IMPLEMENTASI PENUGASAN LAPORAN PRAKTEK JARINGAN KOMPUTER BERBASIS E-LAB CISCO MELALUI KELAS VIRTUAL EDMODO UNTUK MENINGKATKAN SIKAP KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA

Penulis

  • Slamet Joko Prasetiono STMIK WIDYA PRATAMA
  • Hari Agung Budijanto STMIK WIDYA PRATAMA

DOI:

https://doi.org/10.47775/ictech.v13i1.22

Abstrak

Mengacu pada UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional mengenai faktor kemandirian peserta didik dan Standar Good Laboratory Practice (GLP) mengenai pelaporan praktek di laboratorium maka peneliti menganggap penting melakukan penelitian mengenai implementasi penugasan laporan praktek jaringan komputer berbasis e-lab Cisco melalui kelas virtual Edmodo untuk meningkatkan sikap kemandirian belajar mahasiswa. Berdasarkan atas tujuan penelitian yang telah dirumuskan diatas maka penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dimana sampel yang digunakan untuk eksperimen maupun sebagai kelompok kontrol diambil secara random dari populasi tertentu.Desain penelitian yang digunakan adalah pre-test post-test-only control design. Dimana dalam rancangan ini terdapat 2 kelompok yang masing-masing dipilih secara random (acak). Kelompok pertama diberi perlakuan (x) yaitu kelas 5M41A dan kelompok yang lain tidak, kelas 5P41A. Kelompok yang diberi perlakuan disebut kelompok eksperimen dan kelompok yang tidak diberi perlakuan disebut kelompok kontrol. Pre-test akan diumpankan sebelum materi diberikan dan post-test akan diberikan setelah dosen menyampaikan materi, dalam bentuk tes obyektif pilihan ganda. Metode ini merupakan blended e-learning yang menggabungkan kegiatan tatap muka yang konvesional dengan e-learning di kelas virtual (Edmodo) yang bersifat asyncronous, dimana dosen dan mahasiswa tidak diharuskan online secara bersamaan. Dalam aspek pengetahuan, pada mahasiswa kelas 5M41A berada dalam kategori baik (nilai rata-rata kelas 77,575), sedangkan pada mahasiswa kelas 5P41A berada dalam kategori cukup (nilai rata-rata kelas 73,333). Dalam aspek sikap, pada mahasiswa kelas 5M41A berada dalam kategori baik dan tuntas dengan nilai 83 (prosentase 83%), sedangkan pada mahasiswa kelas 5P41A berada dalam kategori baik namun tidak tuntas dengan nilai 82 (prosentase 82%). Dalam aspek keterampilan, pada mahasiswa kelas 5M41A berada dalam kategori baik dan tuntas dengan nilai 78,636, sedangkan pada mahasiswa kelas 5P41A berada dalam kategori baik dan tuntas dengan nilai 76,060. Dalam penelitian ini tujuan yang diharapkan tercapai yaitu meningkatkan sikap kemandirian belajar mahasiswa, sehingga mahasiswa yang memiliki sikap kemandirian belajar yang masih rendah dan sedang diharapkan dapat dikembangkan dan meningkat menjadi tinggi bahkan sangat tinggi. Sedangkan mahasiswa yang memiliki sikap kemandirian belajar yang tinggi dapat dipertahankan atau ditingkatkan menjadi sangat tinggi. Dengan demikian, mahasiswa dapat mengembangkan diri menjadi lebih baik dengan cara meningkatkan sikap kemandirian belajarnya masing-masing.

Referensi

Ali Mohammad dan Mohammad Asrori. 2012. Psikologi Remaja: Perkembangan

Peserta Didik.Jakarta:PT Bumi Aksara. Anomsari,

Priskila Hesti. 2013. “Upaya Meningkatkan Nilai Kemandirian

Melalui Layanan Bimbingan Kelompok pada Mahasiswa Kelas VIII A SMP

Negeri 3 Kembang Kecamatan Kembang Kabupaten Jepara Tahun

Kuliah 2012/2013â€.

Skripsi. Semarang. Program Studi Bimbingan dan Konseling Program Strata 1 Universitas Negeri Semarang.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian su5P41A Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. 2005. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafiando Persada.

Basori. 2013. “Pemanfaatan Social Learning Network “Edmodo†dalam

Membantu Perkuliahan Teori Bodi Otomotif di Prodi PTMJ PTK FKIP

UNSâ€. Dalam Jurnal JIPTEK, Volume VI No. 2. Hal 101. Surakarta: UNS Desmita. 2010. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.

Ghozali, Imam. 2013. “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM

SPSS 21 Update PLS Regresi (Edisi 7)â€. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hayati, Annur Fitri dan Rosida Evi Santihosi. 2013. “E-Learning dengan Aplikasi

Edmodoâ€. Artikel. Hal.6-7.

Husein, Ahmad. 2013. “Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Berbasis

Lingkungan untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar dan Hasil Belajar

Mahasiswa (Studi pada Mata Kuliah PKn di SD Negeri Kecamatan Lunang

Arikunto, S., 2002, Prosedur Penelitian Su5P41A Pendekatan Praktik, Jakarta : Bina Aksara

D. Campbell, & J. Stanley, Experimental and Quasi-Experimental Designs for Research. Rand-McNally, 1963

J. DeRosa, The Green PDF: Reducing Greenhouse Gas Emissions One Ream at a Time. http://www.scribd.com/doc/60779195/The-Green-PDF-Revolution, 2007.

Konsultasi Statistik Universitas Indonesia, “http://statistika-data.blogspot.com/2011/02/uji-t-anova.htmlâ€, 2011

Minnesota Pollution Control Agency, http://156.98.19.245/paper/, 2011.

S. Al-Amri, “Computer-Based Testing vs. Paper-Based Testing: A Comprehensive Approach to Examining the Comparability of Testing Modesâ€. Essex Graduate Student Papers in Language & Linguistics, Vol. 10, 2008, hal. 22-44

Unduhan

Diterbitkan

2018-05-19

Cara Mengutip

Prasetiono, S. J., & Budijanto, H. A. (2018). IMPLEMENTASI PENUGASAN LAPORAN PRAKTEK JARINGAN KOMPUTER BERBASIS E-LAB CISCO MELALUI KELAS VIRTUAL EDMODO UNTUK MENINGKATKAN SIKAP KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA. IC-Tech, 13(1). https://doi.org/10.47775/ictech.v13i1.22