PEMILIHAN E-MARKETPLACE BAGI PEDAGANG BATIK PEKALONGAN SEBAGAI USAHA PERLUASAN AKSES PASAR MENGGUNAKAN INTEGRASI METODE FUZZY AHP DAN FUZZY TOPSIS

Penulis

  • Nur Ika Royanti STMIK Widya Pratama
  • Era Yunianto STMIK Widya Pratama

DOI:

https://doi.org/10.47775/ictech.v13i2.34

Abstrak

Saat ini pedagang batik Pekalongan telah banyak yang melakukan adopsi pemasaran secara elektronik dengan memanfaatkan web. Namun, banyaknya kasus penipuan menjadikan tingkat kepercayaan konsumen menurun. untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan dapat menggunakan model e-marketplace. Kualitas suatu website e-marketplace mempengaruhi banyaknya pelanggan yang memutuskan untuk berbelanja melalui e-marketplace tersebut. Dimensi yang memperngaruhi kualitas suatu web e-marketplace antara lain service quality, system quality, information quality dan vendor-spesific quality. Dalam penelitian ini akan melakukan pemilihan e-marketplace bagi pedagang batik Pekalongan sebagai usaha perluasan akses pasar menggunakan integrasi metode fuzzy AHP dan fuzzy TOPSIS. Dalam pengumpulan data menggunakan kuesioner yang diberikan pada para pedagang batik Pekalongan. Dari hasil penelitian diperoleh data bahwa kriteria service quality memiliki bobot 28.4%, kriteria system quality memiliki bobot 23.1%, kriteria information quality memiliki bobot 25,1% dan kriteria vendor specific quality memiliki bobot  23,4%. Urutan perangkingan alternatif yaitu TP (CC 0.7543) , LAZ (CC 0.07535) dan BL (CC 0.07281). Hasil dari penelitian ini diharapkan menjadi rekomendasi bagi pedagang batik Pekalongan dalam pemilihan e-marketplace sebagai usaha perluasan pasar dan bagi para pengembang e-marketplace dalam menentukan strategi pengembangan web e-marketplace.

Referensi

Alexa.com. (2017). http://www.alexa.com/topsites/countries/ID. Dipetik May 2017, dari Alexa.com.

Alhasanah, J. (2014). Pengaruh Kegunaan, Kualitas Informasi Dan Kualitas Interaksi Layanan Web E-Commerce Terhadap. Jurnal Administrasi Bisnis, 15(2).

Alptekin, N. (2015). Evaluation of Websites Quality Using Fuzzy TOPSIS Method. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 5(8).

Aprianto, J. H., Gandhiadi, G., & Nilakusumawati, D. P. (2014, Jan). PEMILIHAN KRITERIA DALAM PEMBUATAN KARTU KREDIT DENGAN MENGGUNAKAN METODE FUZZY AHP. E-Jurnal Matematika, 3(1), 25-32.

Ayrafedi. (2009). Pengumpulan Keputusan. FT UI.

Buckley, J. (1985). Ranking Alternatives Using Fuzzy Numbers. Fuzzy Sets and Systems, 15, 21-31.

Chang, D. (1992). Extent Analysis and Synthetic Decision, Optimization Techniques and Applications. World Scientific, 1, hal. 352. Singapore.

Chang, K.-F., & Yang, H.-W. (2011). A study of cosmetic bundle by utilizing a fuzzy Analytic Hierarchy Process (AHP) to determine preference of product attributers toward customer value. African Journal of Business Management, 5(22), 8728-8739.

Dwi, R. B. (2003). Kewirausahaan Dari Sudut Pandang Psikilogi Kepribadian. Jakarta: Grasindo.

Jun, F. a. (2008, Dec 20-22). The Evaluation of B2C E-Commerce Web Sites Based on Fuzzy AHP. Computer Science and Computational Technology, ISCSCT '08., 2, 792 – 795.

Kusumadewi, S. (2006). Fuzzy Multi-Attribute Decision Making (Fuzzy MADM). Yogyakarta: Graha Ilmu.

Li, J. a. (2009). Fuzzy Analytical Hierarchy Process for Evaluating Online Bookstores. Management and Service Science, MASS '09, 1-4.

Malhotra, N. K. (2005). Riset Pemasaran : Pendekatan Terapan, Edisi 4. Klaten: Intan Sejati.

Mustafa, B. A. (2013, September). A Fuzzy AHP Approach For Supplier Selection Problem: A Case Study In A Gearmotor Company. International Journal of Managing Value and Supply Chains (IJMVSC), 4(3).

Osama, M. A. (2010). Key Factors for Developing a Successful E-commerce Website. Communications of the IBIMA, 2010.

Rosita, P. S. (2014). Benchmarking Website E-Commerce Menggunakan Teknik Pengukuran Webqual. SENTIKA.

Royanti, N. I. (2017). Pembobotan Kriteria Pemilihan Web Jual Beli dengan Menggunakan Metode Fuzzy AHP. Jurnal ICTech, 12(1).

Sevtian, F. (2011). Pengaruh E-commerce terhadap Tingkat Volume Penjualan Sandal Kelom Geulis Di CV Kelomgeulis Tasikmalaya. Jakarta: FPEB Universitas Pendidikan Indonesia.

Shukla, R. K., Garg, D., & Agarwal, A. (2014). An integrated approach of Fuzzy AHP and Fuzzy TOPSIS in modeling supply chain coordination. Production & Manufacturing Research, 2(1), 415–437.

Sukwadi, R. (2014). Integrasi Fuzzy AHP-TOPSIS dalam Evaluasi Kualitas Layanan Elektronik Rumah Sakit. Jurnal Teknik Industri, 15(1), 25-32.

Sulistyorini, P. (2014). Pengaruh Adopsi E-Commerce Terhadap Keberhasilan Usaha (Studi Kasus Pedagang Batik Di Pasar Grosir Setono). Jurnal LITBANG Kota Pekalongan, 7(1).

Sun, C.-C. (2009). Using Fuzzy TOPSIS Method for Evaluating the Competitive Advantages of Shopping Website. Expert Systems with Applications 36.

Taryadi. (2015). Analisis Tingkat Kesiapan Adopsi e-Marketplace UMKM Batik di Kota Pekalongan. Jurnal Litbang Kota Pekalongan, 8(1).

Vatansever, K. d. (2014). Applying fuzzy analytic hierarchy process for evaluating service quality of private shopping website quality: a case study in turkey. Journal of Business, Economics & Finance.

Yudhistira, T. L. (2000). The Development of Fuzzy AHP using Non-Additive Weight and Fuzzy Score. Jakarta: INSAHP.

Unduhan

Diterbitkan

2018-10-02

Cara Mengutip

Royanti, N. I., & Yunianto, E. (2018). PEMILIHAN E-MARKETPLACE BAGI PEDAGANG BATIK PEKALONGAN SEBAGAI USAHA PERLUASAN AKSES PASAR MENGGUNAKAN INTEGRASI METODE FUZZY AHP DAN FUZZY TOPSIS. IC-Tech, 13(2). https://doi.org/10.47775/ictech.v13i2.34