Development of FAQ Services on the ADIA LLDIKTI Region III Website Using a Dialogflow-Based Chatbot
DOI:
https://doi.org/10.47775/ictech.v20i1.330Keywords:
Chatbot, Dialogflow, FAQ, WebsiteAbstract
Keterbatasan fitur FAQ statis pada website Anti Dosa Pendidikan dan Integritas Akademik (ADIA) LLDIKTI Wilayah III dalam menjawab pertanyaan pengguna secara interaktif menjadi masalah utama dalam penyampaian informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan chatbot berbasis Dialogflow yang terintegrasi dengan website ADIA guna meningkatkan efektivitas dan responsivitas layanan informasi. Pengembangan dilakukan melalui tahapan pengumpulan data, perancangan intent, implementasi chatbot dalam platform Dialogflow, dan integrasi ke situs WordPress. Dialogflow Essentials memanfaatkan algoritma klasifikasi intent berbasis word embeddings dan neural network untuk memproses input pengguna secara semantik. Evaluasi dilakukan melalui pengujian fungsionalitas, pengukuran akurasi menggunakan precision, recall, F1-score, serta penilaian pengguna. Hasil menunjukkan chatbot mampu merespons dengan akurasi 100% pada data pelatihan, namun menurun menjadi 83% pada pertanyaan parafrase. Survei dari 10 pengguna menunjukkan bahwa 80% responden merasa puas terhadap performa chatbot. Temuan ini menegaskan bahwa chatbot berbasis Dialogflow dapat meningkatkan aksesibilitas informasi, meskipun masih memerlukan pengembangan lanjutan dalam pemahaman variasi bahasa alami
References
Guntara, Rangga Gelar. 2022. “Aplikasi Chatbot Konsultan Bisnis Untuk UMKM Berbasis Dialogflow Pada Platform Android.” Indonesian Journal of Digital Business 2 (1): 9–16.
Hikmah, Nuzul, Dyah Ariyanti, and Ferry Agus Pratama. 2022. “Implementasi Chatbot Sebagai Virtual Assistant Di Universitas Panca Marga Probolinggo Menggunakan Metode TF-IDF.” JTIM?: Jurnal Teknologi Informasi Dan Multimedia 4 (2): 133–48. https://doi.org/10.35746/jtim.v4i2.225.
Prasetyo, Vincentius Riandaru, Njoto Benarkah, and Vioni Jannet Chrisintha. 2021. “Implementasi Natural Language Processing Dalam Pembuatan Chatbot Pada Program Information Technology Universitas Surabaya.” Teknika 10 (2): 114–21. https://doi.org/10.34148/teknika.v10i2.370.
Rosyadi, Hudan Eka, Fikri Amrullah, Ronald David Marcus, and Rizal Rahman Affandi. 2020. “Rancang Bangun Chatbot Informasi Lowongan Pekerjaan Berbasis Whatsapp Dengan Metode NLP (Natural Language Processing).” BRILIANT: Jurnal Riset Dan Konseptual 5 (3): 619–26. https://doi.org/10.28926/briliant.v5i3.487.
Sarosa, Moechammad, Achmad Suyono, Mila Kusumawardani, and Zamah Sari. 2020. “Implementasi Chatbot Pembelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Media Sosial.” Jurnal Edukasi Dan Penelitian Informatika (JEPIN) 6 (3): 317–22. https://doi.org/10.26418/jp.v6i3.43191.
Syarof, Hugo Irfenz, and Isram Rasal. 2024. “Aplikasi Chatbot Sebagai Layanan Informasi Virtual Pada Website Infinite Learning.” Edumatic: Jurnal Pendidikan Informatika 8 (1): 56–64. https://doi.org/10.29408/edumatic.v8i1.25215.
Yuniar, Eka, and Heri Purnomo. 2019. “Implementasi Chatbot ‘Alitta’ Asisten Virtual Dari Balittas Sebagai Pusat Informasi Di Balittas.” ANTIVIRUS: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika 12 (1): 24–35.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dimas Rizky Febrian, Isram Rasal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.