Artikel Penelitian Metode Design Thinking Sebagai Solusi Pengelolaan, Pemilahan dan Pengiriman Sampah di Kabupaten Pati
DOI:
https://doi.org/10.47775/ictech.v19i1.292Kata Kunci:
Design Thinking, UI/UX, System Usability Scale, Heuristic Evaluation, SampahAbstrak
Pertumbuhan penduduk Indonesia yang tinggi yang berakibat pada meningkatnya konsumsi. Peningkatan konsumsi menghasilkan berbagai jenis sampah sehingga menjadi permasalahan sampah menjadi lebih rumit. Pengelolaan sampah di Kabupaten Pati masih menganut pola pengelolaan sampah linear dan belum sesuai dengan peraturan pemerintah menjadikan permasalahan sampah semakin tidak teratasi. Sampah merupakan sisa yang dihasilkan dari suatu proses produksi baik domestik maupun industri. Berdasarkan permasalahan tersebut, penulis memberikan solusi berupa perancangan web mobile pengiriman sampah menggunakan metode Design Thinking. Metode Design Thinking terdiri dari 5 tahapan yaitu empathize, define, ideate, prototype dan testing. Perancangan ini membutuhkan validasi dari pengguna dan ahli dibidang UI/UX untuk mengetahui apakah web mobile ini layak dijalankan atau tidak. Web mobile pengiriman sampah memiliki beberapa fitur seperti kirim sampah, jemput sampah, reward, mitra terdekat, berita dan tutorial. Validasi prototype menggunakan System Usability Scale (SUS) dan Heuristic Evaluation yang mendapatkan nilai SUS sebesar 80,5 dengan kategori acceptability ranges yang tinggi, grade scale dengan kategori B atau excellent yang berarti sudah cukup memenuhi kebutuhan dan adjective ratings mendapatkan hasil excellent. Sedangkan nilai HE sebesar 0,865 termasuk kategori cosmetic problem dimana dimana terdapat masalah yang tidak mempengaruhi kenyamanan dan perbaikan tidak dibutuhkan.
Referensi
A. S. C. Rizky and A. A. Sigit, “Analisis Lokasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Kecamatan Margorejo Kabupaten Pati Menggunakan Aplikasi Sistem Informasi Geografis.” Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2022.
BPS, “Laju Pertumbuhan Penduduk (Persen), 2020-2022,” Badan Pusat Statistik, 2022. https://www.bps.go.id/indicator/12/1976/1/laju-pertumbuhan-penduduk.html (accessed Apr. 30, 2023).
R. P. Mahyudin, “Kajian permasalahan pengelolaan sampah dan dampak lingkungan di TPA (Tempat Pemrosesan Akhir),” Jukung (Jurnal Tek. Lingkungan), vol. 3, no. 1, 2017.
D. L. H. K. K. Progo, “Kajian Timbulan Sampah Harian Permukiman Kulon Progo.” Kulon Progo: Dinas Lingkungan Hidup, 2017.
SIPSN, “Capaian Kinerja Pengelolaan Sampah,” Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional, 2022. https://sipsn.menlhk.go.id/sipsn/ (accessed May 03, 2023).
A. F. Agustin, A. Nurlailia, and L. Sulistyorini, “Analisis pengetahuan, sikap, dan ketersediaan sarana dengan tindakan pengelolaan sampah rumah tangga serta dampaknya pada masyarakat,” J. Ilm. Permas J. Ilm. STIKES Kendal, vol. 12, no. 2, pp. 335–346, 2022.
SIPSN, “Timbulan Sampah,” Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional, 2022. https://sipsn.menlhk.go.id/sipsn/public/data/timbulan.
M. N. Faisal, A. P. Kharisma, and F. Al Huda, “Perancangan Antarmuka Aplikasi Perangkat Bergerak Pengelolaan Sampah MyGarbage menggunakan Metode Human Centered Design (HCD)(Studi Kasus: Warga Perumahan Juanda Harapan Permai, Sidoarjo),” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput. e-ISSN, vol. 2548, p. 964X.
R. I. E. Saragih et al., “Perancangan Desain User Interface Dan User Experience Pada Aplikasi Jasa Pengangkutan Sampah Trash Care,” METHOMIKA J. Manaj. Inform. Komputerisasi Akunt., vol. 4, no. 1, pp. 47–55, 2020.
J. Theomas, M. R. Kurniawan, S. N. Novianti, and T. Humaira, “Perancangan Desain Aplikasi Tempat Sampah Digital ‘E-Trash Bin’ dengan Metode SCAMPER,” J. Ilm. Teknol. Inf. dan Robot., vol. 3, no. 1, pp. 34–41, 2021.
T. C. Bragi, “TA: Penerapan Design Thinking pada Evaluasi dan Perbaikan Desain Antarmuka pada Aplikasi GOBIS.” Universitas Dinamika, 2023.
Unduhan
Diterbitkan
Versi
- 2024-04-30 (2)
- 2024-05-31 (1)
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Luthfiatul Mustaghfiroh, Bijanto, Ellen Proborini
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.