PENERAPAN METODE K-MEANS UNTUK SEGMENTASI KELUHAN PELANGGAN (STUDI KASUS : HANATEX)

Penulis

  • Nur Ika Royanti STMIK Widya Pratama
  • Indrayant Indrayant STMIK Widya Pratama
  • Nurul Amalia STMIK Widya Pratama

DOI:

https://doi.org/10.47775/ictech.v18i2.282

Abstrak

Benang merupakan bahan baku utama dalam pembuatan produk tekstil. Banyaknya pengrajin tekstil di
Indonesia khususnya Pekalongan mendorong pengusaha produksi benang harus terus berjalan. Dengan
banyaknya pesaing di industri tekstil ini pihak penjual semakin sulit untuk mendapat kepercayaan dari
pihak konsumen. Selain melihat dari sisi harga, konsumen juga akan menilai dari kualitas produk yang
diterimanya. Hal ini perlu diperhatikan untuk mempertahankan loyalitas konsumen terhadap pembelian
ulang produk. Salah satu pengrajin benang di pekalongan yaitu Hanatex. Meskipun transaksi pembelian
benang terus berjalan, akan tetapi Hanatex masih sering menerima keluhan dari konsumen terhadap
kualitas benang yang diterimanya. Keluhan yang di didapatkan dari konsumen bisa menjadi kesempatan
untuk memperbaiki kesalahan sekaligus meningkatkan kualitas bisnis. Hal tersebut perlu di perhatikan dan
ditangani dengan benar agar nantinya dapat menjadi bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan.
Pemenuhan kualitas layanan yang memuaskan konsumen salah satunya yaitu dengan merespon keluhan
dari konsumen. Keluhan pelanggan yang bervariasi perlu dilakukan segmentasi untuk mengelompokkan
data-data berdasarkan keluhan tertentu yang lebih spesifik. Dengan demikian dapat memudahkan dalam
melakukan analisa keluhan pelanggan untuk meningkatkan pelayanan dengan perbaikan yang tepat.
Berdasarkan hasil evaluasi menggunakan DBI performance dari algoritma k-means dalam melakukan
segmentasi dapat disimpulkan baik karena 88,8% kemiripan data dalam kelompok mirip. Untuk penelitian
berikutnya disarankan perlu ditambahkan metode untuk cleaning data pada text processing untuk
menghilangkan kata singkatan dan kata tidak baku agar dapat meningkatkan performance dan akurasi
metode.

Referensi

Al’asqolaini, M Z. 2019. “Penanganan Keluhan Pelanggan Dan Kualitas Layanan Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Pelanggan.” Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan …. http://journal.stienugresik.ac.id/index.php/jek/article/view/77%0Ahttp://journal.stienugresik.ac.id/index.php/jek/article/download/77/48

Amalia, Nurul, Nur Ika Royanti, and Bambang Ismanto. 2023. “Analisa Sentimen Pelanggan Pada Review Belanja Online Berbasis Text Mining Menggunakan Metode K-Means” 4 (4): 1441–47.https://doi.org/10.47065/josh.v4i4.3781.

Ani, Isro, and Wahyu Jatmiko. 2023. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Penanganan Komplain Terhadap Loyalitas Pelanggan PT. First Media Di Sidoarjo.” Jurnal Ilmiah Administrasi Bisnis Dan Inovasi 6 (2): 165–82.

https://doi.org/10.25139/jiabi.v6i2.5325.

Ariyanti, Dyah, and Kurnia Iswardani. 2020. “Teks Mining Untuk Klasifikasi Keluhan Masyarakat Pada Pemkot Probolinggo Menggunakan Algoritma Naïve Bayes.” Jurnal IKRA-ITH Informatika 4 (3): 125–32.

Ashma Nurmeila, Sheila, Wina Witanti, and Puspita Sabrina Nurul. 2020. “Segmentasi Pelanggan Berdasarkan Keluhan Dengan Menggunakan K-Means Cluster Analysis Pada PT Infomedia Nusantara.” Prosiding Seminar Nasional Sistem Informasi Dan Teknologi (SISFOTEK), 276–80.

Kusumo, Siheruadi, and Diah Riandadari. 2017. “Analisis Kualitas Produksi Benang Dengan Metode Six Sigma Pada Pt. Sejati Jaya.” Jurnal Pendidikan Teknik Mesin UNESA 6 (01): 28–34.

Napitupulu, Ferdinand. 2019. “Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT. Ramayana Lestari Sentosa.” Kinerja 16 (1): 1–9.

Putro, Shandy Widjoyo. 2014. “Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan

Loyalitas Konsumen Restoran Happy Garden Surabaya.” Jurnal Manajemen Pemasaran 2 (1): 1–9. http://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-pemasaran/article/view/1404.

Riyanto, Eko. 2020. “Analisis Profitabilitas Pada Industri Tekstil Dan Produk Tekstil Di Indonesia.” Jurnal Dinamika Ekonomi Pembangunan 3 (2): 77–89. https://doi.org/10.14710/jdep.3.2.77-89.

Saputra, Try Iryanto, and Rini Arianty. 2019.“Implementasi Algoritma K-Means Clustering Pada Analisis Sentimen Keluhan Pengguna Indosat.” Jurnal Ilmiah Informatika Komputer 24 (3): 191–98. https://doi.org/10.35760/ik.2019.v24i3.2361

Unduhan

Diterbitkan

2023-11-30

Cara Mengutip

Royanti, N. I., Indrayant, . I., & Amalia, N. (2023). PENERAPAN METODE K-MEANS UNTUK SEGMENTASI KELUHAN PELANGGAN (STUDI KASUS : HANATEX). IC-Tech, 18(2), 1–7. https://doi.org/10.47775/ictech.v18i2.282