IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PRODUKSI PADA BATIK TV MENGGUNAKAN METODE WATERFALL
DOI:
https://doi.org/10.47775/ictech.v19i1.293Kata Kunci:
sistem informasi, waterfall, Batik TV, sistem produksiAbstrak
Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) Batik TV Pekalongan adalah sebuah televisi lokal yang beroperasi di bawah naungan Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Pekalongan. Batik TV Pekalongan telah mengalami perkembangan dengan beralih dari siaran TV Analog ke siaran Digital. Meskipun demikian, di balik peralihannya dari siaran Analog ke siaran Digital, masih terdapat beberapa kegiatan didalamnya yang belum memanfaatkan teknologi secara maksimal atau masih menggunakan metode lama seperti halnya dalam hal penjadwalan produksi yang masih menggunakan pencatatan manual dan belum terdapat backup data teromputerisasi, sehingga data belum terintegrasi dengan baik. Beberapa kegiatan manajemen produksi yang dilakukan oleh Batik TV juga masih menggunakan metode manual dan belum mengimplementasikan sistem terkomputerisasi. Beberapa kegiatan tersebut meliputi perencanaan jadwal produksi program, penjadwalan tayang dan pembuatan laporan tayangan. Dalam optimalisasi kegiatan produksi, diperlukan sebuah sistem yang terkomputerisasi yang dapat mengintegrasikan dan mengelola semua data produksi dengan metode Waterfall menggunakan framework Codeignbiter. Dengan sistem tersebut, diharapkan proses perencanaan jadwal produksi, penjadwalan tayang dan pembuatan laporan tayangan dapat dilakukan dengan lebih cepat, efisien.
Referensi
Audrilia, M., & Budiman, A. (2020). Perancangan Sistem Informasi Manajemen Bengkel Berbasis Web (Studi Kasus : Bengkel Anugrah). Jurnal Madani : Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Humaniora, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.33753/madani.v3i1.78
Durbin Hutagalung, D., & Arif, F. (2018). Rancang Bangun Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Web pada SMK Citra Negara Depok. In Jurnal Rekayasa Informasi (Vol. 7, Issue 1). http://www.php.net.
Dwi Wijaya, Y., & Wardah Astuti, M. (2021). Pengujian Blackbox Sistem Informasi Penilaian Kinerja Karyawan PT Inka (Persero) Berbasi Equivalence Partitions. Jurnal Digital Teknologi Informasi, 4.
Nestary, N. (2020). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Pada Toko Stock Point Lily Berbasis PHP MYSQL. Jurnal Ilmu Komputer Dan Bisnis, 11.
Prihandoyo, M. T. (2018). Unified Modeling Language(UML) Model Untuk Pengembangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web. Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT (JPIT), 3.
Shadiq, J., Safei, A., Wahyudin Ratu Loly, R., sitasi, C., Rwr, L., & Aplikasi Peminjaman Kendaraan Operasional Kantor Menggunakan BlackBox Testing, P. (2021). Pengujian Aplikasi Peminjaman Kendaraan Operasional Kantor Menggunakan BlackBox Testing. Information Management for Educators and Professionals, 5(2), 97–110.
Suhartini, Sadali, M., & Kuspandi Putra, Y. (2020). Sistem Informasi Berbasis Web SMA Al-Mukhtariyah Mamben Lauk Berbasis Php dan Mysql Dengan Framework Codeigniter. Infotek : Jurnal Informatika Dan Teknologi, 3, 79–83.
Suryadi, A., & Zulaikhah, Y. S. (2019). Rancang Bangun Sistem Pengelolaan Arsip Surat Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall (Studi kasus : Kantor Desa Karangrau Banyumas). VII(1).
Susilo, M., & Kurniati, R. (2018). Rancang Bangun Website Toko Online Menggunakan Metode Waterfall (Vol. 2, Issue 2).
Usnaini, M., Yasin, V., & Sianipar, A. Z. (2021). Perancangan sistem informasi inventarisasi aset berbasis web menggunakan metode waterfall. Jurnal Manajamen Informatika Jayakarta, 1(1), 36. https://doi.org/10.52362/jmijayakarta.v1i1.415
Wira, D., Putra, T., & Andriani, R. (2019). Unified Modelling Language (UML) dalam Perancangan Sistem Informasi Permohonan Pembayaran Restitusi SPPD. 7(1)
Yuniva, I., Syafi, A., Serpong, B., Sektor, D., Blok, X., Letnan Sutopo, J., Serpong, B., & Selatan, T. (2018). Pendekatan Model Waterfall Dalam Perancangan Web Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru Menggunakan Framework Bootstrap. XX(1).
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Hadi Amrullah, Abdul Razak Naufal, Devi Astri Nawangnugraeni
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.