PERBANDINGAN METODE PENGUKURAN JARAK DENGAN MEMANFAATKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY

Ichwan Kurniawan, Much. Rifqi Maulana, Dicke JSH Siregar

Sari


Pengukuran panjang atau jarak merupakan pengukuran untuk mengetaui nilai dari suatu titik ke titik yang lain, untuk mengetahui nilai tersebut dapat menggunakan Penggaris, Meteran maupun Jangkar Sorong. Penggunaan alat ukur tentunya tidak dapat digunakan tiap waktu dan kondisi, jika objek ukur berada ditempat yang tidak mudah dijangkau, mungkin akan mempersulit proses pengukuran objek. Pengukuran jarak menggunakan penanda berbasis Augmented Reality dapat memberikan presisi tinggi (Salin, Poonpong and Charlee 2020). Dengan menggunakan teknologi Augmented Reality (AR) memungkinkan menampilkan objek virtual 3D kedalam lingkungan nyata secara real-time (Chang, Morreale and Medicherla 2010).  Lingkungan dan objek nyata dapat digeneret melalui pengamatan kamera, dan dengan menambahkan penentuan titik dan vector dapat ditentukan ukuran nilai sebuah objek atau ruangan secara real-time.

Prosentase tingkat akurasi yang paling mendekati adalah menggunakan metode pengukuran Euclidean distance  yaitu rata-rata 98%, sedangkan dengan menggunakan metode pengukuran Manhattan distance  yaitu rata-rata 91%. Hal ini dapat disimpulkan bahwa tingkat akurasi perhitungan dengan menggunakan metode pengukuran Euclidean distance  lebih akurat 7% dibanding metode Manhattan distance. Selain itu perbandingan penyimpangan pengukura dengan menggunakan metode Euclidean distance dan Manhattan distance, dapat dilihat penyimpangan yang dihasilkan dengan menggunakan metode Euclidean distance rata-rata sebesar 0.56 cm, jika diubah dalam bentuk prosentase penyimpangannya hanya 2% saja. Sedangkan rata-rata penyimpangan yang dihasilkan dengan menggunakan metode Manhattan distance sebesar 2.12 cm, jika diubah dalam bentuk prosentase penyimpangannya sebesar 9%.

Hasil percobaan yang telah dilakukan menunjukkan bahwa, pengukuran menggunakan metode Euclidean distance dapat direkomendasikan untuk perhitungan virtual, hal ini karena dengan menggunakan metode Euclidean distance akurasi perhituungan mencapi 98% dan tingkat penyimpangannya hanya 2% dari pengukuran dengan penggaris dalam lingkungan nyata.

 KeywordEuclidean Distance, Manhattan Distance, Augmented Reality, Alat Ukur


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aframe. n.d. A-Frame. Introduction. Accessed Mei 5, 2020. https://aframe.io/docs/1.0.0/introduction/.

Alfatih, Muhammad, Prihatmanto Setijadi Ary, Wijaya Rifki, Ar Rosyid Harits , Hakim Rasis Hashfi , Dana Pitra Antonius , and Al Himmah Chanifatu Ummu . 2018. "Distance Measurements Method for The Demite Pronunciation Assessment." 2018 IEEE 8th International Conference on System Engineering and Technology (ICSET). Bandung: IEEE. 189-194. doi:10.1109/ICSEngT.2018.8606375.

Alistair, Sutcliffe. 2003. Multimedia and Virtual Reality Designing Multisensory User Interfaces. Lawrence Erlbaum Associates.

Chang, George , Patricia Morreale, and Padmavathi S Medicherla. 2010. "Applications of Augmented Reality Systems in Education." Society for Information Technology & Teacher Education International Conference,. San Diego: Association for the Advancement of Computing in Education (AACE). 1380-1385.

Etienne, Jerome , Nicolò Carpignoli, and AR.js Org Community. n.d. AR.js - Augmented Reality on the Web. AR.js Ducumentation. Accessed Mei 2, 2020. https://ar-js-org.github.io/AR.js-Docs/.

Hertz, Tomer. 2006. Learning Distance Functions: Algo Rithms and. Hebrew : Hebrew University.

Oliver, Bimber, and Raskar Ramesh. 2005. Spatial Augmented Reality. Mitsubishi Electric Research Laboratory.

Salin, Boonbrahm, Boonbrahm Poonpong, and Kaewrat Charlee. 2020. "The Use of Marker-Based Augmented Reality in Space Measurement." International Conference on Industry 4.0 and Smart Manufacturing (ISM 2019). Calabria: Elsevier B.V. 337-343. Accessed Mei 02, 2020. doi:https://doi.org/10.1016/j.promfg.2020.02.081.

Threejs. n.d. Threejs Fundamentals. Threejs. Accessed Mei 5, 2020. https://threejsfundamentals.org/threejs/lessons/threejs-fundamentals.html.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.