ANALISIS DAMPAK PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA (Studi Kasus di STMIK Widya Pratama Pekalongan)

Penulis

  • Victorianus Aries Siswanto STMIK Widya Pratama
  • Tri Pudji Wahjuningsihn STMIK Widya Pratama

DOI:

https://doi.org/10.47775/ictech.v19i1.295

Kata Kunci:

Dampak, Media Sosial, Regresi Berganda , Prestasi akademik

Abstrak

Media sosial merupakan sebuah media yang mampu digunakan untuk berbagai keperluan, diantaranya komunikasi, berbagi informasi, berbagi foto dan sebagainya. Media sosial juga digunakan didalam dunia pendidikan. Media sosial yang sering digunakan didalam dunia pendidikan antara lain Whatsapp, Youtube, dan sebagainya. Namun disisi lain media sosial ini bisa menjadi momok yang menakutkan karena beberapa mahasiswa menyalahgunakan media sosial ini bukan untuk belajar. Apalagi mereka yang telah kecanduan menggunakan sosial media. Hal ini tentunya akan berpengaruh terhadap waktu belajar dan prestasi mereka. Dengan permasalahan tersebut akan dilakukan penelitian mengenai dampak media sosial ditinjau dari komunikasi, berbagi materi dan kemudahan pengguna terhadap prestasi akademik mahasiswa. Sampel pada penetiaan ini mahasiswa Strata 1 Program Studi Teknik Informatika dan Sistem Informasi diperoleh 131 mahasiswa. Pengumpulan data  melalui Google form. Selanjutnya dilakukan  pengujian dengan uji validitas, reliabilitas dan normalitas, perhitungan statistik deskriptif dan analisa regresi berganda. Pengolahan analisis deskriptif dihasilkan penggunaan media sosial  berdampak positif terhadap prestasi akademik mahasiswa dibuktikan dengan indeks prestasi (IPK) sebanyak (88,3%)  mendapat IPK yang baik berkisar 3,0 – 4,0. Prosentase macam media sosial yang digunakan mahasiswa 62,6%nya menggunakan whatshap, instagram sebanyak 17,6% dan 20,8 media sosial lain. Uji parsial terdapat pengaruh  komunikasi terhadap prestasi akademik mahasiswa (sig.0,000<0,05) , Tidak terdapat pengaruh berbagi materi dengan prestasi akademik (sig.0,122>0,05) dan terdapat pengaruh kemudahan pengguna terhadap prestasi akademik mahasiswa (sig.0,000<0,05). Mahasiswa diharapkan ke depan harus tetap bijak dalam menggunakan media sosial untuk hal-hal yang positif dan secara benar dimanfaatkan sebagai media belajar sehingga dapat mempertahankan  prestasi akademiknya.

Referensi

Al-Rahmi, Waleed Mugahed, Noraffandy Yahaya, Mahdi M. Alamri, Ibrahim Youssef Alyoussef, Ali Mugahed Al-Rahmi, and Yusri Bin Kamin. 2021. “Integrating Innovation Diffusion Theory with Technology Acceptance Model: Supporting Students’ Attitude towards Using a Massive Open Online Courses (MOOCs) Systems.” Interactive Learning Environments 29 (8): 1380–92. https://doi.org/10.1080/10494820.2019.1629599.

Alawamleh, Mohammad, Lana Mohannad Al-Twait, and Gharam Raafat Al-Saht. 2022. “The Effect of Online Learning on Communication between Instructors and Students during Covid-19 Pandemic.” Asian Education and Development Studies 11 (2): 380–400. https://doi.org/10.1108/AEDS-06-2020-0131.

Gloria, Suita Allemina, and Surya Akbar. 2019. “The Impact of Social Media Usage To Academic Performance.” Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia: The Indonesian Journal of Medical Education 8 (2): 68. https://doi.org/10.22146/jpki.45497.

Mendoza, Muhammad Dominique, Olnes Yosefa Hutajulu, Azmi Rizky Lubis, Reni Rahmadani, and Tansa Trisna Astono Putri. 2022. “Pengaruh Penggunaan Media Sosial Dalam Pendidikan Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa.” Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) 15 (2): 68. https://doi.org/10.24114/jtp.v15i2.39120.

Nurshodiq, Wahid. 2019. “Dampak Media Sosial,” 35–44.

Rahartri. 2019. “‘Whatsapp’ Media Komunikasi Efektif Masa Kini (Studi Kasus Pada Layanan Jasa Informasi Ilmiah Di Kawasan Puspiptek).” Visi Pustaka 21 (2): 147–56.

Rochman, Muhammad Askuri Nur, Muhammad Sabandi, and Dini Octoria. 2023. “Pengaruh Penggunaan Media Sosial Dan Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Dimediasi Motivasi.” Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE) 11 (3): 254–62. https://doi.org/10.26740/jupe.v11n3.p254-262.

Sá, Maria José, and Sandro Serpa. 2020. “The Covid-19 Pandemic as an Opportunity to Foster the Sustainable Development of Teaching in Higher Education.” Sustainability (Switzerland) 12 (20): 1–16. https://doi.org/10.3390/su12208525.

Shen, Jie. 2019. “Social-Media Use and Academic Performance among Undergraduates in Biology.” Biochemistry and Molecular Biology Education 47 (6): 615–19. https://doi.org/10.1002/bmb.21293.

Wibisono, Taufik, and Yani Sri Mulyani. 2018. “ANALISIS DAMPAK PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL.” Jurnal Ekonomi Manajemen 4 (Mei): 1–7.

Unduhan

Diterbitkan

2024-04-30

Cara Mengutip

Aries Siswanto, V., & Wahjuningsihn, T. P. (2024). ANALISIS DAMPAK PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA (Studi Kasus di STMIK Widya Pratama Pekalongan) . IC-Tech, 19(1), 45–52. https://doi.org/10.47775/ictech.v19i1.295