STRATEGI PEMILIHAN EMARKETPLACE MENGGUNAKAN METODE ARAS ( ADDITIVE RATIO ASSESSMENT )
DOI:
https://doi.org/10.47775/ictech.v17i1.237Abstrak
COVID-19 menyebabkan perubahan pola pembelian konsumen. Terjadi peningkatan transaksi emarketplace lebih dari 50%. UMKM harus dapat menfaatkan emarketplace sebagai salah satu strategi pemasaran. Emarketplace berlomba-lomba untuk meningkatkan kualitas, namun pelanggan memiliki kriteria dalam memilih emarketplace. Banyaknya kriteria terkadang membingungkan dalam memilih emarketplace. UMKM harus pandai dalam memilih emarketplace yang tepat, karena pemilihan emarkeplace yang tepat berpengaruh terhadap profitabilitas. Dalam penelitian ini akan dilakukan pengembangan metode ARAS (Additive Ratio Assessment) untuk memilih alternatif emarketplace terbaik dalam menentukan strategi pemasaran. Dari 17 kriteria yang menjadi pertimbangan pelanggan dalam dalam memilih emarketplace, kriteria yang paling berpengaruh yaitu informasi produk dengan bobot 7.6%. Kemudian diikuti dengan promo/discount/bonus/cupon/free shipping, kelengkapan produk dan UI/UX dengan bobot masing-masing 7%. Dari proses perangkingan , alternatif Tokopedia memiliki keseimbangan optimal sebesar 98% dan alternatif Shoope memiliki nilai keseimbangan optimal sebesar 92%, sedangkan alternatif Lazada memiliki keseimbangan optimal sebesar 87%. Sehingga Tokopedia merupakan alternatif terbaik dalam strategi pemilihan emarketplace dengan metode ARAS. Hasil penelitian dapat dijadikan referensi dalam pemilihan emarketplace.
Kata kunci: Pemilihan, emarketplace, ARAS
Referensi
Amir, Amir, Khairul Rizal, and Ade Cristian. 2014. “Pemilihan Penyedia Online Shop Prioritas Dengan Metode Analytic Hierarchy Prosess (AHP).” Konferensi Nasional Ilmu Sosial Dan Teknologi 1 (1).
Chaeruddin, Sultan, Icih Sukarsih, and Respitawulan Respitawulan. 2021. “Pemilihan Marketplace Di Masa Pandemi Covid-19 Menggunakan Metode MOORA.” CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science) 6 (2): 1–6.
Hatammimi, Jurry, and Sintyas Dita Purnama. 2022. “Factors Affecting Prospective Entrepreneurs to Utilize E-Marketplace: A Study of Business School Students in Indonesia.” International Journal of Research in Business and Social Science (2147-4478) 11 (1): 1–11.
insights, IPrice. 2017. “State of ECommerce in Southeast Asia 2017.” IPrice Insights. https://iprice.co.id/insights/stateofecommerce2017/.
iPrice group. 2021. “Kilas Balik?: Highlight Belanja Online Indonesia.” Iprice.Co.Id. https://iprice.co.id/trend/insights/laporan-highlight-belanja-online-indonesia-tahun-2021/.
Kahraman, Cengiz, Sezi Çevik Onar, and Ba?ar Öztay?i. 2018. “B2C Marketplace Prioritization Using Hesitant Fuzzy Linguistic AHP.” International Journal of Fuzzy Systems 20 (7): 2202–15.
Koçak, S, A Kazaz, and S Ulubeyli. 2018. “Subcontractor Selection with Additive Ratio Assessment Method.” Journal of Construction Engineering, Management & Innovation 1 (1): 18–32.
Kurniawan, Alma, Rudy C Tarumingkeng, and Gidion P Adirinekso. 2022. “Identification of Competitive Strengths 5 Best Marketplace in DKI Jakarta.” Britain International of Humanities and Social Sciences (BIoHS) Journal 4 (1): 13–25.
laura Hardilawati, Wan. 2020. “Strategi Bertahan UMKM Di Tengah Pandemi Covid-19.” Jurnal Akuntansi Dan Ekonomika 10 (1): 89–98.
OECD. 2020. “Covid-19: SME Policy Responses.” OECD.
Prihastomo, Yoga, Achmad Nizar Hidayanto, and Harjanto Prabowo. 2018. “The Key Success Factors in E-Marketplace Implementation: A Systematic Literature Review.” In 2018 International Conference on Information Management and Technology (ICIMTech), 443–48. IEEE.
Pusparisa, Yosepha, and S Fitra. 2019. “Transaksi E-Commerce Indonesia Terbesar Di Asia Tenggara.” Katadata. Co. Id, 1.
Sanjayaa, Kadek Oky, and Gede Surya Mahendrab. 2021. “Determination of Favorite E-Commerce in Indonesia in a Decision Support System Using the SWARA-ARAS Method.” In PROCEEDING BOOK OF 7th ICIIS Virtual International Conference of Interreligious and Intercultural Studies Living the New Normal: Achieving Resilience & Ensuring Sustainable Future, 69.
Setyorini, Dini, Ety Nurhayaty, and Rosmita Rosmita. 2019. “PENGARUH TRANSAKSI ONLINE (e-Commerce) TERHADAP PENINGKATAN LABA UMKM (Studi Kasus UMKM Pengolahan Besi Ciampea Bogor Jawa Barat).” Jurnal Mitra Manajemen 3 (5): 501–9.
Sukmawati, Adriana Hadi. 2020. “Combination of the SAW and TOPSIS Method For Determining The Best Marketplace Recommendations.” In Journal of Physics: Conference Series, 1641:12004. IOP Publishing.
Susanto, Hendri. 2018. “Penerapan Metode Additive Ratio Assessment (Aras) Dalam Pendukung Keputusan Pemilihan Susu Gym Terbaik Untuk Menambah Masa Otot.” Informasi Dan Teknologi Ilmiah (INTI) 5 (2): 86–90.
Syamila, Zahra Wafda, Fauziah Fauziah, and Novi Dian Natashia. 2021. “Analisis Pemilihan Marketplace Terbaik Pada Masa Pandemi COVID-19 Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW), Technique for Others Reference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS) Dan Weighted Product (WP).” Jurnal JTIK (Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi) 5 (2): 153–63.
Turskis, Zenonas, and Edmundas Kazimieras Zavadskas. 2010. “A Novel Method for Multiple Criteria Analysis: Grey Additive Ratio Assessment (ARAS-G) Method.” Informatica 21 (4): 597–610.
Widiastuti, D A. 2020. “Covid-19 Berdampak Signifikan Bagi E-Commerce.” Tek. Id, 1.
Zavadskas, Edmundas Kazimieras, and Zenonas Turskis. 2010. “A New Additive Ratio Assessment (ARAS) Method in Multicriteria Decision?making.” Technological and Economic Development of Economy 16 (2): 159–72.
Zavadskas, Edmundas Kazimieras, Zenonas Turskis, and Tatjana Vilutiene. 2010. “Multiple Criteria Analysis of Foundation Instalment Alternatives by Applying Additive Ratio Assessment (ARAS) Method.” Archives of Civil and Mechanical Engineering 10 (3): 123–41.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 era yunianto, Taryadi, Nur Ika Royanti
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.