Analisa Pengaruh Kepuasan Pengguna Terhadap Kualitas Sistem Informasi Akademik dengan Metode EUCS (End User Computing Statisfaction)

Authors

  • Nurul Amalia STMIIK Widya Pratama
  • Dicke JSH Siregar STMIK Widya Pratama
  • Wim Hapsoro STMIK Widya Pratama

DOI:

https://doi.org/10.47775/ictech.v16i1.144

Abstract

Sistem informasi akademik memiliki peran sangat penting bagi mahasiswa untuk mengetahui informasi segala aktivitas akademiknya. LMS merupakan sistem informasi akademik di STMIK Widya Pratama yang digunakan oleh mahasiswa untuk mengakses informasi akademik seperti pembiayaan, penilaian, presensi, bimbingan, dan pengumuman-pengumuman tentang perkuliahan. Suatu sistem yang telah diterapkan perlu dilakukan evaluasi untuk mengetahui keberhasilan penerapan dari sebuah sistem telah sesuai dengan kebutuhan pengguna akhir dari sistem atau belum. Untuk melakukan evaluasi mengenai kualitas sistem yaitu dapat dilakukan dengan cara mengetahui tingkat kepuasan dari pengguna. Pengukuran tingkat kepuasan pengguna sistem dapat dilakukan dengan metode EUCS yaitu dengan cara membandingkan kenyataan dari sebuah sistem dengan harapan pengguna. Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi variabel X yang terdiri dari konten/isi, bentuk, akurasi, ketepatan waktu, dan kemudahan pengguna secara bersamaan memberikan pengaruh terhadap variabel Y kepuasan pengguna sebesar 71,8%, artinya bahwa mahasiswa sangat puas terhadap kualitas sistem akademik LMS STMIK Widya Pratama. Sedangkan dari hasil uji T diketahui hanya 1 variabel yang tidak mempunyai pengaruh terhadap kepuasan pengguna yaitu kemudahan pengguna dan ada 4 variabel yang berpengaruh terhadap variabel Y kepuasan pengguna, yaitu variabel konten/isi, bentuk, ketepatan waktu dan akurasi.

 

Kata Kunci : Kepuasan Pengguna, Sistem informasi Akademik, Metode EUCS

References

Ahmad Fitriansyah, Ibnu Harris. 2018. "Penerapan Dimensi EUCS (End User Computing Satisfaction) Untuk Mengevaluasi Tingkat Kepuasan Pengguna Situs Web." Konferensi Nasional Sistem Informasi.

F. Maryana, R. Ridhawati, and T. A. Sayekti. 2018. "Pengaruh Kualitas Sistem dan Kualitas Informasi terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi Pelayanan Pelanggan Terpusat (AP2T) PT PLN (Persero) Wilayah Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan Area Barabai." Din. Ekon. Ekon. dan Bisnis vol. 11, no. 2 213-229.

Fitriansyah, Ahmad , and Ibnu Harris. 2018. "Pengukuran Kepuasan Pengguna Situs Web Dengan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS)." Jurnal Sistem Informasi

Goodhue & Thompson,1995, Task-Technology Fit and Individual Performance, McGraw-Hill, New York

Ismiati, N. Dalimunthe and C. 2016. "Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Online Public Access Catalog (OPAC) Dengan Metode EUCS (Studi Kasus: Perpustakaan UIN SUSKA Riau)." J. Ilm. Rekayasa dan Manaj. Sist. Inf., vol. 2, no. 1 71-75.

Marcelino, V. R., & Verbruggen, H. (2016). Multi-marker metabarcoding of coral skeletons reveals a rich microbiome and diverse evolutionary origins of endolithic algae. Scientific Reports, 6(August).

Papilaya, R. A. Djunanto and F. S. 2018. "Analisis Kepuasan Penerimaan Pengguna Akhir Sistem Branch Delivery System (Bds) Pada Layanan Teller Cash Recycler (TCR) Menggunakan End User Computing Satisfaction (EUCS) Dan Iso/Iec 12207: 2008 Pada Perusahaan Bank Di." J. Sist. Inf. Indones., vol. 3, no. 1.

Suzanto boy dan Sidharta Iwan. 2015. Pengukuran End - User computing satisfaction Atas Penggunaan Sistem informasi akademik. Jurnal Ekonomi, Bisnis & enterpreunership Vol.9, No.1, hal. 16-28.

Torkzadeh, W. J. Doll and G. 1988. "The Measurement of End-User Computing Satisfaction." MIS Q., vol. 259.

Yip, P. Seddon and S.-K. 1992. "An Empirical Evaluation of User Information Satisfaction (UIS) Measures." J. Inf. Syst., vol. 6, no. 1 75–92

Published

2021-04-10

How to Cite

Amalia, N., Siregar, D. J., & Hapsoro, W. (2021). Analisa Pengaruh Kepuasan Pengguna Terhadap Kualitas Sistem Informasi Akademik dengan Metode EUCS (End User Computing Statisfaction). IC Tech : Majalah Ilmiah, 16(1). https://doi.org/10.47775/ictech.v16i1.144