PEMILIHAN EMARKETPLACE DI INDONESIA PADA KUARTAL PERTAMA TAHUN 2020 MENGGUNAKAN METODE FUZZY MOORA

Penulis

  • Era Yunianto STMIK WidyaPratama
  • Dicke JSH Siregar STMIK WidyaPratama

DOI:

https://doi.org/10.47775/ictech.v15i1.88

Abstrak

Pemilihan emarketplace yang tepat akan meningkatkan profitabilitas bisnis. Kriteria yang mempengaruhi pemilihan yaitu : kualitas pelayanan (service quality), kualitas sistem (system quality), kualitas informasi (information quality) dan kualitas penyedia layanan (vendor spesific quality). Dalam Penelitian ini , dilakukan penerapan metode Fuzzy Moora dalam pemilihan emarketplace di Indonesia pada kuartal pertama tahun 2020. Dalam Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Alternatif yang dipilih merupakan tigas besar emarketplace yang banyak dikunjungi di Indonesia pada kuartal pertama tahun 2020. Diperoleh urutan pemeringkatan alternatif berdasarkan nilai kinerja yaitu SH (BNP=2.51), BL (BNP=2.28) dan TP (BNP=2.25). Hasil penelitian ini dapat menjadi rekomendasi pemilihan emarketplace di Indonesia tahun 2020.

 Kata Kunci: Fuzzy MOORA, Pemilihan emarketplace

Referensi

Akkaya Gokay, Turanoglu Betul and Oztas Sinan An Integrated Fuzzy AHP And Fuzzy MOORA Approach to The Problem of Industrial Engineering Sector Choosing [Journal] // Expert Systems Widh Applications. - 2015.

Alptekin Nesrin Evaluation of Websites Quality Using Fuzzy TOPSIS Method [Journal] // International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences. - 2015. - 8 : Vol. 5. - 2222-6990.

Aydin Serhat and Kahraman Cengiz Evaluation of E-commerce Website Quality Using Fuzzy Multi-criteria Decision Making Approach [Journal] // IAENG International Journal of Computer Science. - 2012. - 1 : Vol. 39.

Baležentis A., Baležentis, T. & Brauers, W.K.M. Personnel selection based on computing with words and fuzzy MULTIMOORA. Expert Systems with Applications [Journal]. - 2012. - 9 : Vol. 39.

Brauers W., Zavadskas, E., Peldschus, F. and Turskis Z Multi objective Decision-Making for Road Design Transport [Journal]. - 2008. - 3 : Vol. 23. - pp. pp. 183-193.

iprice https://iprice.co.id/insights/ mapofecommerce/ [Online] // https://iprice.co.id. - 2020. - april 2020.

Iprice State of eCommerce Asia Tenggara 2017 White Paper [Report]. - [s.l.] : Iprice, 2017.

Kundakci Nilsen Selection of maintenance strategy for a manufacturing company with fuzzy moora method [Conference] // 2nd International conference on business, management & economics. - vienna, austria : www.icbmeconf.org, 2019. - Vol. 2.

Kusumadewi Sri Fuzzy Multi-Attribute Decision Making (Fuzzy MADM) [Book]. - Yogyakarta : Graha Ilmu, 2006.

Mandal U.K., and Sarkar, B Selection of Best Intelligent Manufacturing System (IMS) Under Fuzzy MOORA Conflicting MCDM Environment [Journal] // International Journal of Emerging Technology and Advanced Engineering. - 2012. - pp. 301-310 : Vol. 2.

Royanti Nur Ika and Yunianto Era PEMILIHAN E-MARKETPLACE BAGI PEDAGANG BATIK PEKALONGAN SEBAGAI USAHA PERLUASAN AKSES PASAR MENGGUNAKAN INTEGRASI METODE FUZZY AHP DAN FUZZY TOPSIS [Journal] // IC-Tech. - 2018. - 2 : Vol. 13. - 1907-7912.

Sun Chia-Chi Using Fuzzy TOPSIS Method for Evaluating the Competitive Advantages of Shopping Website [Journal] // Expert Systems with Applications 36. - 2009. - 11764–11771.

Taryadi Analisis Tingkat Kesiapan Adopsi e-Marketplace UMKM Batik di Kota Pekalongan [Journal] // Jurnal Litbang Kota Pekalongan. - 2015. - 1 : Vol. 8. - 2503-0728.

Vatansever Kemal dan akgul, Yakup Applying fuzzy analytic hierarchy process for evaluating service quality of private shopping website quality: a case study in turkey [Journal] // Journal of Business, Economics & Finance. - 2014. - 2146–7943.

wibowo ari putra and yunianto era PEMILIHAN EMARKETPLACE DENGAN METODE FUZZY AHP-VIKOR [Journal] // IC-Tech. - [s.l.] : P3M STMIK Widya Pratama, 2019. - 2 : Vol. 14. - EISSN: 2622-8092 .

Yunianto Era EVALUASI KUALITAS WEB E-COMMERCE OLEH PEDAGANG BATIK MENGGUNAKAN FUZZY AHP [Journal] // IC-Tech. - 2017. - 2 : Vol. 12.

Yunianto Era PEMILIHAN ECOMMERCE C2C INDONESIA DENGAN METODE FUZZY VIKOR [Journal] // IC Tech. - April 2019. - 1 : Vol. XIV.

Yunianto Era PENGUKURAN WEB JUAL BELI DENGAN METODE FUZZY TOPSIS [Journal] // IC-Tech. - 2018. - 1 : Vol. 13

Unduhan

Diterbitkan

2020-04-10

Cara Mengutip

Yunianto, E., & Siregar, D. J. (2020). PEMILIHAN EMARKETPLACE DI INDONESIA PADA KUARTAL PERTAMA TAHUN 2020 MENGGUNAKAN METODE FUZZY MOORA. IC-Tech, 15(1). https://doi.org/10.47775/ictech.v15i1.88