MENINGKATKAN KEMAMPUAN SPEAKING MAHASISWA DENGAN MEDIA VIDEO DARI NAS DAILY
DOI:
https://doi.org/10.47775/ictech.v17i2.260Abstrak
Salah satu kemampuan yang harus dikuasai oleh seseorang dalam menggunakan Bahasa Inggris adalah kemampuan berbicara (speaking). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berbicara (speaking) pada mahasiswa dalam mempelajari Bahasa Inggris melalui media video. Sampel populasi penelitian diambil secara acak dari mahasiswa semester 2 sebanyak 105 mahasiswa di STMIK Widya Pratama yang mendapatkan mata kuliah Bahasa Inggris di semester tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen berupa penggunaan media video dari Youtube tentang fakta-fakta menarik dan unik yang disampaikan pada channel Nas Daily selama proses pembelajaran Bahasa Inggris. Penggunaan media video tersebut dikhususkan dalam praktek berbicara (speaking). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berbicara (speaking) dengan Bahasa Inggris pada mahasiswa mengalami peningkatan setelah menerapkan media video selama proses pembelajaran. Peningkatan kemampuan berbicara (speaking) ditunjukkan dengan hasil nilai rata-rata pada praktek speaking yang menunjukkan kenaikan. Nilai rata-rata tersebut diambil dari unsur kelancaran berbicara (speaking fluency) dari rata-rata 68,25 naik menjadi 73,2; dari unsur ketepatan pelafalan kosakata dalam Bahasa Inggris yang semula rata-rata nilainya 64,41 naik menjadi 69,88; dan dari unsur kesesuaian isi cerita yang disampaikan kembali oleh mahasiswa yang semula memiliki rata-rata nilai 67,55 naik menjadi 74,15. Penerapan media pembelajaran melalui video dari channel Nas Daily ini terbukti meningkatkan kemampuan speaking mahasiswa yang dapat diketahui dengan peningkatan kelancaran berbicara (speaking) dengan Bahasa Inggris.
Keywords : speaking, video
Referensi
Aisyah, Siti. 2021. “Pengaruh Media Pembelajaran Video Terhadap Motivasi Belajar dan Speaking Skill Siswa di SMA Negeri 02 Kota Jambi”. Jurnal Inovasi Strategi dan Model Pembelajaran, volume 1, nomor 1, 39-45. DOI: 10.51878/strategi.v1i1.345
Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran Edisi 1, cetakan 2. Jakarta: Raja Grafindo
Daryanto. 2010. Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media
Harmer. 2007. The Practice of English Language Teaching. Fourth Edition. England: Pearson Education Limited.
Kuning, Dewi Sri. 2019. “Technology in Teaching Speaking Skill”. Journal of English Education Literature and Linguistics, volume 2, number 2. Page 50-59. DOI: 10.31540/jeell.v2i1.243
Kustandi, Cecep dan Sutjipto, Bambang. 2013. Media Pembelajaran Manual dan Digital Edisi Kedua. Bogor: Ghalia Indonesia
Putra, Aidil Syah. 2017. “The Correlation Between Motivation and Speaking Ability”. Channing: Journal of English Language Education and Literature, volume 2, nomor 1. Page 36-57
Saraswati, Rahmawati Yaniafari, dan Niamika El Khoiri. 2021. Students Perception’ toward The role of Youtube Video in Improving Their Speaking Skills. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts. DOI: 10.17977/um064v1i122021p1765-1774
Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia
Sudaryanto. 1993. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: DutaWacana University Press
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Riski Sulistiyaningsih, Nur Fadhilah
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.