ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA SEKOLAH TINGKAT SD DAN SMP DI DINAS PENDIDIKAN KOTA PEKALONGAN

Penulis

  • Prastuti Sulistyorini STMIK Widya Pratama
  • Christian Yulianto Rusli STMIK Widya Pratama
  • Arochman Arochman STMIK Widya Pratama

DOI:

https://doi.org/10.47775/ictech.v16i2.203

Abstrak

Aplikasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah (e-APBS) merupakan aplikasi yang digunakan untuk mengelola Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah (APBS) dari Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Pekalongan. E-APBS diawali dari pendataan Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah (RAPBS) sampai dengan Anggaran Perubahan. Aplikasi ini telah diimplementasikan sejak tahun 2018 dan terus mengalami pengembangan agar sejalan dengan perubahan visi misi Dinas Pendidikan Kota Pekalongan maupun perubahan peraturan yang berlaku. Tujuan. Penelitian ini adalah untuk menganalisis kepuasan pengguna e-APBS di Kota Pekalongan yang ditinjau dari dimensi kualitas system, kualitas informasi, dan kualitas layanan aplikasi e-APBS.  Model pengukuran kepuasan pengguna e-APBS mengadopsi metode DeLone dan McLean yang dikembangkan. Metode Delone dan McLean mencakup 6 dimensi, yaitu kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas layanan, tingkat penggunaan, kepuasan user, dan manfaat bersih.  Dimensi yang tidak digunakan adalah penggunaan dan manfaat bersih, karena aplikasi e-APBS ini merupakan mandatory Dinas Pendidikan Kota Pekalongan. Analisis kepuasan pengguna e-APBS diukur dengan menganalisis hasil kuesioner dari 80 responden yang diambil dari operator aplikasi e-APBS. Teknik analisis regresi digunakan untuk menganalisis pengaruh variabel independen (kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas layanan) terhadap variabel dependen (kepuasan pengguna). Berdasarkan uji parsial (t-test) diperoleh hasil bahwa terdapat pengaruh positif antara variabel kepuasan pengguna dengan variabel kualitas sistem, kualitas informasi, dan kualitas layanan. Sedangkan dari uji serempak (F-test) diperoleh hasil bahwa kepuasan pengguna aplikasi e-APBS dipengaruhi oleh kualitas informasi dan kualitas layanan, sedangkan kualitas system tidak berpengaruh pada kepuasan pengguna.

 Kata kunci: e-APBS, Kepuasan Pengguna, Model DeLone dan McLean

Referensi

DeLone, W. H. dan Ephraim R. McLean. "The DeLone and McLean Model of Information Systems Success: A Ten – Year Update." Journal of Management Information Systems/Spring, 2003: vol. 19. No. 4, p. 9 – 30.

DeLone, W.H. and E.R.Mc Lean. Information System Success: The Quest for the Dependent Variable Infomation System Research 3 (March). 1992.

Farrow, Daniel Robey and Dana. "User Involvement in Information System Development: A Conflict Model and Empirical Test." Management Science vol. 28, issue 1 , 1982: 73-85.

Ghozali, Imam. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2011.

Livary, Juhani. "An Empirical Test of The DeLone-McLean Model of Information System Success, Dataabase for Advance in Information System (DFA)." ProQuest Company Volume 36 ISSN: 1532-0936, 2005.

Machmud, Rizan. Kepuasan Pengguna Informasi (Studi Kasus pada T3-Online. Kota Gorontalo: Ideas Publishing, 2018.

Mc Gill, dkk. "User Developed Apphcations and Information System Success: a Test Of SeLONE and Mcleans Model-Model Information Resource Managemen Tornal." 2003.

Restuningdiah, Nurika dan Nur Indriantoro. Pengaruh Partisipasi terhadap Kepuasan Pemakai dalam Pengembangan Sistem Informasi dengan Kompleksitas Tugas, Kompleksitas Sistem, dan Pengaruh Pemakai sebagai Moderating Variable . Jurnal Riset Akuntansi Indonesia, Vol.3, No.2, 2000.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta, 2017.

Tordace.W.J, McKens D.J g. "The Relationship Of User Participation and User Satisfation: An Investigatio Of ForUR Contingency Factis." Miss Quarthy, 1994.

Unduhan

Diterbitkan

2022-03-04

Cara Mengutip

Sulistyorini, P. ., Yulianto Rusli, C. ., & Arochman, A. (2022). ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA SEKOLAH TINGKAT SD DAN SMP DI DINAS PENDIDIKAN KOTA PEKALONGAN. IC-Tech, 16(2). https://doi.org/10.47775/ictech.v16i2.203