RANCANG BANGUN SISTEM E-COMPLAIN PADA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH BATANG
DOI:
https://doi.org/10.47775/ictech.v13i1.181Abstrak
Sistem E-Complainn berbasis web di Rumah Sakit Umum Daerah Batang dibuat guna membantu proses pengaduan keluuhan kritik maupun saran, karena pasien masih kesulitan dalam mengetahui tanggapan dari hasil komplain yang diajukan melalui formulir kritik dan saran tersebut. tahap pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan kuesioner. tahap perancangan sistem dengan menggunakan metode pengembangan sistem waterfall, metode pengujian menggunakan metode black box, white box, dan UAT (User Acceptance Test). Setelah melalui serangkaian pengumpulan data, pengembangan sistem dan pengujian sistem maka telah di hasilkan suatu sistem E-Complain berbasis web yang mudah dipahami dan bisa menjadi media alternatif bagi pasien untuk mengadukan komplain tanpa datang ketempat. untuk ke depannya sistem E-Complain berbasis web ini masih perlu di kembangkan salah satunya bisa dengan adanya fitur pemberitahuan sementara untuk pasien yang komplain dan bisa menggunakan media berbasis android.
 Kata Kunci : E-Complain, Rumah Sakit Umum Daerah Batang, Web
Referensi
Pressman, Roger S. Pendekatan Praktisi Rekayasa Perangkat Lunak. Yogyakarta: Andi Offset, 2010.
Munawar. Pemodelan Visual Dengan UML.Yogyakarta: Graha Ilmu, 2005.
Sholiq. Pemodelan Sistem Informasi Berorientasi Objek dengan UML. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2006.
Yamit .2000. Manajemen Proyek Konstruksi Edisi Pertama. Yogyakarta: Andi
Ervianto, I.W. (2005). Manajemen Proyek Konstruksi Edisi Revisi. Yogyakarta. Andi.
Handoko, T. Hani. 1999. Manajemen. BPFE Yogyakarta : Yogyakarta
Siswanto. (2007). Kesehatan Mental; Konsep Cakupan dan Perkembangannya. Yogyakarta: penerbit C.V ANDI OFFSET
Turban, Efriam & Aronson, Jay E. 2001. Decision Support Systems and Intelegent Systems. ^th edition. Printice Hall: Upper Saddle River, NJ.