PEMILIHAN ECOMMERCE C2C INDONESIA DENGAN METODE FUZZY VIKOR

Penulis

  • Era Yunianto STMIK Widya Pratama

DOI:

https://doi.org/10.47775/ictech.v14i1.74

Abstrak

Saat ini telah terjadi peningkatan penggunaan e-commerce, tentunya ini merupakan peluang besar bagi pelaku usaha. Penggunan ecommerce berkualiatas berpengaruh terhadap conversion rate yaitu persentase kunjungan yang berujung pada pembelian produk yang tentunya berdapak pada profitabilitas bisnis. Pada penelitian ini melakukan pemilihan ecommerce C2C di Indonesia dengan metode Fuzzy VIKOR. Dalam pengumpulan data menggunakan kuesioner yang diberikan kepada pengguna ecommerce C2C. Data alternatif yang digunakan merupakan ranking tiga besar ecommerce C2C yang paling banyak dikunjungi. Dari hasil penelitian diperoleh bobot kriteria service quality sebesar 25.68%, bobot kriteria system quality sebesar 26.13%, bobot information quality sebesar 25.23% dan bobot vendor spesific quality sebesar 22.97%. Urutan perankingan alternatif adalah SH (Q=0.00), BL (Q=0.015) dan TP (Q=0.022) . Berdasarkan solusi kompromi, SH merupakan alternatif terbaik dalam penilaian e-commerce C2C di Indonesia menggunakan metode Fuzzy VIKOR. Hasil dari penelitian ini dapat digunakan oleh pelaku usaha untuk memilih ecommerce C2C terbaik dan bagi pemilik ecommerce, dapat dijadikan referensi dalam pengembangan web.

Referensi

Chang Tsung-Han Fuzzy VIKOR method: A case study of the hospital service evaluation in Taiwan [Jurnal] // Information Sciences. - 2014.

Afful-Dadzie Eric, Nabareseh Stephen dan Oplatková Zuzana Komínková FUZZY VIKOR APPROACH: EVALUATING QUALITY OF INTERNET HEALTH INFORMATION [Konferensi] // Federated Conference on Computer Science and Information Systems. - 2014. - Vol. 2. - hal. 183-190.

Alptekin Nesrin Evaluation of Websites Quality Using Fuzzy TOPSIS Method [Jurnal] // International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences. - 2015. - 8 : Vol. 5. - 2222-6990.

AYDIN Serhat dan KAHRAMAN Cengiz Evaluation of E-commerce Website Quality Using Fuzzy Multi-criteria Decision Making Approach [Jurnal] // IAENG International Journal of Computer Science. - 2012. - 1 : Vol. 39.

Iprice State of eCommerce Asia Tenggara 2017 White Paper [Laporan]. - [s.l.] : Iprice, 2017.

Iprice The Biggest E-commerce Website and Apps in Southeast Asia Q1 2019 Mapping the Top E-commerce Platforms in the Region [Laporan]. - [s.l.] : iprice, 2019.

Mustafa Batuhan AYHAN A Fuzzy AHP Approach For Supplier Selection Problem: A Case Study In A Gearmotor Company [Jurnal] // International Journal of Managing Value and Supply Chains (IJMVSC). - September 2013. - 3 : Vol. 4.

Opricovic Serafim Fuzzy VIKOR with an application to water resources planning [Jurnal] // Expert Systems with Applications. - 2011. - Vol. 38.

Rosita Pingky Stella Benchmarking Website E-Commerce Menggunakan Teknik Pengukuran Webqual [Jurnal] // SENTIKA. - Yogyakarta : [s.n.], 2014. - 2089-9813.

Royanti Nur Ika dan Yunianto Era PEMILIHAN E-MARKETPLACE BAGI PEDAGANG BATIK PEKALONGAN SEBAGAI USAHA PERLUASAN AKSES PASAR MENGGUNAKAN INTEGRASI METODE FUZZY AHP DAN FUZZY TOPSIS [Jurnal] // IC-Tech. - 2018. - 2 : Vol. 13. - 1907-7912.

Sevtian F.I. Pengaruh E-commerce terhadap Tingkat Volume Penjualan Sandal Kelom Geulis Di CV Kelomgeulis Tasikmalaya [Laporan]. - Jakarta : FPEB Universitas Pendidikan Indonesia, 2011.

Shukla Rajendra Kumar, Garg Dixit dan Agarwal Ashish An integrated approach of Fuzzy AHP and Fuzzy TOPSIS in modeling supply chain coordination [Jurnal] // Production & Manufacturing Research. - 2014. - 1 : Vol. 2. - hal. 415–437. - 2169-3277.

Sukwadi Ronald Integrasi Fuzzy AHP-TOPSIS dalam Evaluasi Kualitas Layanan Elektronik Rumah Sakit [Jurnal] // Jurnal Teknik Industri. - 2014. - 1 : Vol. 15. - hal. 25-32. - ISSN 1411-2485 print / ISSN 2087-7439 online.

Sun Chia-Chi Using Fuzzy TOPSIS Method for Evaluating the Competitive Advantages of Shopping Website [Jurnal] // Expert Systems with Applications 36. - 2009. - 11764–11771.

Taryadi Analisis Tingkat Kesiapan Adopsi e-Marketplace UMKM Batik di Kota Pekalongan [Jurnal] // Jurnal Litbang Kota Pekalongan. - 2015. - 1 : Vol. 8. - 2503-0728.

Tzeng S. Opricovic and G. H. Compromise solution by MCDM methods: A comparative analysis of VIKOR and TOPSIS [Jurnal] // Eur. J. Oper. Res. - 2004. - 2 : Vol. 156. - hal. 445–455.

Vatansever Kemal dan akgul, Yakup Applying fuzzy analytic hierarchy process for evaluating service quality of private shopping website quality: a case study in turkey [Jurnal] // Journal of Business, Economics & Finance. - 2014. - 2146–7943.

Yunianto Era EVALUASI KUALITAS WEB E-COMMERCE OLEH PEDAGANG BATIK MENGGUNAKAN FUZZY AHP [Jurnal] // IC-Tech. - 2017. - 2 : Vol. 12.

Yunianto Era PENGUKURAN WEB JUAL BELI DENGAN METODE FUZZY TOPSIS [Jurnal] // IC-Tech. - 2018. - 1 : Vol. 13.

Unduhan

Diterbitkan

2019-04-30

Cara Mengutip

Yunianto, E. (2019). PEMILIHAN ECOMMERCE C2C INDONESIA DENGAN METODE FUZZY VIKOR. IC-Tech, 14(1). https://doi.org/10.47775/ictech.v14i1.74