PENGARUH BANYAKNYA CHUNKS DAN PRIORITY RENDER ANIMATION 3D TERHADAP WAKTU RENDER MENGGUNAKAN ANOVA ONE WAY DENGAN MENERAPKAN PARALLEL COMPUTING RENDER ENGINE

Penulis

  • Much. Rifqi Maulana STMIK Widya Pratama
  • Ichwan Kurniawan STMIK Widya Pratama

DOI:

https://doi.org/10.47775/ictech.v14i1.63

Abstrak

Dalam proses rendering perangkat hardware yang paling penting adalah CPU (Central Processing Unit), VGA (Video Graphic Adaptor) dan RAM (Random Access Memory). Pemilihan render engine dilakukan pada software yang digunakan, dan mengatur parameter render dapat mempengaruhi hasil akhir dari rendering model 3D. Untuk memperoleh hasil render yang maksimal dengan waktu render yang singkat dapat memanfaatkan beberapa sumberdaya komputer secara bersama-sama dalam sebuah jaringan. Dalam penelitian ini render engine yang digunakan adalah blender network render, dengan menggunakan 12 unit perangkat komputer, yaitu 10 unit slave mode, 1 unit master dan 1 unit client. Uji coba rendering dilakukan 5 kali penambahan frame render, yaitu 12, 24, 38, 60, 120 frame render. Kemudian nilai pada setiap uji caba menghasilkan nilai penggunaan sumberdaya (slave/node) dalam tiap unit, nilai inilah yang nantinya akan diuji lagi menggunakan teknik uji komparasi statitistik Anova one way. Hasil dari uji komparis statistic Anova one way adalah 18.11>2.53 untuk probability 5% dan 3.71 > 3.35 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Jadi Terdapat perbedaan penggunaan Waktu/Second RENDER dengan adanya penambahan Chunks dan Priority Render (penambahan Chunks dan Priority Render dapat mengurangi penggunaan Waktu/Second Render) Dengan Memanfaatkan Parallel Computingrender Engine Pada Platform Open-Source Software. Kemudian untuk menghitung korelasi antar sampel tardapat 3 pasamg sample X1:X2, X1:X3 dan X2:X3. Dari 3 korelasi tersebut terdapat 1 korelas yang Hipotesisi Alternatif diterima, yaitu korelas X1:X3 dengan harga T hitung (2.98) lebih kecil dari hatga T tabel (2.23<2.10). Dengan demikian Ha diterima, dan Ho ditolak. Kesimpulannya Terdapat Perbedaan Waktu/Second RENDER Render Sebelum Menambah dari Chunks 5 dan Priority 1 Render Menjadi Chunks 10 dan Priority 10. Hal ini dikarenakan sampel korelasi yang diuji terdapat selisih Chunks dan Priority render yang cuku besar. Sedangkan korelasi yang Hopotesis Alternatifnya ditolak yaitu X1 dengan X2 dan X2 dengan X3 karena selisih Chunks dan Priority render yang diuji hanya sedikit. Dari hasil pengujian yang telah diseimpulkan bahwa, dengan menambah frame, chunks atau priority renderi dapat mempengruhi banyaknya sumber  daya node/slave yang digunakan pada saat render, dan mempengaruhi waktu/second rendering.

Referensi

M. Z. Patoli, M. Gkion and A. Al-Barakati, "An open source Grid based render farm for Blender 3D," in Power Systems Conference and Exposition, 2009. PSCE '09. IEEE/PES, Seattle, WA, USA, 2009.

Z. Zhurong, D. Wei and Q. Yuhui, "A Grid Based Graphics Rendering Design," in nformation Technology and Applications, 2009. IFITA '09. International Forum on, Chengdu, China, 2009.

I. Sofian, CISCO CCNA & Jaringan Komputer, Bandung: Informatika, 2010.

I. Kurniawan and M. R. Maulana, PERBANDINGAN BANYAKNYA FRAME RENDER DENGAN PENGGUNAAN SUMBERDAYA YANG DIGUNAKAN MENGGUNAKAN ANOVA ONE WAY DENGAN MEMANFAATKAN PARALLEL COMPUTINGRENDER ENGINE, vol. 13, Pekalongan: ICTech, 2018.

S. Verma and K. Patel, "Association between shopping habit and demographics of m-commerce user's in India using two way ANOVA," in Convergence in Technology (I2CT), 2017 2nd International Conference for, Mumbai, India, 2017.

P. Bokoro and K. Malandala, "Condition assessment of SF6 circuit breakers using analysis of variance (ANOVA)," in AFRICON, 2017 IEEE, Cape Town, South Africa, 2017.

A. Rumagit, "IMPLEMENTASI GRID COMPUTING UNTUK HIGH THROUGHPUT COMPUTING," JURNAL TEKNIK INFORMATIKA UNIVERSITAS SAM RATULANGI, vol. 2, no. 1, Manado 2013.

M. Lysy C, M. R. Arthur and A. S. Brave, "Implementasi Cluster Computing Untuk Render Animasi," E-journal Teknik Elektro dan Komputer, vol. 2, no. 3, pp. 1-8, 2013.

Blender, "About," Blender.org, [Online]. Available: https://www.blender.org/about/. [Accessed 9 Mei 2017].

Blender, "Network Render," Blender, [Online]. Available: https://wiki.blender.org/index.php/Dev:Source/Render/Cycles/Network_Render. [Accessed 9 Mei 2017].

P. D. Sugiyono, Statistik untuk Penelitian, Bandung: Penerbit Alfabeta, 2017.

Unduhan

Diterbitkan

2019-04-18

Cara Mengutip

Maulana, M. R., & Kurniawan, I. (2019). PENGARUH BANYAKNYA CHUNKS DAN PRIORITY RENDER ANIMATION 3D TERHADAP WAKTU RENDER MENGGUNAKAN ANOVA ONE WAY DENGAN MENERAPKAN PARALLEL COMPUTING RENDER ENGINE. IC-Tech, 14(1). https://doi.org/10.47775/ictech.v14i1.63