ANALISIS FAKTOR KESULITAN PENYELESAIAN SKRIPSI DIMASA COVID DENGAN MOTIVASI LULUS TEPAT WAKTU SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Penulis

  • Tri Pudji Wahjuningsih STMIK Widya Pratama
  • Victorianus Aries Siswanto STMIK WIDYA PRATAMA PEKALONGAN
  • Prastuti Sulistyorini STMIK Widya Pratama

DOI:

https://doi.org/10.47775/ictech.v17i2.244

Abstrak

Skripsi merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa akhir semester sebagai salah satu syarat kelulusan. Dalam penyelesaian skripsi masih ditemui kendala yang ada maka penelitian ini bertujuan untuk mengalisis faktor apa sajakah yang  mempengaruhi penyelesaian skripsi mahasiswa Program Sarjana pada STMIK Widya Pratama Pekalongan dengan Variabel Bebas meliputi Faktor Internal, Faktor Eksternal, Motivasi lulus tepat waktu sebagai varibael Intervening dan variabel Penyelesaian Skripsi sebagai variabel tergantungnya. Metode Pengumpulan data dengan menggunakan  kuesioner dan analisis data menggunakan SPSS untuk menguji validitas, reliabilitas dan normalitasnya, selanjutnya akan dianalisis secara deskriptif dan analisis regresi linier bergandanya. Analisis Substruktur 1 diperolah hasil Uji F  dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05  maka secara simultan faktor internal dan eksternal berpengaruh terhadap motivasi lulus tepat waktu. Adapun hasil uji secara parsial uji tX1 nilai signifikan 0,002 < 0,05 dinyatakan signifikan, maka secara parsial terdapat pengaruh faktor internal (X1) terhadap motivasi lulus tepat waktu. Uji tX2  nilai signifikan 0,067 > 0,05 (tidak signifikan), sehingga secara parsial tidak terdapat pengaruh eksternal (X2) terhadap motivasi lulus tepat waktu. Analisis Substrukur 2 dengan hasil Uji F diperoleh  nilai signifikan 0,000 < 0,05 menunjukkan, faktor internal, faktor eksternal dan motivasi lulus tepat waktu secara simultan berpengaruh terhadap penyelesaian skripsi, sedangkan uji t diperoleh  hasil  uji tX1 nilai signifikan 0,000 < 0,05 (signifikan),maka secara parsial faktor internal berpengaruh terhadap penyelesaian skripsi, uji tX2 didapat nilai signifikan 0,296 > 0,05 ( tidak signifikan), secara parsial faktor eksternal tidak berpengaruh terhadap penyelesaian skripsi dan Uji tY1 didapat nilai signifikan 0,000 < 0,05 (signifikan),  secara parsial motivasi lulus tepat waktu berpengaruh terhadap penyelesaian skripsi. Untuk uji intervening diperoleh 0,307 (beta1) * 0,393 (beta2)  < 0,322 (beta3) maka motivasi lulus tepat waktu (Y2) bukan sebagai variabel intervening dan 0,174 (beta1) * 0,393 (beta2)  < 0,086 (beta3) maka motivasi lulus tepat waktu (Y2) bukan sebagai variabel intervening, sehingga variabel motivasi lulus tepat waktu lebih sesuai sebagai variabel bebas.

 

Kata kunci: kesulitan penyelesaian skripsi, motivasi lulus tepat waktu, intervening

Referensi

Damayanti, R. (2020). Analisis Kesulitan mahasiswa menyelesaikan skripsi pada situasi Pandemi Covid 19 . Skripsi. Fakultas Keguuan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera.Medan.

Disman, S. d. (2018). Analisis Faktor-faktor yang mempengaruhi penyelesaian studi tepat waktu serta implikasinya terhadap kualitas lulusan. Indonesian Journal Of Economi Education 1, 43-54.

Evi Nur Aslinawati, S. U. (2017). Keterlambatan penyelesaian skripsi mahasiswa (Studi kasus di Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang 2012). Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol.10 No.1.

Hartanto, U. (2016). Faktor-faktor yang mempengaruhi penyelesaian TA Skrispi (TAS) mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta angkatan 2011. Skripsi. Program Studi Pendidikan Akuntansi Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

Mahmuda. (2021). Motivasi mahasiswa dalam menyelesaiakan skripsi pada Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Sriwijaya angkatan 2017. Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya.

Maulana, D. P. (2022). Intrinsic and extrinsik Factor Affecty Studentmotivation in completing Thesis. Technium Social Science Journal Vol.27 Januari, -.

Muhamad Muspari, D. D. (2020). Pengyelesaian Tugas Akhir Mahasiswa : Tinjuan Pengaruh Motivasi Belajar dan Kemampuan Akademik terhadap Proses Penyelesaian Skripsi. Jurnal Analisis Sistem (JAS) Perguruan Tinggi ISSN 2580-5339 Vol.4 No.1 .

Retno Wulandari, S. R. (2020). Pengaruh Faktor Internal dan Eksternal terhadap penyelesaian skripsi mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Negeri Semarang. Pendidikan Biologi Universitas Negeri Malang, Volume 12 No.1.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian : Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Alfabeta.

Syah, M. (2017). Psikologi Pendidikan : Dengan pendekatan baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Wijayanti, L. N. (2020). Analisis permasalahan mahasiswa FKIP UMS dalam penyelesaian skripsi selama pandemi Covid 19 tahun akademik 2019/2020. Skripsi.

Unduhan

Diterbitkan

2022-10-30

Cara Mengutip

Wahjuningsih, T. P., Aries Siswanto, V., & Sulistyorini, P. (2022). ANALISIS FAKTOR KESULITAN PENYELESAIAN SKRIPSI DIMASA COVID DENGAN MOTIVASI LULUS TEPAT WAKTU SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. IC-Tech, 17(2), 40–46. https://doi.org/10.47775/ictech.v17i2.244