PEMILIHAN EMARKETPLACE TERBAIK DENGAN METODE EVALUATION BASED ON DISTANCE FROM AVERAGE SOLUTION (EDAS)

Penulis

  • Era Yunianto
  • Taryadi STMIK Widya Pratama

DOI:

https://doi.org/10.47775/ictech.v18i2.284

Kata Kunci:

Pemilihan emarketplace, EDAS.

Abstrak

Terjadi peningkatan jumlah pengguna, nilai transaksi dan volume transaksi dari ecommerce di Indonesia pada tahun 2022. Dari usaha yang menggunakan ecommerce di Indonesia,  19,75% usaha menggunakan jenis emarketplace. Kelebihan dari emarketplace yaitu memberikan kemudahan dalam pencarian produk yang dibutuhkan. Banyaknya emarketplace membuat konsumen bingung memilih. Terdapat 11 kriteria yang dapat dipergunakan dalam pemilihan emarketplace terbaik. Namun dengan banyaknya kriteria, terkadang membuat bingung para pengusaha. Dalam pemilihan emarketplace sebagai media promosi dan penjualan harus dipertimbangkan dengan baik, karena berpengaruh ke profitabilitas bisnis mereka. Pengusaha dapat mempergunakan sistem pendukung keputusan sebagai pertimbangan dalam pemilihan emarketplace. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah Evaluation based on Distance from Average Solution (EDAS). Dari hasil penelitian, telah diketahui bobot kepentingan dari 11 kriteria yang dipertimbangkan dalam pemilihan emarketplace. Kriteria informasi produk merupakan kriteria yang paling berpengaruh. Alternatif SH merupakan alternatif terbaik sebagai media promosi dan penjualan. Hasil penelitian dapat menjadi pertimbangan bagi pengusaha dalam memilih emarketplace terbaik sebagai media promosi dan penjualan.

Referensi

Adi Ahdiat. 2023. “E-Commerce Dengan Pengunjung Terbanyak Di Indonesia.” Https://Databoks.Katadata.Co.Id/Datapublish/2023/05/03/5-e-Commerce-Dengan-Pengunjung-Terbanyak-Kuartal-i-2023. May 3, 2023.

Amir, Amir, Khairul Rizal, and Ade Cristian. 2014. “Pemilihan Penyedia Online Shop Prioritas Dengan Metode Analytic Hierarchy Prosess (AHP).” Konferensi Nasional Ilmu Sosial Dan Teknologi 1 (1).

Badan Pusat Statistik. 2023. Statistik ECommerce 2022/2023. Jakarta: Badan Pusat Statistik. https://www.bps.go.id/publication/2023/09/18/f3b02f2b6706e104ea9d5b74/statistik-ecommerce-2022-2023.html.

Chaeruddin, Sultan, Icih Sukarsih, and Respitawulan Respitawulan. 2021. “Pemilihan Marketplace Di Masa Pandemi Covid-19 Menggunakan Metode MOORA.” CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science) 6 (2): 1–6.

Hatammimi, Jurry, and Sintyas Dita Purnama. 2022. “Factors Affecting Prospective Entrepreneurs to Utilize E-Marketplace: A Study of Business School Students in Indonesia.” International Journal of Research in Business and Social Science (2147-4478) 11 (1): 1–11.

iPrice insights. 2017. “State of ECommerce in Southeast Asia 2017.” IPrice Insights.

Kahraman, Cengiz, Sezi Çevik Onar, and Ba?ar Öztay?i. 2018. “B2C Marketplace Prioritization Using Hesitant Fuzzy Linguistic AHP.” International Journal of Fuzzy Systems 20 (7): 2202–15.

Karabasevic, Darjan, Edmundas Kazimieras Zavadskas, Dragisa Stanujkic, Gabrijela Popovic, and Miodrag Brzakovic. 2018. “An Approach to Personnel Selection in the IT Industry Based on the EDAS Method.” Transformations in Business & Economics 17: 54–65.

Keshavarz Ghorabaee, Mehdi, Edmundas Kazimieras Zavadskas, Laya Olfat, and Zenonas Turskis. 2015. “Multi-Criteria Inventory Classification Using a New Method of Evaluation Based on Distance from Average Solution (EDAS).” Informatica 26 (3): 435–51.

Keshavarz-Ghorabaee, Mehdi, Maghsoud Amiri, Edmundas Kazimieras Zavadskas, Zenonas Turskis, and Jurgita Antucheviciene. 2018. “A Comparative Analysis of the Rank Reversal Phenomenon in the EDAS and TOPSIS Methods.” Economic Computation & Economic Cybernetics Studies & Research 52 (3).

Koçak, S, A Kazaz, and S Ulubeyli. 2018. “Subcontractor Selection with Additive Ratio Assessment Method.” Journal of Construction Engineering, Management & Innovation 1 (1): 18–32.

Kurniawan, Alma, Rudy C Tarumingkeng, and Gidion P Adirinekso. 2022. “Identification of Competitive Strengths 5 Best Marketplace in DKI Jakarta.” Britain International of Humanities and Social Sciences (BIoHS) Journal 4 (1): 13–25.

Lazuardhi Utama. 2023. “Nilai Transaksi E-Commerce Indonesia Diprediksi Tembus Rp572 Triliun Di 2023.” Https://Www.Viva.Co.Id/Digital/Startup/1645145-Nilai-Transaksi-e-Commerce-Indonesia-Diprediksi-Tembus-Rp572-Triliun-Di-2023. October 8, 2023.

Monavia Ayu Rizaty. 2023. “Transaksi E-Commerce RI Tak Capai Target Pada 2022.” Https://Dataindonesia.Id/Ekonomi-Digital/Detail/Transaksi-Ecommerce-Ri-Tak-Capai-Target-Pada-2022. January 24, 2023.

Prihastomo, Yoga, Achmad Nizar Hidayanto, and Harjanto Prabowo. 2018. “The Key Success Factors in E-Marketplace Implementation: A Systematic Literature Review.” In 2018 International Conference on Information Management and Technology (ICIMTech), 443–48. IEEE.

Ridhwan Mustajab. 2023. “Pengguna E-Commerce RI Diproyeksi Capai 196,47 Juta Pada 2023.” Https://Dataindonesia.Id/Ekonomi-Digital/Detail/Pengguna-Ecommerce-Ri-Diproyeksi-Capai-19647-Juta-Pada-2023. September 4, 2023.

Štili?, An?elka, Miloš Nici?, Borko Zimonji?, and Angelina Njeguš. 2019. “Application of Multi-Criteria Method EDAS in Tourism Industry Candidates’ Ranking and the Introduction of Corrective Step.” Turisti?ko Poslovanje, no. 23: 61–75.

Sukmawati, Adriana Hadi. 2020. “Combination of the SAW and TOPSIS Method For Determining The Best Marketplace Recommendations.” In Journal of Physics: Conference Series, 1641:12004. IOP Publishing.

Syamila, Zahra Wafda, Fauziah Fauziah, and Novi Dian Natashia. 2021. “Analisis Pemilihan Marketplace Terbaik Pada Masa Pandemi COVID-19 Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW), Technique for Others Reference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS) Dan Weighted Product (WP).” Jurnal JTIK (Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi) 5 (2): 153–63.

Torkayesh, Ali Ebadi, Muhammet Deveci, Selman Karagoz, and Jurgita Antucheviciene. 2023. “A State-of-the-Art Survey of Evaluation Based on Distance from Average Solution (EDAS): Developments and Applications.” Expert Systems with Applications, 119724.

Yunianto, Era, Taryadi Taryadi, and Nur Ika Royanti. 2022. “STRATEGI PEMILIHAN EMARKETPLACE MENGGUNAKAN METODE ARAS ( ADDITIVE RATIO ASSESSMENT ).” IC-Tech 17 (1): 24–29. https://doi.org/10.47775/ictech.v17i1.237.

Unduhan

Diterbitkan

2023-10-30

Cara Mengutip

Yunianto, E., & Taryadi. (2023). PEMILIHAN EMARKETPLACE TERBAIK DENGAN METODE EVALUATION BASED ON DISTANCE FROM AVERAGE SOLUTION (EDAS). IC-Tech, 18(2), 8–14. https://doi.org/10.47775/ictech.v18i2.284