Pemanfaatan Multimedia sebagai Media Pembelajaran Matematika Untuk Anak SD Kelas 3 Berbasis Animasi 2D

Penulis

  • Much. Rifqi Maulana STMIK Widya Pratama
  • Christian Yulianto Rusli STMIK Widya Pratama
  • Ristiyanah Ristiyanah STMIK Widya Pratama

DOI:

https://doi.org/10.47775/ictech.v12i1.26

Abstrak

Dalam dunia pendidikan proses pembelajaran sering kali dihadapkan pada materi yang abstrak dan diluar pengalaman siswa sehari-hari sehingga pemahaman siswa terhadap materi yang diberikan akan menjadi lemah dan menyebabkan siswa tidak berkembang. Matematika merupakan salah satu cabang ilmu yang mana dapat dikatakan juga sebagai dasarnya ilmu karena didalamnya mengandung ilmu logika. Di SD Muhammadiyah 02 Comal sendiri, pelajaran matematika merupakan pelajaran yang cukup disukai oleh siswa-siswinya terutama untuk siswa kelas 3, namun kebanyakan mereka kurang berminat untuk mendalami pelajaran ini karena cukup sulit untuk dipahami. Kesulitan yang dialami guru dalam menerangkan materi matematika dengan metode kovensional juga menjadi salah satu kendala sehingga siswa menjadi sulit untuk memahami materi yang disampaikan. Pemanfaatan Multimedia sebagai Media Pembelajaran Matematika Berbasis Animasi 2D dapat memudahkan guru dalam menyampaikan materi dan meningkatkan minat siswa terhadap pelajaran matematika. Hal ini dibuktikan dengan menggunakan uji user, 75% dari 20 responden menyatakan bahwa dengan memanfaatkan multimedia sebagai Media Pembelajaran Matematika Berbasis Animasi 2D dapat lebih memudahkan siswa dalam memahami materi pelajaran matematika.

Referensi

Arsyad, Azhar. Karakteristik Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2002.

Binanto, Iwan. Multimedia Digital Dasar Teori da Pengembangannya. Yogyakarta: Andi, 2010.

Fathani, Abdul halim. Matematika Hakikat dalam logika. Yogyakarta: AR-RUZZ Media, 2008.

Miarso, Yusufhadi. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media, 2004.

Sadiman. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatan (edisi pertama, cetakan ke-10). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2002.

Suherman, Erman. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA, 2001.

Suryadi, Sudi. "peranan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dalam kegiatan pembelajaran dan perkembangan dunia pendidikan." J. Informatika AMIK-LB Vol.3 No.3, 2015.

Suyanto, M. Multimedia Alat Untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing. Yogyakarta: Penerbit Andi, 2003.

Vaughan, T. Multimedia: Making It Work. Edisi ke-6. New York: McGraw-Hill Companies, 2004.

Unduhan

Diterbitkan

2017-04-30

Cara Mengutip

Maulana, M. R., Rusli, C. Y., & Ristiyanah, R. (2017). Pemanfaatan Multimedia sebagai Media Pembelajaran Matematika Untuk Anak SD Kelas 3 Berbasis Animasi 2D. IC-Tech, 12(1). https://doi.org/10.47775/ictech.v12i1.26