MENINGKATKAN KEMAMPUAN LISTENING PESERTA TOEFL ITP DENGAN TEKNIK TRANSKRIPSI
DOI:
https://doi.org/10.47775/ictech.v17i1.240Abstrak
Kemampuan bahasa Inggris praktis telah menjadi kebutuhan mendasar bagi akademisi. Salah satu kemampuan bahasa Inggris praktis adalah kemampuan listening. Penelitian ini bertujuan mengetahui efektifitas teknik transkripsi pada pembelajaran listening guna meningkatkan kemampuan listening pada peserta TOEFL test. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa semester 6 sebanyak 235 mahasiswa di STMIK Widya Pratama yang akan menempuh rangkaian TOEFL test, dimana pada kegiatannya terdapat pretest, fast-track dan TOEFL test. Salah satu kemampuan yang diujikan pada TOEFL adalah listening comprehension. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen berupa penerapan pretest, treatment dengan teknik transkripsi dan posttest. Pada sesi listening comprehension section mahasiswa mencatat semua kosakata yang didengarkan tersebut dan menerapkan teknik transkripsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mahasiswa pada sesi listening comprehension ketika tes TOEFL setelah menerapkan teknik transkripsi meningkat. Peningkatan kemampuan listening ditunjukkan dengan hasil nilai rata-rata pada sesi listening yang menunjukkan kenaikan nilai rata-rata tersebut, yakni prodi KA dari nilai rata-rata 39 menjadi nilai 42, prodi MI dari nilai rata-rata 39 menjadi nilai 42,86, prodi TI dari nilai rata-rata 41 menjadi 44, dan prodi SI dari nilai rata-rata 40 menjadi nilai 43. Penerapan teknik transkripsi pada peserta TOEFL ITP terbukti meningkatkan kemampuan listening yang dapat diketahui dengan peningkatan skor sesi listening comprehension.
Keywords : Listening, Teknik Transkripsi, Toefl
Referensi
Akbar, H. R., Sofian, Wardah 2020. Improving students’ listening comprehension by using bottom-up technique. Journal of English Education Program, 1(2), 111-129
Best, John.W. 1981. Research in Education. New Jersey: Prentice Hall INC
Bucholtz, Mary. 2000. “The Politics of Transcription”. Journal of Pragmatics 32 2000, Texas: Elseveir Science B.V. page 1439-1465
Cahyono, Bambang Yudi dan Widiati, Utami. 2009. “The Teaching Of EFL Listening in The Indonesian Context: The State of The Art”. TEFLIN Journal, volume 20, number 2. Page 194-211
HD. Brown. 2001. Teaching by Principle: An Interactive Approach to Language Pedagogy. New York: Pearson Education
Kusmanto, Hari, Prayitno, Harun Joko, dan Jamaluddin Norliza. 2021. Persuasion Action Strategies in Da'wah Discourse on Social Media in the Global Communication Era. Language Circle: Journal of Language and Literature
Morley, Catherine. 2007. “Listening Top Down and Bottom Up” Retrieved August 07 2015. From http://www.teachingenglish.org.uk/article/listening-top-down-bottom. page 1
Rahmawati, Irma and Sianturi, Yohana P Br. 2021. Audio Podcast-based learning media in improving students’ listening comprehension
and pronunciation. Journal of Research in Business, Economics, and Education
Sudaryanto. 1993. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: DutaWacana University Press
Suryani, Sri. 2012. “Improving students listening skills through varied listening tasks in language laboratory at SMP N 2 Yogyakarta”. Thesis. Yogyakarta. UNY
Vilmante Liubiniene. 2009. “Developing Listening Skills in CLIL Studies about Languages”. Kaunas: Kalbu Studijos. ISSN 1648-2824
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 nur fadhilah, Riski Sulistiyaningsih, Satriedi Wahyu Binabar
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.