https://ejournal.stmik-wp.ac.id/index.php/ictech/issue/feed IC-Tech 2024-01-16T13:14:37+07:00 Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat p3m@stmik-wp.ac.id Open Journal Systems <p>Jurnal Teknologi Informatika dan Komunikasi</p> <p>IC-Tech merupakan jurnal yang memuat terkait Teknologi Informatika, Sistem Informasi, Teknik Informatika, Ilmu Komputer, Jaringan dan membahas terkait perkembangannya. Jurnal Ini telah memperoleh ijin terbit secara cetak pada 29 Mei 2007 dengan <span style="text-decoration: underline;"><strong>ISSN: <span style="font-family: helvetica; font-size: small;"><span style="font-family: helvetica; font-size: medium;"><span style="font-family: helvetica; font-size: small;">1907-7912</span></span></span></strong></span>. serta telah mendapat ijin menerbitkan jurnal secara elektronik dengan nomor <span style="text-decoration: underline;"><strong>EISSN: <span style="font-family: helvetica; font-size: small;"><span style="font-family: helvetica; font-size: medium;"><span style="font-family: helvetica; font-size: small;">2622-8092</span></span></span></strong></span>Â Â </p> https://ejournal.stmik-wp.ac.id/index.php/ictech/article/view/282 PENERAPAN METODE K-MEANS UNTUK SEGMENTASI KELUHAN PELANGGAN (STUDI KASUS : HANATEX) 2023-11-29T11:55:17+07:00 Nur Ika Royanti ikaroyant@gmail.com Indrayant Indrayant indrayanti3214@gmail.com Nurul Amalia amalia.0121@gmail.com <p>Benang merupakan bahan baku utama dalam pembuatan produk tekstil. Banyaknya pengrajin tekstil di <br />Indonesia khususnya Pekalongan mendorong pengusaha produksi benang harus terus berjalan. Dengan <br />banyaknya pesaing di industri tekstil ini pihak penjual semakin sulit untuk mendapat kepercayaan dari <br />pihak konsumen. Selain melihat dari sisi harga, konsumen juga akan menilai dari kualitas produk yang <br />diterimanya. Hal ini perlu diperhatikan untuk mempertahankan loyalitas konsumen terhadap pembelian <br />ulang produk. Salah satu pengrajin benang di pekalongan yaitu Hanatex. Meskipun transaksi pembelian <br />benang terus berjalan, akan tetapi Hanatex masih sering menerima keluhan dari konsumen terhadap <br />kualitas benang yang diterimanya. Keluhan yang di didapatkan dari konsumen bisa menjadi kesempatan <br />untuk memperbaiki kesalahan sekaligus meningkatkan kualitas bisnis. Hal tersebut perlu di perhatikan dan <br />ditangani dengan benar agar nantinya dapat menjadi bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan. <br />Pemenuhan kualitas layanan yang memuaskan konsumen salah satunya yaitu dengan merespon keluhan <br />dari konsumen. Keluhan pelanggan yang bervariasi perlu dilakukan segmentasi untuk mengelompokkan <br />data-data berdasarkan keluhan tertentu yang lebih spesifik. Dengan demikian dapat memudahkan dalam <br />melakukan analisa keluhan pelanggan untuk meningkatkan pelayanan dengan perbaikan yang tepat.<br />Berdasarkan hasil evaluasi menggunakan DBI performance dari algoritma k-means dalam melakukan <br />segmentasi dapat disimpulkan baik karena 88,8% kemiripan data dalam kelompok mirip. Untuk penelitian <br />berikutnya disarankan perlu ditambahkan metode untuk cleaning data pada text processing untuk <br />menghilangkan kata singkatan dan kata tidak baku agar dapat meningkatkan performance dan akurasi <br />metode.</p> 2023-11-30T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2023 Nur Ika Royanti, Indrayant Indrayant, Nurul Amalia https://ejournal.stmik-wp.ac.id/index.php/ictech/article/view/284 PEMILIHAN EMARKETPLACE TERBAIK DENGAN METODE EVALUATION BASED ON DISTANCE FROM AVERAGE SOLUTION (EDAS) 2024-01-16T13:14:37+07:00 Era Yunianto era.yunianto@gmail.com Taryadi taryadi.pkl@gmail.com <p><em>Terjadi peningkatan jumlah pengguna, nilai transaksi dan volume transaksi dari ecommerce di Indonesia pada tahun 2022. Dari usaha yang menggunakan ecommerce di Indonesia, &nbsp;19,75% usaha menggunakan jenis emarketplace. Kelebihan dari emarketplace yaitu memberikan kemudahan dalam pencarian produk yang dibutuhkan. Banyaknya emarketplace membuat konsumen bingung memilih. Terdapat 11 kriteria yang dapat dipergunakan dalam pemilihan emarketplace terbaik. Namun dengan banyaknya kriteria, terkadang membuat bingung para pengusaha. Dalam pemilihan emarketplace sebagai media promosi dan penjualan harus dipertimbangkan dengan baik, karena berpengaruh ke profitabilitas bisnis mereka. Pengusaha dapat mempergunakan sistem pendukung keputusan sebagai pertimbangan dalam pemilihan emarketplace. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah Evaluation based on Distance from Average Solution (EDAS). Dari hasil penelitian, telah diketahui bobot kepentingan dari 11 kriteria yang dipertimbangkan dalam pemilihan emarketplace. Kriteria informasi produk merupakan kriteria yang paling berpengaruh. Alternatif SH merupakan alternatif terbaik sebagai media promosi dan penjualan. Hasil penelitian dapat menjadi pertimbangan bagi pengusaha dalam memilih emarketplace terbaik sebagai media promosi dan penjualan.</em></p> 2023-10-30T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2023 era yunianto, taryadi https://ejournal.stmik-wp.ac.id/index.php/ictech/article/view/113 MENINGKATKAN PEMAHAMAN ANGKA DALAM BAHASA INGGRIS MELALUI PERMAINAN ULAR TANGGA 2024-01-15T11:55:21+07:00 Riski Sulistiyaningsih riskisul19@gmail.com Nur Fadhilah ella_sef@yahoo.com <p><em>Pada pendidikan anak usia dini penggunaan angka secara sederhana mulai diperkenalkan. Hal ini dikarenakan banyak sekali penggunaan angka yang dapat kita jumpai pada kegiatan sehari-hari. Tahap usia dini juga merupakan waktu yang tepat untuk proses pembelajaran bahasa Inggris.&nbsp; Sehingga jika anak mengawali pengenalan Bahasa Inggris dengan mengenal angka dalam Bahasa Inggris maka anak akan mudah memahaminya. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman angka dalam Bahasa Inggris pada anak usia dini dengan media permainan ular tangga yang dikarenakan dalam proses pembelajaran harus menerapkan konsep belajar sambil bermain. Penelitian dilakukan di TK Al Irshad Kota Pekalongan pada anak TK Tingkat B. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan penyajian data berupa skor kemampuan anak yang dibagi menjadi 4 level skor yaitu skor 4 = jika anak bisa tanpa bantuan, skor 3 = jika anak bisa dengan bantuan awal, skor 2 = jika anak bisa dengan bantuan meniru teman, dan skor 1 = jika anak tidak bisa. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan anak dalam memahami angka dalam Bahasa Inggris. Jumlah persentase siswa dengan pemerolehan skor 3 dan 4 mengalami kenaikan, dari yang semula jumlah anak dengan skor 3 adalah 25%&nbsp; meningkat menjadi&nbsp; 45% dan skor 4 yang semula 12,5% meningkat menjadi 25%. Sedangkan jumlah persentase siswa dengan skor 2 dan 1 mengalami penurunan yaitu yang semula skor 2 adalah 37,5% menurun menjadi 17,5%, dan pemerolehan skor 1 yang semula 25% menurun menjadi 12,5 %. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media ular tangga mampu meningkatkan kemampuan anak usia dini dalam memahami angka dalam Bahasa Inggris.</em></p> 2023-10-30T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2023 Riski Sulistiyaningsih, nur fadhilah https://ejournal.stmik-wp.ac.id/index.php/ictech/article/view/285 SEGMENTASI PELANGGAN BERDASARKAN ANALISIS RFM (RECENCY, FREQUENCY AND MONETARY INDEXES) DAN ANALISIS DEMOGRAFI 2024-01-16T13:12:16+07:00 Kasmari fkasmari@edu.unisbank.ac.id Taryadi Taryadi taryadi.pkl@gmail.com <p><em>Perusahaan mencoba mengenali kebutuhan masyarakat dan pelanggan dengan lebih tepat, salah satu metode yang digunakan adalah CRM. Untuk bisa membedakan kebutuhan banyak pelanggan dan menjalin interaksi antara produsen dan konsumen, harus memahami pelanggan melalui perilaku dan transaksinya. Salah satu metode yang digunakan untuk melakukan segmentasi pelanggan menggunakan model RFM dan metode klastering yaitu K-Means. Sementara demografi digunakan sebagai data pendukung untuk melakukan segmentasi pelanggan. Studi ini menunjukkan bahwa bobot atribut RFM mempengaruhi kinerja asosiasi aturan secara positif. Selain itu, untuk mendapatkan segmen pelanggan yang lebih akurat, disarankan untuk menggunakan kombinasi RFM tertimbang dan atribut demografis. Oleh karena itu, metodologi yang diusulkan menghasilkan hasil dan skor terbaik yaitu sebesar 0.284 dengan jumlah rule yang dikembangkan sebanyak 2491, sehingga pentingnya RFM tertimbang dan data demografi dalam cluster telah terbukti.</em></p> 2024-01-30T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2023 Kasmari, Taryadi Taryadi https://ejournal.stmik-wp.ac.id/index.php/ictech/article/view/281 PERANCANGAN SISTEM INFORMASI KEUANGAN KAS RT PADA KELUARAHAN YOSOREJO PEKALONGAN 2024-01-15T11:48:51+07:00 Muhammad Faizal Kurniawan mfaizalkurniawan@gmail.com Ari Putra Wibowo ariputra.stmikwp@gmail.com Widiyono Widiyono widdyono@gmail.com <p>Keberadaan sistem informasi menjadi salah satu kebutuhan yang sangat penting pada sebuah organisasi. Organisasi yang paling umum dijumpai di masyarakat adalah Rukun Tetangga (RT), salah satunya adalah RT 005 di Keluarahan Yosorejo. Selain membantu pemerintah desa dalam pemberdayaan warga masyarakat, tugas dari RT adalah mengelola dana keuangan (iuran) warga, mulai dari pemasukan dan pengeluaran serta pelaporan keuangan dan pertanggung jawaban yang disampaikan kepada seluruh warga atau anggota. Adapun sumber keuangan diperoleh dari iuran warga seperti dana kas arisan(pengajian), dana kas jimpitan, dana kas pengelolaan sampah yang disetorkan kepada bendaraha RT. Untuk saat ini pengelolaan laporan keuangan dilakukan oleh pengurus RT yang melibatkan Ketua RT, Bendahara RT dan Sekretatis RT dengan melakukan pencatatan pada buku besar, rekapitulasi dan pelaporan dilakukan setiap satu bulan sekali. Permasalahan yang sering dijumpai yaitu dalam melakukan rekapitulasi jumlah pemasukan dan pengeluaran dana kas, salah satu solusi yang digunakan untuk mengatasi permasalan ini adalah dengan memanfaatkan teknologi informasi. Metode pengembangan sistem yang digunakan pada penelitian ini adalah SDLC (system development life cicrle) atau yang biasa dikenal dengan nama waterfall dirancang secara linier, dengan menyelesaikan satu fase sebelum memasuki fase berikutnya. Selanjutnya untuk perancangan digunakan UML sedangkan untuk pengujian sistem yang digunakan adalah blckbox testing. Untuk hasil akhir dari sistem informasi keuangan kas RT dapat diakses pada alama url kas.perajinweb.com.</p> 2023-10-30T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2023 Muhammad Faizal Kurniawan, Ari Putra Wibowo, Widiyono Widiyono https://ejournal.stmik-wp.ac.id/index.php/ictech/article/view/278 ANALISIS PESAN STEGANOGRAPH PADA SETELAH PENGIRIMAN FILE PADA PLATFORM SOCIAL MEDIA 2023-10-02T13:11:00+07:00 Ichwan Kurniawan ichwan.ana10@gmail.com Much. Rifqi Maulana rifqi@stmik-wp.ac.id Christian Yulianto Rusli cyr.tata@gmail.com <p><em>Penggunaan media sosial sebagai media transmisi informasi birokrasi pada masa sekarang ini menjadi alternatif birokrasi, baik pada lingkungan instansi swasta maupun instansi pemerintah. Informasi birokrasi pada media sosial dapat berupa, dokumen berbasis text maupun gambar, hal ini dirasakan mudah dan efisien tanpa harus menggunakan sistem komputer yang terstruktur. Namun, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan dalam penggunaan media sosial sebagai media pertukaran informasi birokrasi, salah satunya yaitu terjadinya proses perubahan dokumen pada Social Network Platforms(SNP). Steganografi dan kriptografi dapat digunakan sebagai teknik keamanan dalam menjaga kerahasiaa, integritas dan ketersediaan data. Selain itu steganografi atau penyembuyian data digunakan untuk melindungi privasi informasi dalam transaksi melalui Online Social Network (OSN). Penggunaan steganografi dapat digunakan sebagai metode atau teknik untuk memastikan bahwa informasi yang dikirim atau diterima melalui sosial media adalah asli. Melalui digital forensic steganalizer, sebuah informasi dapat diketahui apakah informasi tersebut utuh atau sudah terdapat perubahan. </em><em>Hasil </em><em>dari </em><em>Analisis data </em><em>file gambar dan dokumen dengan melihat detail file setelah pengiriman pada platform social media messenger facebook, whatsapp dan telegram adalah</em><em> bahwa</em> <em>detail hasil yang dihasilkan setelah pengiriman pada platfoem whatsapp, terjadi perubahan utama pada Kb Bit Depth dan dpi Resolution. Setelah pengiriman Bit Depth berubah menjadi 24 Bit dan dpi Resolution menjadi 96 dpi, sedangkan pada platform telegram Bit Depth berubah menjadi 24 Bit dan dpu Resolution menjadi 120 dpi, dan pada platform messenger facebook baik file gambar dan dokumen tidak mengalami perubahan dan pesan steganografi masih tetap dan tidak berubah. kesimpulan dari penelitian ini adalah bawah untuk mempertahankan otentifikasi atau keaslian file yang akan dikirim melalui platform social media disarankan menggunakan file dengan tipe dokumen, sedangkan penggunan file gambar tidak disarankan untuk digunakan, hal ini dikarenakan platform sicial media akan merubah struktur file gambar sesuai dengan format standar mereka</em><em>.</em></p> <p>&nbsp;</p> 2023-10-30T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2023 Ichwan Kurniawan, Much. Rifqi Maulana, Christian Yulianto Rusli