ANALISIS MEMORY PERFORM BROWSER PADA PENGGUNAAN AUDIO WEB PROGRAMMING

Penulis

  • Ichwan Kurniawan STMIK Widya Pratama
  • Much. Rifqi Maulana STMIK Widya Pratama
  • Arochman Arochman STMIK Widya Pratama

DOI:

https://doi.org/10.47775/ictech.v19i1.286

Kata Kunci:

Audio Programming, Sound Effect, Gama Development

Abstrak

Sebuah game dikembangkan dengan melibatkan banyak asset, salah satunya pemanfaatan audio dalam pengembangan game. Pembuatan efek suara dalam sebuah game dilakukan dengan merekamnya secara terpisah dengan proses pengembangan game, hal ini dapat memakan waktu dan sangat tidak efisien untuk diselesaikan. Oleh karena itu, pembuatan efek suara dinamis diperlukan untuk mempersingkat waktu produksi dan menyelesaikan game lebih cepat. Dengan mengkombinasikan audio dengan pemrograman memungkinkan penyajian audio dalam sebuah game dapat disajikan secara dinamis, hal ini dikarenakan dengan algoritma pemrograman audio dapat dikontrol berdasarakan waktu, kejadian dan prilaku tertentu dalam sebuah game. Hasil dari Analisis perform memory browser dalam menjalankan file notasi suara mupun kode frekuensi notasi suara adalah jika dilihat perbadingan rata-rata browser google chorme pada saat penggunaan array memiliki rata-rata 405,92 kb untuk browser google chorme, hal ini menujukkan bahwa terdapat perbedaan yang sanyat besar terhadap penggunaan memory array dalam menjalankan file dan frekuensi. Penggunaan file audio menunjukkan bahwa dalam file load audio membutuhkan memory array yang cukup besar, sedangkan dalam penggunaan frekuensi audio menunjukkan bawah frekuensi load audio tidak membutuhkan memory array yang tidak begitu besar

Referensi

Aline, H., Dombrowsky, A., & Sporka, A. (2021). Soundoku: A sound puzzle game. 2021 IEEE Conference on Games (CoG). Copenhagen, Denmark: IEEE. doi:10.1109/CoG52621.2021.9618984

Huang, M.-T., & Cheng, C.-W. (2022). Influence of Sound Direction and Distance on Immersive Experience in VR Gaming. 2022 IEEE 5th International Conference on Knowledge Innovation and Invention (ICKII ). Hualien, Taiwan: IEEE. doi:10.1109/ICKII55100.2022.9983604

Khan, I., Nguyen, T., Dai, X., & Thawonmas, R. (2022). DareFightingICE Competition: A Fighting Game Sound Design and AI Competition. 2022 IEEE Conference on Games (CoG). Beijing, China: IEEE. doi:10.1109/CoG51982.2022.9893624

Makhmutov, M., Brown, J. A., Surkov, M., Timchenko, A., & Timchenko, K. (2022). Adaptive Game Soundtrack Tempo Based on Players’ Actions. 2022 IEEE Conference on Games (CoG). Beijing, China: IEEE. doi:10.1109/CoG51982.2022.9893604

Pramana, F. S., Yuniarno, M. E., Nugroho, S. M., & Suprapto, Y. K. (2022). Dynamic Sound Effect Based on Distance of Interactive Object using Linear Interpolation Method in Unity3D. 2022 International Conference on Computer Engineering, Network, and Intelligent Multimedia (CENIM). Surabaya, Indonesia: IEEE. doi:10.1109/CENIM56801.2022.10037563

Unduhan

Diterbitkan

2024-04-30

Cara Mengutip

Kurniawan, I., Maulana, M. R., & Arochman, A. (2024). ANALISIS MEMORY PERFORM BROWSER PADA PENGGUNAAN AUDIO WEB PROGRAMMING . IC-Tech, 19(1), 34–38. https://doi.org/10.47775/ictech.v19i1.286