PENENTUAN RUTE TERPENDEK PERJALANAN PROMOSI MARKETING MENGGUNAKAN ALGORITMA DIJKSTRA

Penulis

  • Indrayanti Indrayanti STMIK Widya Pratama
  • Risqiati Risqiati STMIK Widya Pratama
  • Wahyu Setianto STMIK Widya Pratama

DOI:

https://doi.org/10.47775/ictech.v15i1.96

Abstrak

Marketing perguruan tinggi merupakan suatu aspek penting di dalam keberlangsungan dan kesejahteraan perguruan tinggi tersebut. Untuk mengenalkan suatu perguruan tinggi ada beberapa unsur yang bisa menjadi bertimbangan antara lain harga/biaya yang ditawarkan, lokasi perguruan tinggi, reputasi alumni di dunia industri, akreditasi suatu perguruan tinggi maupun  program studi, sumber daya manusia dalam hal ini dosen yang berkompetensi. Untuk mengenalkan perguruan tinggi ke sekolah – sekolah bisa menggunakan beberapa cara antara lain bisa dengan brosur, mmt ataupun langsung mendatangi sekolah – sekolah tersebut. Untuk mengefisienkan waktu dan biaya marketing biasanya panitia penerimaan mahasiswa baru mendatangi sekolah – sekolah dengan rute yang terpendek dulu. Maka dalam hal ini menggunakan metode dijkstra untuk menentukan rute terpendek antar sekolah. Metode ini bertujuan untuk mendapatkan rute terpendek berdasarkan bobot terkecil dari satu titik ke titik lainnya.

 Keyword : Marketing perguruan tinggi, Algoritma Djikstra

Referensi

Abdul Ghofur Wibowo dan Agung Purwo Wicaksono. 2012. "Rancang Bangun Aplikasi untuk Menentukan Jalur Terpendek Rumah Sakit di Purbalingga dengan Metode Algoritma Dijkstra." Juita ISSN : 2086-9398 Vol. II Nomor 1, Mei 2012 21-35.

Asti Ratnasari, Farida Ardiani, Feny Nurvita A . 2013. "Penentuan Jarak Terpendek dan Jarak Terpendek Alternatif Menggunakan Algoritma Dijkstra Serta Estimasi Waktu Tempuh." SEMANTIK 2013. Semarang. 29 - 34.

Dini Silvi Purnia dan Dwiza Riana. 2016. "Pencarian Rute Terpendek Perjalanan Promosi Marketig Menggunakan Algoritma Genetika dan Algoritma Greedy." Informatika, Vol. 3 September 2016. ISSN : 2355-6579. E-ISSN : 2528-2247 299-313.

Fitria dan Apri Triansyah. 2013. "Implementasi Algoritma Dijksra dalam Aplikasi untk Menentukan Lintasan Terpedek Jalan Darat Antar Kota di Sumatera Bagian Selatan." Jurnal Sistem Informasi (JSI), Vol. 5, No. 2 Oktober 2013. ISSN Prit : 2085-1588. ISSN Online : 2355-4614 611 - 621.

Google. 2005. "Google Maps."

Unduhan

Diterbitkan

2020-04-10

Cara Mengutip

Indrayanti, I., Risqiati, R., & Setianto, W. (2020). PENENTUAN RUTE TERPENDEK PERJALANAN PROMOSI MARKETING MENGGUNAKAN ALGORITMA DIJKSTRA. IC Tech : Majalah Ilmiah, 15(1). https://doi.org/10.47775/ictech.v15i1.96