SISTEM PENGENDALIAN SWICH LAMPU PENERANGAN BERBASIS INTERNET of THINGS (IoT)

Internet of Thing, Sistem Pengendalian, GPIO Raspberry PI

Penulis

  • Widiyono Widiyono STMIK WIDYA PRATAMA PEKALONGAN
  • Ari Putra Wibowo STMIK Widya Pratama
  • Hermanus Wim Hapsoro STMIK Widya Pratama

DOI:

https://doi.org/10.47775/ictech.v18i1.263

Abstrak

Perkembangan teknologi bidang Teknik informatika saat ini banyak pada bidang automatic dan kontroler jarak jauh.  Internet of Things (IoT) merupakan sebuah konsep yang bertujuan untuk memperluas manfaat dari konektivitas internet yang tersambung secara terus-menerus sebagai pengendali sistem. Pengendalian system jarak jauh diimplementasikan melalui koneksi internet berupa halaman web berupa tombol buton sepagai pengkodean Off dan On pada General Purpose Input Output (GPIO) pada Raspberry PI. Pin GPIO akan memberikan signyal tegangan untuk memberikan triger pada relay sebagai switching lampu penerangan. Beberapa peralatan yang digunakan biasanya tergantung kebutuhan dan buget yang direncanakan. Namun peralatan kontroler Internet of Things yang murah harganya tetapi sudah mewakili konsep  Internet of Things salah satunya adalah memanfaatkan Raspberry PI. Internet of Things ini digunakan sebagai pengendali Switching untuk menyalakan dan mematikan lampu penerangan dari jarak jauh. Pengendalian dapat dilakukan dengan komputer atau smartphone yang telah terkoneksi internet. Implementasi penelitian ini pada kontrol pengendali berbasis web lampu penerangan pada laboratorium komputer STMIK Widya Pratama. Dan dibuatlah prototipe untuk memudahkan simulasi sistem IoT pada penelitian ini. Luaran dari penelitian ini berupa Prototipe Jurnal terpublikai dan Bahan Ajar

Referensi

Cheah Wai Zhao, Jayanand Jegatheesan,Son Chee Loon. "Exploring IOT Application Using Raspberry Pi." International Journal of Computer Networks and Applications, 2015: 8.

Decy Nataliana, Iqbal Syamsu, Galih Giantara. Sistem Monitoring Parkir Mobil menggunakan Sensor Infrared berbasis RASPBERRY PI. Bandung: Institut Teknologi Nasional Bandung, 2014.

Ichwan, Husada, and Iqbal. Pengertian Sistem Pengendalian. Institut Teknologi Nasional, 2013.

Pujiono, Slamet. "Kontribusi Laboratorium Komputer, Internet Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Rpl Se-Kabupaten Bantul." 2014.

Richardson, and Wallace. Getting Started qith Raspberry Pi. California: O'REILLY, 2012.

Sayuti. Perancangan Sistem Monitoring Suhu Menggunakan Raspberry Pi Berbasis Web dan Android pada Ruang Server Universitas Darma Persada. Jakarta: Universitas Darma Persada, 2015.

Unduhan

Diterbitkan

2023-04-30

Cara Mengutip

Widiyono, W., Wibowo, A. P., & Wim Hapsoro, H. (2023). SISTEM PENGENDALIAN SWICH LAMPU PENERANGAN BERBASIS INTERNET of THINGS (IoT): Internet of Thing, Sistem Pengendalian, GPIO Raspberry PI. IC-Tech, 18(1), 42–47. https://doi.org/10.47775/ictech.v18i1.263