PEMILIHAN EMARKETPLACE DENGAN METODE FUZZY AHP-VIKOR

Penulis

  • Ari Putra Wibowo STMIK Widya Pratama
  • Era Yunianto STMIK Widya Pratama

DOI:

https://doi.org/10.47775/ictech.v14i2.65

Abstrak

Saat ini sudah banyak pelaku usaha memanfaatkan ecommerce sebagai media pemasaran. Salah satu jenis ecommerce adalah emarketplace. Penggunaan emarketplace yang tepat akan berdampak terhadap profitabilitas bisnis. Penelitian ini melakukan pemilihan emarketplace dengan metode Fuzzy AHP dan VIKOR. Alternatif emarketplace yang dipilih merupakan tiga besar yang sering dikunjungi di Indonesia pada 2019 quartil 1. Sumber data berasal dari kuesioner yang dibagikan kepada pengguna emarketplace. Dari hasil penelitian, kriteria yang mempengaruhi kualitas emarketplace antara lain : service quality (28.4%), system quality (23.1%), information quality (25,1%) dan vendor specific quality (23.4%). Sedangkan urutan perangkingan alternatif : SH (Qj=0.000), TP (Qj=0.068) dan BL (Qj=0.069). dari solusi kompromi, SH merupakan alternatif terbaik dalam pemilihan emarketplace dengan metode Fuzzy AHP dan VIKOR. Hasil dari penelitian ini dapat menjadi rekomendasi dalam pemilihan emarketplace.

Referensi

Chang Tsung-Han Fuzzy VIKOR method: A case study of the hospital service evaluation in Taiwan [Jurnal] // Information Sciences. - 2014.

Afful-Dadzie Eric, Nabareseh Stephen dan Oplatková Zuzana Komínková FUZZY VIKOR APPROACH: EVALUATING QUALITY OF INTERNET HEALTH INFORMATION [Konferensi] // Federated Conference on Computer Science and Information Systems. - 2014. - Vol. 2. - hal. 183-190.

Alptekin Nesrin Evaluation of Websites Quality Using Fuzzy TOPSIS Method [Jurnal] // International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences. - 2015. - 8 : Vol. 5. - 2222-6990.

AYDIN Serhat dan KAHRAMAN Cengiz Evaluation of E-commerce Website Quality Using Fuzzy Multi-criteria Decision Making Approach [Jurnal] // IAENG International Journal of Computer Science. - 2012. - 1 : Vol. 39.

Ayrafedi Pengumpulan Keputusan [Buku]. - [s.l.] : FT UI, 2009.

Buckley J.J Ranking Alternatives Using Fuzzy Numbers [Jurnal] // Fuzzy Sets and Systems. - 1985. - Vol. 15. - hal. 21-31.

Chang D.Y Extent Analysis and Synthetic Decision, Optimization Techniques and Applications [Konferensi] // World Scientific. - Singapore : [s.n.], 1992. - Vol. 1. - hal. 352.

Iprice State of eCommerce Asia Tenggara 2017 White Paper [Laporan]. - [s.l.] : Iprice, 2017.

Iprice The Biggest E-commerce Website and Apps in Southeast Asia Q1 2019 Mapping the Top E-commerce Platforms in the Region [Laporan]. - [s.l.] : iprice, 2019.

Kusumadewi Sri Fuzzy Multi-Attribute Decision Making (Fuzzy MADM) [Buku]. - Yogyakarta : Graha Ilmu, 2006.

Mustafa Batuhan AYHAN A Fuzzy AHP Approach For Supplier Selection Problem: A Case Study In A Gearmotor Company [Jurnal] // International Journal of Managing Value and Supply Chains (IJMVSC). - September 2013. - 3 : Vol. 4.

Opricovic Serafim Fuzzy VIKOR with an application to water resources planning [Jurnal] // Expert Systems with Applications. - 2011. - Vol. 38.

Royanti Nur Ika dan Yunianto Era PEMILIHAN E-MARKETPLACE BAGI PEDAGANG BATIK PEKALONGAN SEBAGAI USAHA PERLUASAN AKSES PASAR MENGGUNAKAN INTEGRASI METODE FUZZY AHP DAN FUZZY TOPSIS [Jurnal] // IC-Tech. - 2018. - 2 : Vol. 13. - 1907-7912.

Sevtian F.I. Pengaruh E-commerce terhadap Tingkat Volume Penjualan Sandal Kelom Geulis Di CV Kelomgeulis Tasikmalaya [Laporan]. - Jakarta : FPEB Universitas Pendidikan Indonesia, 2011.

Sulistyorini Prastuti dan Yunianto Era engaruh Adopsi ECommerce Terhadap Keberhasilan [Jurnal] // Jurnal LITBANG. - 2014. - 1 : Vol. 7.

Sun Chia-Chi Using Fuzzy TOPSIS Method for Evaluating the Competitive Advantages of Shopping Website [Jurnal] // Expert Systems with Applications 36. - 2009. - 11764–11771.

Taryadi Analisis Tingkat Kesiapan Adopsi e-Marketplace UMKM Batik di Kota Pekalongan [Jurnal] // Jurnal Litbang Kota Pekalongan. - 2015. - 1 : Vol. 8. - 2503-0728.

Tzeng S. Opricovic and G. H. Compromise solution by MCDM methods: A comparative analysis of VIKOR and TOPSIS [Jurnal] // Eur. J. Oper. Res. - 2004. - 2 : Vol. 156. - hal. 445–455.

Vatansever Kemal dan akgul, Yakup Applying fuzzy analytic hierarchy process for evaluating service quality of private shopping website quality: a case study in turkey [Jurnal] // Journal of Business, Economics & Finance. - 2014. - 2146–7943.

Yunianto Era EVALUASI KUALITAS WEB E-COMMERCE OLEH PEDAGANG BATIK MENGGUNAKAN FUZZY AHP [Jurnal] // IC-Tech. - 2017. - 2 : Vol. 12.

Yunianto Era PEMILIHAN ECOMMERCE C2C INDONESIA DENGAN METODE FUZZY VIKOR [Jurnal] // IC Tech. - April 2019. - 1 : Vol. XIV.

Yunianto Era PENGUKURAN WEB JUAL BELI DENGAN METODE FUZZY TOPSIS [Jurnal] // IC-Tech. - 2018. - 1 : Vol. 13.

Unduhan

Diterbitkan

2019-10-30

Cara Mengutip

Wibowo, A. P., & Yunianto, E. (2019). PEMILIHAN EMARKETPLACE DENGAN METODE FUZZY AHP-VIKOR. IC-Tech, 14(2). https://doi.org/10.47775/ictech.v14i2.65