PENGENALAN BAGIAN-BAGIAN TULANG MANUSIA BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK KELAS 8 DI SMP N 1 ULUJAMI
DOI:
https://doi.org/10.47775/ictech.v13i2.173Abstrak
SMP Negeri 1 Ulujami khususnya kelas 8 dalam kegiatan belajar mengajar sistem gerak manusia mengenai bagian tulang manusia terdapat masalah yaitu minat belajar siswa yang kurang pada materi bentuk-bentuk dari tulang manusia beserta fungsinya.Untuk meningkatkan minat siswa dalam belajarmateri tersebut makaAugmented Reality merupakan gagasan yang menariksebagaimedia pembelajaran barusehingga dapat digunakansebagai media alat peraga pengenalan tulang manusia.Dengan terciptanya aplikasi pengenalan bagian-bagian tulang manusia berbasis augmented reality dapat membantu dalam proses belajar mengajar materi tulang manusia lebih baik. Melalui serangkaian tahap pengembangan dan pengujian tersebut,dari 50 responden 100% menyatakan bahwaaplikasi sesuai dengan yang diharapkan user, aplikasi menarik, mudah dipahami, dan layak dijadikan sebagai aplikasi alat peraga pengenalan bentuk tulang manusia berbasis Augmented Reality. Adapun kekurangan pada aplikasi ini belum terdapat server yang menyimpan database sistem sehingga diharapkan untuk penelitian selanjutnya aplikasi ini dapat dikembangkan dengan ditambahkan server sebagai penyimpan data pembaruan sistem otomatis.
Â
Kata Kunci : Augmented Reality, Multimedia, Tulang Manusia
Referensi
Abdul hadi, Rizki Puji. http://www.softilmu.com/2015/10/Pengertian- Fungsi-Struktur-Bagian-Macam-Jenis-Proses- Terbentuknya-Tulang-Adalah.html. 10 05, 2015. http://www.softilmu.com/2015/10/Pengertian- Fungsi-Struktur-Bagian-Macam-Jenis-Proses- Terbentuknya-Tulang-Adalah.html (accessed 05
, 2016).
Ableson, W.F. Android In Action Second Edition.
Stamford: Manning Publications, 2011.
Azuma, Ronald T. A Survey Of Augmented Reality.
Teleopereators and Virtual Environment, 1997.
Billinghurst, Mark, Haller, Michael, Thomas, and Bruce. Emerging Technologies of Augmented Reality: Interfaces and Design. Idea Group Publ, 2007.
Fatkhurohman. "Aplikasi Pengenalan Motif Batik Nusantara berbasis Augmented Reality." 2011.
Mardiyanto, Eka. "Alat Peraga Bangun Ruang Untuk Kelas 5 SD Berbasis Augmented Reality DI Android." 2015.
Syariffudin. "Multimedia Pembelajaran Komputer Menggunakan Teknologi Augmented Reality Berbasis WEB." 2014.