Sistem Informasi Geografis Tempat Praktik Dokter Spesialis, Dokter Umum dan Dokter Gigi Di Wilayah Kabupaten Batang Berbasis Web

Penulis

  • Prastuti Sulistyorini STMIK Widya Pratama
  • Bambang Ismanto STMIK Widya Pratama
  • Riski Sulistiyaningsih STMIK Widya Pratama

DOI:

https://doi.org/10.47775/ictech.v13i2.172

Abstrak

Teknologi informasi kini menjadi kebutuhan masyarakat dalam mencari informasi secara realtime menjadi hal yang dicari. Sistem Informasi Geografis mempunyai kemampuan untuk menghubungkan berbagai data pada suatu titik tertentu di bumi yang menggabungkan dan akhirnya memetakannya. Praktik kedokteran adalah rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh dokter dalam upaya kesehatan terhadap pasien, baik umum, gigi maupun spesialis dan memiliki jam praktik. Pelayanan kesehatan yang ada di Kabupaten Batang kurang di dukung dengan informasi yang jelas dan akurat. Penyakit yang kadang datang secara tiba-tiba membuat pasien membutuhkan tempat berobat terdekat, terlebih jika pasien kesulitan saat mencari informasi tempat praktek dokter. Dengan dibuatkan sistem informasi geografis tempat praktik dokter di wilayah kabupaten Batang berbasis web dinamis, sehingga nantinya dapat ditambahkan lokasi tempat praktik dokter lain untuk memberikan informasi kepada masyarakat agar mudah menemukan tempat praktik dokter di kabupaten Batang. Dalam pembuatan sistem ini menggunakan metode waterfall yaitu perencanaan, analisis, perancangan, implementasi, pengujian dan pemeliharaan. Alat pengembangan sistem yang digunakan adalah Unified Modeling Language (UML) dan tahap pengujian menggunakan White Box, Black Box, dan User Acceptance Test (UAT). Melalui proses tahap pengembangan dan pengujian tersebut, maka dihasilkan Sistem Informasi Geografis Tempat Praktik Dokter Spesialis, Dokter Umum dan Dokter Gigi Di Wilayah Kabupaten Batang Berbasis Web.

 Kata Kunci : GIS, Sistem Informasi Geografis, Dokter

Referensi

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2006.

Arsandy, Nur Rochmah Dyah P.A dan Efawan Retza. “SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS TEMPAT PRAKTEK DOKTER SPESIALIS DI PROVINSI D.I YOGYAKARTA BERBASIS WEB.†Jurnal

Informatika Mulawarman, 2015: 1.

Bafdal N, Amaru K, Pareira BM. Buku Ajar Sistem Informasi Geografis. 2011. http://pustaka.unpad.ac.id/wpcontent/upload s/2012/02/pustaka_unpad_buk (diakses 12

, 2017).

Booch, Grady. Object Oriented Analysis and Design with Application 2nd Edition. United States of America: Addison Wesley Longman, Inc, 2005.

Bordo, Vince. Rekayasa Perangkat Lunak.

Yogyakarta: Andi, 2009.

BPS-Batang, Badan Pusat Statistik. https://batangkab.bps.go.id/. 1 September

https://batangkab.bps.go.id/dynamictable/20 17/01/09/61/jumlah-penduduk--per- kecamatan-di-kabupaten-btang-2010- 2015.html (diakses Desember 30, 2017).

Eka Dinata, dkk. Sistem Informasi Geografis Untuk Pengelolaan Bentang Lahan Berbasis Sumber Daya Alam. Bogor: World Agroforestry Centre, 2008.

Gregorius, Agung. Membuat Homepage Interaktif Dengan CGI/Perl. Jakarta: PT. Elex Media Koputindo, 2000.

Irwansyah, Edy. Sistem Informasi Geografis: Prinsip Dasar dan Pengembangan Aplikasi. Yogyakarta: Digibooks, 2013.

Istijanto. Riset Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Gramedia Puastaka Utama, 2006.

Jogianto. “Analisis dan Desain Sistem Informasi.†Dalam Analisis dan Desain Sistem Informasi, oleh MBA.Ph. D. Jogianto Hartono, 102. Yogyakarta: Andi Offset, 2005.

Kodir, Abdul. Dasar Perancangan dan implementasi database relasional. Yogyakarta: Andi Offset, 2009.

Kristanto, Ir. Harianto. Konsep dan Perancangan Database. Yogyakarta: Andi Offset, 2007.

Narbuko, Cholid dan Achmadi, Abu. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2013.

Nugroho, Adi. Rekayasa Perangkat Lunak Berorientasi Objek dengan Metode USDP. Yogyakarta: ANDI, 2010.

Prahasta, Eddy. Konsep-konsep dasar Sistem Informasi Geografis. Bandung: Informatika, 2005.

Rahmat Hidayat, dkk. Sari Panduan Pemetaan Partisipatif. Bandung: Garis Pergerakan, 2005.

Riyanto, Prilnali Eka Putra, dan Hendi Indelarko. Pengembangan Aplikasi Sistem Informasi Geografis Berbasis Desktop dan Web. Yogyakarta: Gava Media, 2009.

Santosa, Insap. Interaksi Manusia dan Komputer.

Yogyakarta: Andi Offset, 2004.

Sarwono, Jonathan. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, Cetakan Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2006.

Shodiq, Amri. https://www.scribd.com. 2008. https://www.scribd.com/doc/16846801/Tuto rial-Dasar-Pemrograman-Google-Maps-API (diakses Desember 25, 2017).

Sugiyono, Prof. Dr. METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF DAN

R&D. Bandung: CV.Alfabeta, 2013.

Teknologi, Artikel.

http://www.artikelteknologi.com. September 2016.

http://www.artikelteknologi.com/2016/09/a pa-itu-google-maps-dan-cara-kerjanya.html (diakses Desember 25, 2017).

Unduhan

Diterbitkan

2018-10-10

Cara Mengutip

Sulistyorini, P., Ismanto, B., & Sulistiyaningsih, R. (2018). Sistem Informasi Geografis Tempat Praktik Dokter Spesialis, Dokter Umum dan Dokter Gigi Di Wilayah Kabupaten Batang Berbasis Web. IC-Tech, 13(2). https://doi.org/10.47775/ictech.v13i2.172