PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANIMASI MENGGUNAKAN SPARKOL VIDEOSCRIBE UNTUK PENGENALAN RAMBU LALU LINTAS

Authors

  • Ari Putra Wibowo Institut Widya Pratama
  • Arief Soma Darmawan Institut Widya Pratama
  • Wahyu Setianto Institut Widya Pratama
  • Muhammad Faizal Kurniawan Institut Widya Pratama

Abstract

Media pembelajaran adalah alat penting untuk menyampaikan informasi dan pesan dalam proses belajar. Pemanfaatan teknologi dan informasi sebagai media pembelajaran menjadi hal yang penting untuk membuat proses belajar lebih menarik dan tidak bergantung hanya pada guru. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Model ADDIE ini memiliki lima tahapan: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Adapun sampel penelitian ini adalah Himpaudi Kecamatan Kedungwuni dan data ataupun problem yang dibahas pada penelitian ini adalah berkaitan dengan pembelajaran pengenalan rambu lalu lintas. Media pembelajaran animasi bisa digunakan sebagai alternativ bagi guru dalam menyampaikan materi kepada siswa, karena sudah dilakukan uji validasi oleh ahli media dan ahli materi. Hasil dari ahli media diperoleh prosentase sebesar 79% dengan kualifikasi layak. Sedangkan hasil dari ahli materi diperoleh prosentase sebesar 87,5% dengan kualifikasi sangat layak.

References

Hidayati, Amilia Sholikh, Eka Pramono Adi, and Henry Praherdhiono. 2019. “Pengembangan Media Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Gaya Kela IV Di SDN Sukoiber 1 Jombang.” Jinotep 6 (1): 45–50. http://journal2.um.ac.id/index.php/jinotep/index.

Hidayatullah, Muhammad. 2017. “Studi Literatur: Pengembangan Media Pembelajaran Dengan Video Animasi Powtoon.” Skripsi 14 (1): 55–64.

Liesdiani, Dian, Erliany Syaodih, and Popon Mariam. 2016. “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Audio Visual Powtoon Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran.

Mashuri, Delila Khoiriyah, and Budiyono. 2020. “Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Materi Volume Bangun Ruang Untuk SD Kelas V.” Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 8 (5): 893–903. file:///D:/Semester 7/jurnal kajian relevan/32509-78001-1-PB (1).pdf.

Munawwarah, Rofiqah Al. 2019. “Sparkol Videoscribe Sebagai Media Pembelajaran.” Jurnal Inspiratif Pendidikan 8 (2): 430–37.

Ponza, Putu Jerry Radita, I Nyoman Jampel, and I Komang Sudarma. 2018. “Pengembangan Media Video Animasi Pada Pembelajaran Siswa Kelas IVDi Sekolah Dasar.” Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha 6 (1): 9–19.

Titin, and Ega Safitri. 2021. “Pengembangan Media Pembelajaran Dengan Video Animasi Powtoon.” Jurnal Inovasi Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat 1 (2): 74–80. https://doi.org/10.53621/jippmas.v1i2.12.

Zahwa, Feriska Achlikul, and Imam Syafi’i. 2022. “Pemilihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi.” Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi 19 (01): 61–78. https://doi.org/10.25134/equi.v19i01.3963.

Downloads

Published

2025-05-07

How to Cite

Ari Putra Wibowo, Darmawan, A. S., Wahyu Setianto, & Muhammad Faizal Kurniawan. (2025). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANIMASI MENGGUNAKAN SPARKOL VIDEOSCRIBE UNTUK PENGENALAN RAMBU LALU LINTAS. IC Tech: Majalah Ilmiah, 20(1), 11–15. Retrieved from https://ejournal.stmik-wp.ac.id/index.php/ictech/article/view/329