PENERAPAN FRAMEWORK CODEIGNITER DAN LIBRARY ION AUTH PADA SISTEM INFORMASI MONITORING PENERIMA BEASISWA

Penulis

  • Eko Budi Susanto STMIK Widya Pratama
  • Mohammad Reza Maulana STMIK Widya Pratama
  • Paminto Agung Christianto STMIK Widya Pratama

DOI:

https://doi.org/10.47775/ictech.v13i2.39

Abstrak

Pemberian beasiswa merupakan peran pemerintah dalam menjamin hak setiap peserta didik dalam mendapatkan pendidikan yang berkualitas, namun perlu dipastikan bahwa pemberian beasiswa tersebut tepat sasaran dan memberikan dampak positif terhadap kegiatan akademik siswa yang bersangkutan, sehingga sangat diperlukan kegiatan monitoring bagi penerima beasiswa. Kegiatan ini sebagai bahan evaluasi terhadap pencapaian penerima beasiswa serta untuk pemberian beasiswa selanjutnya. Untuk itu, dalam penelitian ini akan dibangun sistem informasi monitoring penerima beasiswa yang menerapkan framework codeigniter dan library ion auth sebagai autentifikasi pada aplikasi tersebut. Pada hasil pengujian yang telah dilakukan dihasilkan bahwa sistem dapat berjalan dengan baik, sesuai dengan yang diharapkan.

Referensi

Edmunds, Ben. CodeIgniter-Ion-Auth. https://github.com/benedmunds/CodeIgniter-Ion-Auth, n.d.

Islam, Md. Rashedul. E-Health Care & Online Pharmacy. Aftabnagar: Department of Computer Science & Engineering East West University , 2017.

Republik Indonesia. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 30 Tahun 2010 Tentang Pemberian Bantuan Biaya Pendidikan Kepada Peserta Didik Yang Orang Tua Atau Walinya Tidak Mampu Membiayai Pendidikan. Jakarta: Sekretariat Negara, 2010.

—. Undang-Undang Republik Indonesia Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sekretariat Negara, 2003.

Sari, Mayang, and M. Muflih. "Sistem Informasi Manajemen Data Beasiswa Bidikmisi Pada Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad AL Banjari (UNISKA MAB) Banjarmasin." Al Ulum Sains dan Teknologi Vol. 2 No. 2 Mei 2017 (tidak diterbitkan), 2017.

Shodiq, Muchamad, Kodrat Iman Satoto, and Rinta Kridalukmana. Skripsi : SIMBES, Aplikasi Manajemen Beasiswa di Universitas Diponegoro Berbasis Framework Code Igneter dan MySQL. Semarang: Program Studi Sistem Komputer, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, 2009.

Sinarmata, Janner. Rekayasa Perangkat Lunak. Yogyakarta: Andi, 2010.

Wardhana, Helna, and Baiq Dinda Uswatun Hasanah. "Aplikasi Monitoring Penerima Beasiswa Bidikmisi Berbasis Web, Android, dan SMS Gateway." Jurnal Matrik Vol 16 No 1 Nov 2016, 2016.

Unduhan

Diterbitkan

2018-10-14

Cara Mengutip

Susanto, E. B., Maulana, M. R., & Christianto, P. A. (2018). PENERAPAN FRAMEWORK CODEIGNITER DAN LIBRARY ION AUTH PADA SISTEM INFORMASI MONITORING PENERIMA BEASISWA. IC-Tech, 13(2). https://doi.org/10.47775/ictech.v13i2.39