PENGELOMPOKKAN KEAKTIFAN PEMINJAMAN BUKU DI PERPUSTAKAAN STMIK WIDYA PRATAMA DENGAN METODE K-MEANS

Nur Ika Royanti, Bambang Ismanto

Sari


Salah satu bagian yang penting dalam sebuah perguruan tinggi atau lembaga pendidikan adalah perpustakaan. Perpustakaan mempunyai andil dalam usaha peningkatan kualitas pendidikan. Masing-masing mahasiswa memiliki frekuensi yang berbeda-beda dalam peminjaman buku di perpustakaan. peran komputer yang semakin banyak dapat digunakan untuk mengolah data yang ada diperpustakaan STMIK Widya Pratama. Dalam penelitian ini data mining akan digunakan untuk mengolah data perpustakaan. K-Means merupakan salah satu metode data clustering non hirarki yang berusaha mempartisi data yang ada ke dalam bentuk satu atau lebih cluster/kelompok. K-means ini akan digunakan untuk mengelompokkan keaktifan peminjaman buku mahasiswa dari data peminjaman buku di perpustakaan STMIK Widya Pratama. Hasilnya adalah berupa pengelompokan data mahasiswa yang aktif dalam peminjaman buku berdasarkan IPK dan jumlah pinjam.

Kata Kunci: pengelompokan, peminjaman buku, k-means


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ediyanto, d. (2013). Pengklasifikasian Karakteristik Dengan Metode K-Means Cluster Analysis. Buletin Ilmiah Mat. Stat. dan Terapannya (Bimaster), 133 - 136.

Handoyo, R., Rumany, & Nasution, S. M. (2014). PERBANDINGAN METODE CLUSTERING MENGGUNAKAN METODE SINGLE LINKAGE DAN K - MEANS PADA PENGELOMPOKAN DOKUMEN. Mikroskil, 73-82.

Krismayani, I. (2018). Mewujudkan Fungsi Perpustakaan Daerah. ANUVA, 233-242.

Larose, D. T. (2005). Discovering Knowledge in Data. New Jersey: John Wiley & Sons Inc.

Susanto, S., & Suryadi, D. (2010). Pengantar Data Mining Menggali Pengetahuan dari Bongkahan Data. Yogyakarta: Andi Offset.

Tedy, R., & Sri, K. (2008). Aplikasi K-Means untuk Pengelompokkan Mahasiswa Berdasarkan Nilai Body Mass Index (BMI) & Ukuran Kerangka. SNATI , E43-E48.

Turban. (2005). decision Support System and Intelligence System. Yogyakarta: Andi Offset.

Yudi, A. (2007). K-Means-Penerapan, Permasalahan dan metode terkait. Jurnal sistem dan informatika vol 3, 47-60


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.