PENERAPAN METODE END-USER COMPUTING SATISFACTION UNTUK ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA E-LEARNING

Penulis

  • Muhammad Rikzam Kamal IAIN Pekalongan
  • Teddy Dyatmika IAIN Pekalongan
  • Syamsul Bakhri

DOI:

https://doi.org/10.47775/ictech.v15i1.84

Abstrak

Kepuasan pengguna merupakan faktor utama dalam pembuatan sebuah sistem e-learning, jika faktor ini diabaikan maka sebuah sistem e-learning tidak bisa dikembangkan sesuai tujuannya yaitu untuk memaksimalkan proses pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif jenis survai. Analis dalam penelitian ini mengacu pada tingkat kepuasan pengguna dalam teori End-User Computing Satisfaction (EUCS) kemudian di analisis menggunakan statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial yang dikombinasikan dengan hasil coding wawancara para responden. Hasil penelitian menunjukan bahwa sebagian besar para pengguna e-learning setuju bahwa e-learning­ sudah mempunyai content, accuracy, format, ease of use, dan timeliness yang baik. Tapi, masih ada sebagaian para pengguna yang kesulitan dan merasa tampilan e-learning masih kurang baik.

Referensi

Darwi, A. R., & Efrizon. (2019). Analisis kepuasan pengguna e-learning sebagai pendukung aktivitas pembelajaran menggunakan metode eucs. Jurnal Vokasional Reknik Elektronika Dan Informatika (Voteknika), 7(1), 1–7.

Fajar Darmawan. (2015). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pemanfaatan E-Learning. Jurnal Speed-Sentra Penelitian Engineering Dan Edukasi, 7(4), 63–71.

Mdp, S. G. I. (2020). Analisis Pengaruh Implementasi E-Learning Vilep Di Poltekkes Kemenkes Palembang Dengan Pendekatan EUCS 1. 7(1).

Muarie, M. S., & Nopriani, F. (2020). Mengukur Tingkat Kepuasan Pengguna E-Learning (Uin Raden Fatah Palembang). JUSIM (Jurnal Sistem Informasi Musirawas), 5(01), 79–86. https://doi.org/10.32767/jusim.v5i01.756

Novianti, K. D. P. (2019). Analisis Evaluasi E-learning Menggunakan Integrasi Model D&M dan UTAUT. Techno.Com, 18(2), 122–133. https://doi.org/10.33633/tc.v18i2.2217

PDDikti—Pangkalan Data Pendidikan Tinggi. (n.d.). Retrieved July 3, 2020, from https://pddikti.kemdikbud.go.id/data_pt/M0IyRDM1NkEtNDBGNC00Mzg2LUExNzgtQ0M5NDZCODUwRDZD

Wana, F., & Abdillah, L. A. (2014). Bina Darma Conference on Computer Science UNIVERSITAS BINA DARMA MENGGUNAKAN METODE END USER COMPUTING SATISFACTION ( EUCS ) Bina Darma Conference on Computer Science. 2222–2231.

Wijaya, M. A., Aji, S., & Fandhilah. (2018). Analisa Tingkat Kepuasan Pengguna Elearning Menggunakan EUCS dan Model Delone and McLean. IJSE – Indonesian Journal on Software Engineering Implementasi, 4(2), 6–13.

Wijaya, & Suwastika. (2017). Analisis Kepuasan Pengguna Elearning Menggunakan Metode End-User Computing Satisfaction. Konferensi Nasional Sistem & Informatika 2017, 558–562.

Unduhan

Diterbitkan

2020-04-10

Cara Mengutip

Kamal, M. R., Dyatmika, T., & Bakhri, S. (2020). PENERAPAN METODE END-USER COMPUTING SATISFACTION UNTUK ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA E-LEARNING. IC Tech : Majalah Ilmiah, 15(1). https://doi.org/10.47775/ictech.v15i1.84