PERSEPSI KEPUASAN PELANGGAN PDAM KOTA PEKALONGAN

Penulis

  • Victorianus Aries Siswanto STMIK Widya Pratama
  • Tri Pudji Wahjuningsih STMIK Widya Pratama
  • Murtini Murtini

DOI:

https://doi.org/10.47775/ictech.v14i2.177

Abstrak

Teknologi informasi kini menjadi kebutuhan masyarakat dalam mencari informasi secara realtime menjadi hal yang dicari. Sistem Informasi Geografis mempunyai kemampuan untuk menghubungkan berbagai data pada suatu titik tertentu di bumi yang menggabungkan dan akhirnya memetakannya. Praktik kedokteran adalah rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh dokter dalam upaya kesehatan terhadap pasien, baik umum, maupun mata dan memiliki jam praktik. Pelayanan kesehatan yang ada di Kabupaten Pemalang kurang di dukung dengan informasi yang jelas dan akurat. Penyakit yang kadang datang secara tiba-tiba membuat pasien membutuhkan tempat berobat terdekat, terlebih jika pasien kesulitan saat mencari informasi tempat praktek dokter. Dengan dibuatkan sistem informasi geografis tempat praktik dokter di wilayah kabupaten Pemalang berbasis web dinamis, sehingga nantinya dapat ditambahkan lokasi tempat praktik dokter lain untuk memberikan informasi kepada masyarakat agar mudah menemukan tempat praktik dokter di kabupaten Pemalang. Dalam pembuatan sistem ini menggunakan metode waterfall yaitu perencanaan, analisis, perancangan, implementasi, pengujian dan pemeliharaan. Alat pengembangan sistem yang digunakan adalah Unified Modeling Language (UML) dan tahap pengujian menggunakan White Box, Black Box, dan User Acceptance Test (UAT). Melalui proses tahap pengembangan dan pengujian tersebut, maka dihasilkan Sistem Informasi Geografis Tempat Praktik Dokter Umum dan Dokter Mata Di Wilayah Kabupaten Pemalang Berbasis Web.

Kata kunci: Pelanggan, Kepuasan, PDAM

Referensi

Hasan, Pengaruh Kualitas Jasa Bank Syariah terhadap Kepuasan Nasabah pada Bank Muamalat Indonesia Cabang Semarang, Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol 1 No 1 April 2006, 2006

Hair, JF, Multivariate Data Analysis, Fifth Edition, International Edition, Prentice Hall Inc., 1998

Kotler, Philip, Manajemen Pemasaran, Prenhalindo, Jakarta, 2001

Lupiyoadi, Rambat, Manajemen Pemasaran Jasa

: Teori dan Praktek, PT Salemba Empat, 2004

Sugiyono, Statistik Untuk Penelitian, Anggota Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI), Jawa Barat, 2006

Umar, Husein, Studi Kelayakan Bisnis, Teknik Menganalisa Rencana Bisnis Secara Komprehensif, Edisi 2, Gramedia Jakarta, 2003.

Unduhan

Diterbitkan

2019-10-10

Cara Mengutip

Siswanto, V. A., Wahjuningsih, T. P., & Murtini, M. (2019). PERSEPSI KEPUASAN PELANGGAN PDAM KOTA PEKALONGAN. IC-Tech, 14(2). https://doi.org/10.47775/ictech.v14i2.177