Pengembangan E-Presensi berbasis Android untuk Monitoring Kehadiran Siswa Sekolah Menengah di Kota Pekalongan (Studi Kasus: SMP Islam Pekalongan)

Penulis

  • Much. Rifqi Maulana STMIK Widya Pratama
  • Esti Mulyani Politeknik Negeri Indramayu

DOI:

https://doi.org/10.47775/ictech.v13i2.40

Abstrak

Rata-rata lama sekolah (Mean Years Schooling/MYS) penduduk Kota Pekalongan pada 4 (empat) tahun terakhir mengalami peningkatan, meskipun lambat. Berdasarkan data statistik Kota Pekalongan, rata-rata lama sekolah penduduk Kota Pekalongan adalah 8,29 persen atau berarti rata-rata pendidikan penduduk hanya setingkat kelas 2 SMP. Salah satu faktor yang membuat rendahnya rata-rata lama sekolah adalah tingkat kehadiran siswa. Ketika siswa jarang hadir di sekolah, maka siswa tersebut akan ketinggalan materi pembelajaran sehingga membuat prestasinya menurun. Siswa yang prestasinya di bawah rata-rata biasanya tidak akan melanjutkan pendidikannya ke tingkat yang lebih tinggi. Proses pencatatan kehadiran siswa di sekolah masih kurang efektif karena siswa bisa melakukan manipulasi kehadiran dan orang tua juga belum bisa mengetahui kehadiran siswa di sekolah. Saat ini, seluruh sekolah menengah di Kota Pekalongan sudah memiliki akses Internet dan sebagian besar siswa dan orang tua juga menggunakan smartphone untuk mengakses Internet. Penelitian ini bermaksud untuk mengembangkan aplikasi e-Presensi berbasis android untuk monitoring kehadiran siswa sekolah menengah di Kota Pekalongan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Sedangkan metode pengembangan sistem yang digunakan adalah metode SDLC (System Decelopment Life Cycle) dengan tahapan planning, analysis, design, implementation, testing & integration, maintenance. Hasil dari penelitian ini adalah terwujudnya aplikasi e-Presensi berbasis android untuk monitoring kehadiran siswa sekolah menengah di Kota Pekalongan. Dengan aplikasi e-Presensi tersebut, siswa melakukan presensi di sekolah menggunakan finger print (sidik jari), kemudian sistem akan mengirim pesan pada smartphone orang tua/wali, sehingga orang tua/wali dapat dengan mudah memantau kehadiran putra-putrinya di sekolah. Sekolah juga lebih mudah dalam melakukan rekap kehadiran siswa pada akhir semester. Dengan menggunakan e-Presensi ini, diharapkan dapat meningkatkan tingkat kehadiran siswa dan menekan angka bolos sekolah, sehingga dalam jangka panjang dapat meningkatkan rata-rata lama sekolah (Mean Years Schooling/MYS) penduduk Kota Pekalongan.

Referensi

APJII. (2017, April 5). https://apjii.or.id/content/read/39/264/Survei-Internet-APJII-2016. Retrieved from https://apjii.or.id: https://apjii.or.id/content/read/39/264/Survei-Internet-APJII-2016

Association, M. M. (2008). Mobile Application. Mobile Marketing Association.

Efendi, M. U. (2014). Sistem Presensi Online berbasis Web Service dengan Integrasi antara Sistem Sidik Jari dan Login E-Learning. Jember: Universitas Jember.

Fajrin, T., & Nurina, A. F. (2012). Analisis Sistem Presensi dengan Sidik Jari Siswa SMK Negeri 2 Karanganyar. Indonesian Jurnal on Computer Science Speed.

Inc., G. (2016, Juli 26). https://developer.android.com/about/dashboards/index.html#Platform. Retrieved from https://developer.android.com: https://developer.android.com/about/dashboards/index.html#Platform

Kadir, A. (2014). From Zero To A Pro: Pemprograman Aplikasi Android. Yogyakarta: Andi Publisher.

Muhammad, N. A., & dkk. (2013). Pembuatan Aplikasi Presensi Perkuliahan Berbasis Finger Print (Studi Kasus: Jurusan Sistem Informasi ITS Surabaya). Jurnal Teknik POMITS.

Oktaviano, D. K. (2010). Pembuatan Aplikasi Absensi Online menggunakan Sensor Sidik Jari (Studi Kasus: SMA Ulul Albab). Surabaya: Universitas Pembangunan Nasional Veteran.

Pressman, R. S. (2012). Rekayasa Perangkat Lunak - Buku Satu, Pendekatan Praktisi . Yogyakarta: Andi Publisher.

Safaat, N. (2012). Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung: Informatika.

Sari, C. F., & Yulianto, L. (2013). Perancangan Sistem Informasi Absensi menggunakan Finger Print di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Penanaman Modal Kabupaten Pacitan. Surakarta: Universitas Surakarta.

Setyawan, A. H., & dll. (2013). Perancangan Aplikasi Sistem Presensi Mahasiswa menggunakan QR Code pada Sistem Operasi Android. Semarang: Universitas Diponegoro.

Statistik, B. P. (2017). Kota Pekalongan Dalam Angka Tahun 2017. Pekalongan: BPS Kota Pekalongan.

Statistik, B. P. (2016). Statistik Daerah Kota Pekalongan 2016. Pekalongan: BPS Kota Pekalongan.

Unduhan

Diterbitkan

2018-10-19

Cara Mengutip

Maulana, M. R., & Mulyani, E. (2018). Pengembangan E-Presensi berbasis Android untuk Monitoring Kehadiran Siswa Sekolah Menengah di Kota Pekalongan (Studi Kasus: SMP Islam Pekalongan). IC-Tech, 13(2). https://doi.org/10.47775/ictech.v13i2.40