.

Yefridelti. 2018. "Improving Student Listening Ability Through Audio-Visual Application At SMPN 2 Painan." Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic 97-106.

Published

2024-10-30

How to Cite

Sulistiyaningsih, R. ., & fadhilah, N. (2024). AUDIO LINGUAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN LISTENING BAHASA INGGRIS PADA MAHASISWA. IC Tech : Majalah Ilmiah, 19(2), 14–21. https://doi.org/10.47775/ictech.v19i2.307