PENGENALAN SPESIES HEWAN DENGAN MODEL GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID

Penulis

  • Paminto Agung Christianto STMIK Widya Pratama
  • Muhammad Rikzam Kamal STMIK Widya Pratama
  • Tri Uswatun Chasanah STMIK Widya Pratama

DOI:

https://doi.org/10.47775/ictech.v13i2.171

Abstrak

SD Negeri Brayo merupakan salah satu Sekolah Dasar negeri yang terdapat di Kecamatan Wonotunggal Kabupaten Batang dengan akreditasi A berdasarkan No Akreditasi: Dd.010647. Sekolah ini terletak di desa Brayo Rt. 01 Rw. 01 Kecamatan Wonotunggal Kabupaten Batang.kondisi sistem pembelajaran di SD Negeri Brayo bahwa selama ini belum adanya game edukasi untuk pembelajaran pengenalan spesies hewan agar dapat mengasah kemampuan siswa dalam belajar. Agar dapat memberikan kemudahan dalam pembelajaran siswa yang menyenangkan, maka dibuatlah game edukasi pengenalan spesies hewan berbasis android.Metode pengembangan sistem yang di kembangkan oleh sutopo dengan tahapan Konsep (Concept), Perancangan (Design), Pengumpulan Bahan (Material Collecting), Pembuatan (Coding), Pengujian (Testing), dan Distribusi (Distribution). Sementara alat pengembangan sistem menggunakan Flowchart, Lembar Kerja Tampilan (LKT) dan Storyboard. Dari hasil pengujian, game ini diharapkan dapat mempermudah dalam pembelajaran pengenalan spesies hewan dengan cara yang menyenangkan,menyajikan petunjuk panduan penggunaan game serta tampilan yang interaktif sehingga dapat dioperasikan dengan mudah oleh siswa-siswi SD Negeri Brayo.

  

Kata Kunci: Edukasi, Pengenalan , Hewan, SDN Brayo 

Referensi

Arsyad, Azhar. 2012. Media Pembelajaran.

Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Ismail, Andang. 2009. Education Game Panduan Praktis Permainan yang menjadi Anak Anda Cerdas, Kreatif dan Shaleh. Yogyakarta: Andi Offset.

Randel. 2011. Computer Games For Learning.

Yogyakarta : Andi Offset.

Sobirin, Ahmad. 2015. Pengenalan Hewan Untuk Anak-Anak. Yogyakarta: Andi Offset.

Unduhan

Diterbitkan

2018-10-10

Cara Mengutip

Christianto, P. A., Kamal, M. R., & Chasanah, T. U. (2018). PENGENALAN SPESIES HEWAN DENGAN MODEL GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID. IC-Tech, 13(2). https://doi.org/10.47775/ictech.v13i2.171