Implementasi Metode Usability Testing Untuk Mengukur Penggunaan Website Studi Kasus : Website Stmik Widya Pratama Pekalongan

Eny Jumiati, Hari Agung B, Amanah Amanah

Sari


STMIK Widya Pratama yang merupakan sebuah lembaga pendidikan yang berada di Kota Pekalongan yang memanfaatkan website sebagai media untuk menyebarkan informasi baik yang berhubungan dengan kegiatan kemahasiswaan ataupun yang berhubungan informasi tentang profil perguruan tinggi itu sendiri. Penggunaan website harapanya adalah untuk memperluas jaringan informasi sehingga keberadaan STMIK Widya Pratama dapat diketahui secara lebih luas dan diketahui oleh khalayak umum. Untuk mengetahui apakah website STMIK Widya Pratama itu memiliki atribut kemudahan untuk diingat, efisiensi ataupun kemudahan untuk dipelajari, maka dilakukan pengukuran kualitas web dari sisi penggunanya dengan metode Usability testing yang terdiri dari 5 atribut 19 pertanyaan. Hasil rerata yang didapatkan dari pengukuran website https://stmik-wp.ac.id/ dengan jumlah responden 79 adalah atribut Learnability 3.21, Efficiency 3.58, Memorabiliy 3.70, Errors 2,74 dan Satifaction 3.24. Dari 5 atribut yang digunakan rata-rata menghasilkan skala penilaian 3 artinya bahwa website STMIK Widya paratama cukup memperhatikan faktor usabilitinya atau usable. Untuk memaksimumkan usablitinya perlu adanya penambahan atribut comfortably(kenyamanan) fitur yang ada terutama dalam tampilan.

 

Kata Kunci : Pengukuran, Usability Testing, Website


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdurrahmat, Fathoni. 2006. Metodologi Penelitian Dan Teknik Penyusunan Skripsi. Jakarta: Renika Cipta.

Aries, Topan Maulana. 2017. "Usability Testing untuk Mengukur Pengguanaan Website STIK Bina Husada Palembang." Jurnal Teknik Informatika, Universitas Bina Darma Palembang.

Cahyadi, Defri. 2015. "Evaluasi Penggunaan Website Universitas Muhammadiyah Palembang Menggunakan Metode Usability Testing." Teknik Informatika, Universitas Bina Darma.

Dewiyana, Himma. 2008. Repository.usu.ac.id. 04 10. Accessed 02 27, 2019. http://repository.usu.ac.id/handle/123456789/16089.

Nielson, Jacob. 2003. Usability 101. Accessed Pebruari 26, 2019. http://www.userit.com/alertbox/200308.

Nugroho, Eko. 2009. Desain Situs Reader Friendly. Yogyakarta: Andi.

Santoso, Insap. 2009. Interaksi Manusia dan Komputer. Yogyakarta: Andi.

Saputra, Eko. 2014. "USABILITY TESTING UNTUK MENGUKUR PENGGUNAAN WEBSITE." eprints.binadarma.ac.id.

Sekaran, Uma. 1992. Research Methods For Business, A Skill Building Approach, 2nd edition. New York: Jhon Wiley n Sons.

Siswanto, Victorianus Aries. 2012. Strategi dan Langkah-langkah Penelitian. Yogyakarta: Graha Ilmu.

—. 2012. Strategis Dan Langkah-langkah Penelitian. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sudarmawan, and Dony Ariyus. 2007. Interaksi Manusia Dan Komputer. Yogyakarta: Andi.

Sugiyono. 2010. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sukarjo. 2006. Evaluasi Pembelajaran, Diktat kuliah evaluasi pembelajaran Program Studi Teknologi. Yogyakarta: Tidak diterbitkan PPs UNY.

Suparmo. 2007. "Uji Ketergunaan Situs Web Jaringan Perpustakaan Asosiasi Perguruan Tinggi Khatolik Di Indonesia (APTIK) Bagi Mahasiswa Yang Sedang Menulis Skripsi Pada Tahun Akademik 2006/2007 Di Universitas Sanata Dharma Yogyakarta." Universitas Indonesia.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.