PEMANFAATAN KERANGKA KERJA TOGAF DALAM PERANCANGAN ARSITEKTUR APLIKASI KEMAHASISWAAN DAN ALUMNI (STUDI KASUS STMIK WIDYA PRATAMA PEKALONGAN)

Penulis

  • Christian Yulianto Rusli STMIK Widya Pratama
  • Risqiati Risqiati STMIK Widya Pratama
  • Prasturi Sulistyorini STMIK Widya Pratama

DOI:

https://doi.org/10.47775/ictech.v13i2.35

Abstrak

The Open Group Architecture Frameworf (TOGAF) merupakan salah satu metode untuk membangun atau mengimplementasikan arsitektur enterprise (blueprint TI/SI). Dengan adanya arsitektur enterprise akan tercipta keselarasan antara fungsi bisnis organisasi dengan teknologi informasi atau sistem informasi. Saat ini perekaman data kemahasiswaan dan alumni di STMIK Widya Pratama masih dilakukan secara manual Sistem pendokumentasian data kegiatan kemahasiswaan, prestasi, beasiswa, dan alumni masih saling dilakukan secara manual, dan belum terintegrasi dengan sistem informasi akademik, sehingga menyulitkan bagian kemahasiswaan dan alumni dalam pengeloaan datanya. Integrasi sistem informasi akademik dengan sistem informasi kemahasiswaan dan alumni bertujuan untuk mengurangi kesenjangan yang terjadi dalam hal pengembangan sistem pelaporan kegiatan kemahasiswaan dan alumni. Kesenjangan itu dapat dikurangi ini dengan merancang arsitektur aplikasi kemahaiswaan dan alumni. Penelitian ini bertujuan untuk merancang arsitektur aplikasi kemahasiswaan dan alumni guna mendukung proses bisnis pada fungsi kemahasiswaan dan alumni. Metode yang digunakan dalam perancancangan arsitektur aplikasi ini menggunakan metode TOGAF ADM.

Referensi

Group, O. (2009, Maret 31). The Open Group Architecture Framework : Architecture Development Method. Retrieved from http://www.opengroup.org/architecture/togaff9-doc/arch/.

Kourdi, H. (2007). Framework for Enterprise Architecture. IEEE.

Lankhorst L, Drunen V.H. (2007). Enterprise Architecture Development and Modelling : Combining TOGAF and Archimate.

Osvalds, G. (2001). Definition of Enterprise Architecture Centric Models for The System Engineers. TASC Inc.

Yunis, R., Surendro, K. (2008). Pemilihan Metodologi Pengembangan Enterprise Architecture untuk Indonesia. Prosiding SNIKA. Vol. 3, No.1, pp A53-A59.

Unduhan

Diterbitkan

2018-10-02

Cara Mengutip

Rusli, C. Y., Risqiati, R., & Sulistyorini, P. (2018). PEMANFAATAN KERANGKA KERJA TOGAF DALAM PERANCANGAN ARSITEKTUR APLIKASI KEMAHASISWAAN DAN ALUMNI (STUDI KASUS STMIK WIDYA PRATAMA PEKALONGAN). IC-Tech, 13(2). https://doi.org/10.47775/ictech.v13i2.35