PENERAPAN DATA MINING UNTUK MENGETAHUI POLA TRANSAKSI PEMINJAMAN BUKU DENGAN METODE DESKRIPSI

Penulis

  • Arief Soma Darmawan STMIK Widya Pratama

DOI:

https://doi.org/10.47775/ictech.v12i1.25

Abstrak

STMIK Widya Pratama Pekalongan mempunyai 2063 koleksi buku, 66 koleksi jurnal, 7 proceding. Setiap anggota yang akan melakukan proses peminjaman harus mempunyai kartu anggota, dan terdaftar sebagai mahasiswa yang aktif. Anggota perpustakaan dapat meminjam buku lebih dari 1 buku, dengan batas waktu peminjaman adalah 1 minggu. Dari banyaknya jumlah transaksi maka perlu adanya analisis transaksi peminjaman guna menemukan informasi yang berbasis pengetahuan yang bermanfaat. Untuk menggambarkan data secara ringkas dibutuhkan sebuah metode deskripsi. Metode deskripsi digunakan untuk menggambarkan pola kecenderungan  yang ada data adalah. Dengan informasi yang berupa ringkas dapat mempermudah manajemen untuk melakukan pengambilan keputusan terkait dengan ketesediaan buku, dan melihat pola peminjaman buku yang sering dipinjam oleh mahasiswa. Tahapan penelitian: Precise statement of the problem, initial exploration, model building and validation, deployment. Kesimpulan yang didapt bahwa proses peminjaman terjadi paling banyak pada bulan maret hingga mei dan bulan oktober hingga desember.

Referensi

Kusrini, & Lutfhi, E. T. (2009). Algoritma Data Mining. Yogyakarta: Andi Offset.

Larose, D. T. (2005). Discovering Knowledge in Data. New Jersey: John Wiley & Sons Inc.

Susanto, S., & Suryadi, D. (2010). Pengantar Data Mining Menggali Pengetahuan dari Bongkahan Data. Yogyakarta: Andi Offset.

turban. (2005). decision support system and intelligent system. yogyakarta: andi offset.

Unduhan

Diterbitkan

2017-04-30

Cara Mengutip

Darmawan, A. S. (2017). PENERAPAN DATA MINING UNTUK MENGETAHUI POLA TRANSAKSI PEMINJAMAN BUKU DENGAN METODE DESKRIPSI. IC-Tech, 12(1). https://doi.org/10.47775/ictech.v12i1.25