PENGARUH IMPLEMENTASI PROGRAM BEASISWA TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA STMIK WIDYA PRATAMA PEKALONGAN

Penulis

  • VICTORIANUS ARIES SISWANTO STMIK WIDYA PRATAMA PEKALONGAN
  • Tri Pudji Wahjuningsihn STMIK Widya Pratama

DOI:

https://doi.org/10.47775/ictech.v18i1.274

Abstrak

Dengan meratanya pendidikan dapat membantu dan sangat berpengaruh dalam perkembangan sumber daya manusia. Namun saat ini, tingginya biaya pendidikan untuk jenjang Perguruan Tinggi mempersulit masyarakat kelas ekonomi menengah ke bawah. Program bantuan biaya pendidikan seperti beasiswa jelas sangat membantu pelajar dari keluarga yang kesulitan tersebut baik dari segi keuangan hingga fasilitas belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi program beasiswa terhadap motivasi dan prestasi belajar mahasiswa. Metode Pengumpulan data dengan menggunakan  kuesioner dan analisis data menggunakan SPSS untuk menguji validitas, reliabilitas dan normalitasnya, selanjutnya akan dianalisis secara deskriptif dan analisis regresi linier bergandanya. Analisis Substruktur 1 diperolah hasil Uji F dan uji tX1 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05  maka secara simultan maupun parsial varibel beasiswa berpengaruh terhadap motivasi. Substruktur 2 diperolah hasil Uji F dan uji tX1 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05  maka secara simultan maupun parsial Beasiswa berpengaruh terhadap Prestasi Belajar. Analasis Substruktur 3 diperolah hasil Uji F dan uji tY1 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05  maka secara simultan maupun parsial Motivasi  berpengaruh terhadap Prestasi Belajar. Hasil analisis deskriptif diketahui meskipun dari prosentase pendapat mahasiswa dalam hal motivasi belajar berada dalam rentang yang tinggi (81,9 - 96%) namun disisi lain  pemberian beasiswa KIPK bagi mahasiswa STMIK ini masih terdapat  23,3% nya mendapat nilai yang kurang bagus dan 21,3% mendapat indeks prestasi yang kurang baik. Hal inilah yang menjadi tanggung jawab mahasiswa – mahasiswa tersebut untuk lebih meningkatkan motivasi belajarnya dan  memperbaiki prestasinya agar beasiswa KIPK yang selama ini diperolehnya tetap dapat diterima  sehingga tidak membebani ekonomi keluarga dan  tidak menghambat pendidikannya. Mengingat penerima beasiswa ini 94,9% menyatakan  karena faktor ekonomi, 97% berpendapat jika beasiswa KIPK ini sangat meringankan beban orang tua dan 97% mahasiswa  membutuhkan beasiswa untuk menunjang pendidikannya, sehingga dalam pelaksanaannya perlu mendapat pengawasan yang lebih intent baik dari Dosen pembimbing Akademik maupun dari pihak akademik.

 

Kata Kunci : Beasiswa, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar    

Referensi

Amir, S. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa D3 Keperawatan Akper Kaltara Tarakan Semester V Tahun 2018. Jurnal Ilmiah Kesehatan Pencerah (JIKP) Volume 8 No.2 ; ISSN Print: 2089-9394;ISSN Online: 2656-8004.

Asmirawati. (2016). Pengaruh pemberian Beasiswa terhadap Motivasi belajar Mahasiswa Jurursan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Allaudin Makasar. Skripsi.

Chomsyatun, S. (2018). Pengaruh pemberian beasiswa Bidikmisi terhadap Motivasi Berprestasi ditinjau dari Perspektif Ekonomi Islam. Skripsi.

Depdikbid. (2018). Kamus Besar bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Dermawan, R. N. (2022). Studi Literatur Pengaruh Beasiswa terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. IT-EDU Vol 07 No.01, 58-66.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBM SPSS 25 Edisi 9 . Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hajri Takriyudin, Z. M. (2016). Pengaruh Beasiswa Bidikmisi terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syah Kuala. Jurnal Imiah Pendidikan kewarganegaraan Unsyah, 49-60.

Husaini, S. A. (2021). Pengaruh Beasiswa terhadap motivasi belajar mahasiswa Pendidikan Ekonomi Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Kalimantan Timur Tahun 2021. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran IKIP PGRI Kalimantan Timur Vol 7 No.1 , -.

Kemahasiswaan, D. J. (2015). Pedoman Umum Beasiswa dan Bantuan Biaya Pendidikan Peningkatan Prestasi Akakdemik (PPA).

Kompri. (2017). Belajar;Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Yogyakarta: Media Akademi ISSB : 978-602-6435-55-2.

Lahinta, A. (2017). Konssep Rancangan Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Kandidat Penerima Beasiswa (studi Kasus pada TPSDM Propinsi Gorontalo). Jurnal Profit, volume 4 nomor 2.

Nurhalizah, S. (2017). Pengaruh Motivasi dan disiplin belajar terhadap Prestasi Belajar siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi Keuangan Kelas XI Kompetensi keahlian Akuntansi di SMK Negeri 1 Makasar . Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makasar .

Raka Ramadhon, R. J. (2017). Pengaruh Beasiswa terhadap Motivasi belajar. Jurnal Provit Volume 4 No. 2, .

Rosyid, M. Z. (2019). Prestasi Belajar. Malang: Literasi Nusantara.

Sardiman. (2018). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Grafindo Persada Jakarta.

Setyorini, D. (2018). Pengaruh Mtoviasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa, Studi Kasus Pada Program Studi Teknik Sipil, Institut Sains dan Teknologi Al Kamal Jakarta. Volume 3 No 1.

Suardi, M. (2015). Belajar dan Pembelajaran.

Sudibyo, D. L. (2021). Faktor-fsktor yang mempengaruhi Motivasi Belajar siswa di Era Pandemi Covid 19. Jurnal Teknologi Pendidikan P-ISSN-2089 4341/E-ISSN 2655-9633.

Suryabrata, S. (2018). Psikologi Pendidikan . Jakarta: PT Raja Grafika Persada.

Syah, M. (2019). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru (Revisi). Bandung: PT Remaja Rosdakarya; ISBN: 979-514-672-6.

Uno, H. B. (2017). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Wardah, D. (2022). Pengaruh Beasiswa KIP-K Terhadap Motivasi Belajar. Skripsi.

Wea, A. G. (2018). Pengaruh Beasiswa terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Mahasiswa Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang. Jurnal Ilmu Sosial dan Politik, 7 No 1.

Wulanyani, A. A. (2020). Peran Fasilitas Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Penerima Beasiswa Bidikmisi di Universitas Udayana. Jurnal Psikologi Udayana Vol 7 No.1 , 81-90.

Wulanyani, A. A. (2020). Peran fasilitas belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar pada mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi di Universitas Udayana. Jurnal Psikologi Udayana. Vol.7, No.1; e-ISSN: 26544024; p-ISSN: 2354 5607, 81-90.

Unduhan

Diterbitkan

2023-04-30

Cara Mengutip

ARIES SISWANTO, V., & Wahjuningsihn, T. P. (2023). PENGARUH IMPLEMENTASI PROGRAM BEASISWA TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA STMIK WIDYA PRATAMA PEKALONGAN. IC-Tech, 18(1), 30–35. https://doi.org/10.47775/ictech.v18i1.274