Aplikasi Tombol Bahaya (SITOBA) Menggunakan Teknologi Location Based Service (LBS) Untuk Keamanan Ketertiban Sebagai Sarana Mewujudkan Smart and Safe Village

Penulis

  • Muhammad Arifin UMK
  • Wiwit Agus Triyanto UMK

DOI:

https://doi.org/10.47775/ictech.v14i1.45

Abstrak

Setiap orang tentunya membutuhkan suasana yang aman dan tentram, bahkan kebutuhan tersebut lebih utamakan dari pada kebutuhan makan dan minum. Hal ini dikarenakan seseorang tidak akan merasakan nikmatnya makan maupun minum ketika suasana sedang tidak aman dan tentram. Desa memiliki peran penting dalam menunjang kegiatan bermasyarakat warga desa, seperti informasi, kesehatan, pendidikan, bahkan segala sesuatu yang berhubungan dengan keamanan ketertiban masyarakat desa diatur dan ditangani oleh desa. Selama ini keamanan dan ketertiban sudah ditangani dengan baik oleh pemerintah desa, akan tetapi kendala yang muncul adalah terlambatnya informasi tentang kejadian yang terjadi karena korban harus datang langsung ke balai desa / petugas kemanan desa untuk melaporakan kejadian yang dialaminya, sehingga penanganan yang dilakukan menjadi terlambat. Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, maka dibutuhkan suatu system informasi yang mampu mempercepat informasi bahaya/tindakan kriminalitas yang dialami oleh warga ke pemerintah desa. Rancang bangun aplikasi one push danger button menggunakan teknologi location based service (LBS) pada smartphone untuk keamanan ketertiban masyarakat sebagai sarana mewujudkan smart and safe village, diharapkan dapat membantu penyampaian informasi bahaya ataupun pelanggaran keamanan dan ketertiban secara cepat dengan hanya menekan sebuah tombol pada aplikasi smartphone, selain tindakan pelanggaran, dengan menekan sebuah tombol juga dapat menyampaikan jika ada kejadian kecelakaan atau apapun yang membutuhkan penanganan bantuan dari desa secara cepat.

Referensi

Dewantara, L., Sunaryono, D., Hariadi, R.R., 2014, Rancang Bangun Aplikasi Panggilan Darurat dengan Perintah Suara Berbahasa Indonesia pada Perangkat Bergerak Berbasis Android, Jurnal Teknik Pomits, Volume 1 Nomor 1.

Ramadhan, T., Utomo, V.G., 2014, Rancang Bangun Aplikasi Mobile Untuk Notifikasi Jadwal Kuliah Berbasis Android (Studi Kasus: STMIK PROVISI SEMARANG), Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, ISSN: 2087-0868, Volume 5 Nomor 2 Agustus 2014.

Saefullah, A., Ariyani, D., Rienauld, A., 2014, Sistem Notifikasi Antrian Berbasis Android, STMIK Raharja, ISSN: 1978-8282, Volume 7 Nomor 3 Mei 2014.

Suhendar, A. dan Gunadi, H. (2002). Visual Modelling Menggunakan UML dan Rational Rose,

Bandung: Informatika.

Sugiarti, Y. (2013). Analisis dan perancangan UML (unified modeling language) generated VB.6 : disertai contoh studi kasus dan interface web. Yogyakata: Graha Ilmu.

Unduhan

Diterbitkan

2019-06-21

Cara Mengutip

Arifin, M., & Triyanto, W. A. (2019). Aplikasi Tombol Bahaya (SITOBA) Menggunakan Teknologi Location Based Service (LBS) Untuk Keamanan Ketertiban Sebagai Sarana Mewujudkan Smart and Safe Village. IC-Tech, 14(1). https://doi.org/10.47775/ictech.v14i1.45