PERANCANGAN SISTEM INFORMASI KEUANGAN KAS RT PADA KELUARAHAN YOSOREJO PEKALONGAN

Penulis

  • Muhammad Faizal Kurniawan STMIK Widya Pratama
  • Ari Putra Wibowo STMIK Widya Pratama
  • Widiyono Widiyono STMIK Widya Pratama

DOI:

https://doi.org/10.47775/ictech.v18i2.281

Kata Kunci:

Sistem Informasi, SDLC, UML, Blackbox testing

Abstrak

Keberadaan sistem informasi menjadi salah satu kebutuhan yang sangat penting pada sebuah organisasi. Organisasi yang paling umum dijumpai di masyarakat adalah Rukun Tetangga (RT), salah satunya adalah RT 005 di Keluarahan Yosorejo. Selain membantu pemerintah desa dalam pemberdayaan warga masyarakat, tugas dari RT adalah mengelola dana keuangan (iuran) warga, mulai dari pemasukan dan pengeluaran serta pelaporan keuangan dan pertanggung jawaban yang disampaikan kepada seluruh warga atau anggota. Adapun sumber keuangan diperoleh dari iuran warga seperti dana kas arisan(pengajian), dana kas jimpitan, dana kas pengelolaan sampah yang disetorkan kepada bendaraha RT. Untuk saat ini pengelolaan laporan keuangan dilakukan oleh pengurus RT yang melibatkan Ketua RT, Bendahara RT dan Sekretatis RT dengan melakukan pencatatan pada buku besar, rekapitulasi dan pelaporan dilakukan setiap satu bulan sekali. Permasalahan yang sering dijumpai yaitu dalam melakukan rekapitulasi jumlah pemasukan dan pengeluaran dana kas, salah satu solusi yang digunakan untuk mengatasi permasalan ini adalah dengan memanfaatkan teknologi informasi. Metode pengembangan sistem yang digunakan pada penelitian ini adalah SDLC (system development life cicrle) atau yang biasa dikenal dengan nama waterfall dirancang secara linier, dengan menyelesaikan satu fase sebelum memasuki fase berikutnya. Selanjutnya untuk perancangan digunakan UML sedangkan untuk pengujian sistem yang digunakan adalah blckbox testing. Untuk hasil akhir dari sistem informasi keuangan kas RT dapat diakses pada alama url kas.perajinweb.com.

Referensi

Broad, James. 2013. "System Development Life Cycle (SDLC)." Risk Management Framework 39-45.

Budiman, Arief, and Pradityo Utomo. 2022. "Rancang Bangun Sistem Manajemen Keuangan Kas Warga Berbasis Teknologi Informasi di Perumahan Green Kedaton Kabupaten Madiun." Journal of Information Technology Ampera 40-54.

Oktaviani, Retno Fuji, and Hakam Ali Niazi. 2023. "Implementasi Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Kas Pada Kelurahan Pondok Kacang Timur Tangerang Selatan." 35-43.

Sari, Selvi Yona, and Novi Trisna. 2019. "Perancangan Sistem Informasi Pengolahan Data Transaksi Penerimaan Dan Pengeluaran Kas Untuk Perencanaan Pengendalian Keuangan." Jurnal Teknologi Informasi 25.

Tenardi, Wendri, Debby Agustina, and Welda. 2013. "Sistem Informasi Keuangan." 1-9.

Unduhan

Diterbitkan

2023-10-30

Cara Mengutip

Kurniawan, M. F., Wibowo, A. P., & Widiyono, W. (2023). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI KEUANGAN KAS RT PADA KELUARAHAN YOSOREJO PEKALONGAN. IC-Tech, 18(2), 35–40. https://doi.org/10.47775/ictech.v18i2.281