Pengenalan Jenis Batuan Dengan Aplikasi Berbasis Augmented Reality

Penulis

  • Taryadi Taryadi STMIK Widya Pratama
  • Widiyono Widiyono STMIK Widya Pratama

DOI:

https://doi.org/10.47775/ictech.v13i2.174

Abstrak

Media pemb elaja ran yang diterapkan di SMP 1 Tirto masih menggun akan meto de buku dan ceramah, sedikit tersedianya med ia peraga serta tidak diperbolehkanya media peraga dibaw a pulang menjadi kendala pembelajaran IPS khususnya bab jenis-jenis batuan. Dengan tek no logi augmented reality, batuan dapat di visua li s asikan bentuk dan proses terbent uknya batuan . Pernbua ta n aplikasi ini menggunak an software Unity 3D dan Vuforia. Hasil dari aplikasi ini adalah media pengenalan jenis• jenis batuan yang berisikan materi batuan, AR batuan, animasi proses terjad inya batuan. Aplikasi sesuai dengan kebut uhan user hal tersebut terbukti dari has il kuesioner yang menyatakan bahwa aplikasi ini menar ik, mudah dipahami, clan  layak dijadikan alternatif pembelajaran mandiri yang lebih interaktif untuk siswa.

 

Kata Kunci: Batuan, JPS, Pengenalan, Augmented Reality

Referensi

Afdal, M. Augmented Reality Lotodfer Sebagai Penunjang Computer AidedLearning (Cal) Pada Multimedia Pembelajaran. 2016.

Arsyad, Azhar. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers 2010.

Edi, Ag, and Moch. Hariadi. Augmented Reality Gedung Menggunakan Navigasi Marker dengan Estimasi Jarak. Surabaya: ITS, 2010.

Haller, Billinghurst, dan Thomas. Emerging Tecnologies of Augmented Reality: Interfaces and Design. United States of America: Idea Group of Inc, 2007.

Hermawan, S. Mudah Membuat Aplikasi Android Jakarta: Elex Media Komputindo

, 2011.

Hermawan, S Stepanus. Mudah Membuat Aplikasi Android Yogyakarta: Andi offset, 2011.

Husni, Emir H, dan YusufRohkhmat. Augmented Reality Volcano Untuk A/at Peraga Museum. 2008.

Jacko, Julie A Andrewsears. "Handbook of

Research on Ubiquitous Computing Technology for Real Time Enterprises." Dalam Handbook of Research on Ubiquitous Computing Technology for Real Time Enterprises, 4. CRC Press, 2010.

Kaufmann, Hannes. Collaborative Augmented Reality in Education. 2002.

Musfiqon. Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya, 2012.

Qualcom. www.qua/comm.co.id 2015. http://www.qualcomm.co.id/products/vufori

a (diakses 07 10, 2015).

Sadiman, Arief S. Media Pendidikan:Pengertian,Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers., 2010.

Sanaki, Hujair. Media Pembelajaran. Buku Pegangan Wajib Guru dan Dosen. Yogyakarta: Kaukaba, 2011.

Saputra, P.R. FlarToolkit Flash Augmented Reality with ActionScript. Solo: Buku AR Online, 2014.

Sutopo, Ariesto H. Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2012.

Unduhan

Diterbitkan

2018-10-10

Cara Mengutip

Taryadi, T., & Widiyono, W. (2018). Pengenalan Jenis Batuan Dengan Aplikasi Berbasis Augmented Reality. IC-Tech, 13(2). https://doi.org/10.47775/ictech.v13i2.174