Pengembangan Sistem Informasi Tracer Study Di Stmik Widya Pratama Dengan Metode Rapid Application Development

Penulis

  • Mohammad Reza Maulana P3M STMIK Widya Pratama Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.47775/ictech.v18i1.271

Kata Kunci:

sistem informasi, tracer study, rapid application development

Abstrak

Tracer study merupakan proses untuk mendapatkan umpan balik dari alumni. Kegiatan ini sangat penting untuk mengetahui outcome dari pendidikan yang dijalani selama kuliah. Hasil tracer study digunakan untuk merumuskan kebijakan-kebijakan di Perguruan Tinggi dan digunakan sebagai syarat kelengkapan kegiatan akreditasi. Kegiatan tracer study dilakukan di semua Perguruan Tinggi tidak terkecuali STMIK Widya Pratama. Pelaksanaan kegiatan tracer study di STMIK Widya Pratama dilakukan dengan beberapa mekanisme diantaranya mengisi formulir cetak, file pdf maupun google form. Dengan proses yang berjalan saat ini, alumni kesulitan dalam memahami alur pengisian kuesioner. Begitupun STMIK Widya Pratama melalui Student Career Center (SCC) kesulitan dalam melakukan pengumpulan dan perekapan data. Solusi yang dapat diterapkan untuk mengatasi masalah ini yaitu penggunaan sistem informasi. Untuk mengembangkan sistem informasi tracer study diperlukan metode pengembangan sistem, dimana salah satu yang dapat digunakan adalah Rapid Application Development (RAD). Metode ini berfokus pada feedback yang diberikan oleh pengguna sehingga aplikasi dapat dikembangkan dengan lebih cepat dan tepat. Tahapan dimulai dengan pengumpulan data dan identifikasi permasalahan. Setelah itu, dilakukan proses analisa proses bisnis dan perencanaan kebutuhan sistem yang akan dibangun. Selanjutnya, desain sistem menggunakan beberapa diagram Unified Language Modelling (UML) dikerjakan. Pembuatan prototipe juga dilakukan di siklus utama RAD ini dan setelahnya pengguna akan memberikan feedback. Tahap terakhir adalah proses implementasi pembuatan sistem informasi beserta melakukan pengujian-pengujian untuk memastikan sistem berjalan dengan baik. Sistem informasi tracer study yang telah selesai dibangun dapat membantu alumni dan SCC dalam pelaksanaan kegiatan tracer study. Selain itu perekapan data dan pengunggahan laporan ke DIKTI dapat dilakukan dengan mudah.

Referensi

Adnan Denoor, Firhan. 2020. “PERANCANGAN SISTEM INFORMASI TRACER STUDY PADA UNIVERSITAS BANTEN JAYA.” Jurnal SIMIKA 3 (2).

Ammar, Abdullah, M Zulfikri, Sirajuddin Hawari, Trevy Jonatya Novella, and Ahlijati Nuraminah. 2021. Perancangan Dan Implementasi Catering Ordering System “Hena Catering” Menggunakan Rapid Application Development. Seminar Nasional Mahasiswa Ilmu Komputer Dan Aplikasinya (SENAMIKA) Jakarta-Indonesia.

Antares, Jovi, Zelvi Gustiana, and Ibnu Rusydi. 2021. “RANCANGAN SISTEM INFORMASI DALAM PENGEMBANGAN MODEL TRACER STUDY DI UNIVERSITAS DHARMAWANGSA.” JURTEKSI (Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi) 7 (2): 151–58. https://doi.org/10.33330/jurteksi.v7i2.1002.

Hidayat, Nurman, and Kusuma Hati. 2021. “Penerapan Metode Rapid Application Development (RAD) Dalam Rancang Bangun Sistem Informasi Rapor Online (SIRALINE).” JURNAL SISTEM INFORMASI STMIK ANTAR BANGSA X (1): 8–17.

Kemdikbud. 2023. “Tracer Study Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.” Https://Tracerstudy.Kemdikbud.Go.Id/. February 2023.

Kissflow. 2023. “What Is Rapid Application Development (RAD)? An Ultimate Guide for 2023.” Https://Kissflow.Com/Application-Development/Rad/Rapid-Application-Development/. March 2023.

Lestari, Karunia Eka, Marsah Rahmawati Utami, and Mokhammad Ridwan Yudhanegara. 2021. “EVALUASI PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN PERGURUAN TINGGI: RELEVANSI BIDANG PEKERJAAN PROGRAM STUDY.” JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA) 9 (2): 149–62. http://journal.unsika.ac.id/index.php/judika.

Novalia, Elfina, and Apriade Voutama. 2022. “Black Box Testing Dengan Teknik Equivalence Partitions Pada Aplikasi Android M-Magazine Mading Sekolah.” Syntax: Jurnal Informatika. Vol. 11.

Putri, Alvira Karisma, and Magdalena Ariance Ineke Pakereng. 2021. “Pengembangan Sistem Informasi Tracer Study Berbasis User Centered Design (UCD) Menggunakan Framework Laravel.” JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA 5 (3): 1027. https://doi.org/10.30865/mib.v5i3.3033.

Ramadhan, Aldi, Ati Zaidiah, and Mohamad Bayu Wibisono. 2022. “Penggunaan Metode Rapid Application Development (Rad) Dalam Perancangan Sistem Informasi Kepegawaian Pada Pt Adyawinsa Telecommunication & Electrical.” In Seminar Nasional Mahasiswa Ilmu Komputer Dan Aplikasinya (SENAMIKA), 486–95.

Saif Muhammad Mussafi, Noor, and Siti Rohaya. 2022. “PEMANFATAAN TRACER STUDY TERHADAP PENINGKATAN KUALITAS PROGRAM STUDY DI UIN SUNAN KALIJAGA.” YOGYAKARTA.

Unduhan

Diterbitkan

2023-04-30

Cara Mengutip

Maulana, M. R. (2023). Pengembangan Sistem Informasi Tracer Study Di Stmik Widya Pratama Dengan Metode Rapid Application Development . IC-Tech, 18(1), 1–8. https://doi.org/10.47775/ictech.v18i1.271