Pemanfaatan Algoritma C4.5 dan Metode Profile Matching untuk Penentuan Kualitas Barang di PT Primatexco Indonesia

Penulis

  • M. Adib Alkaromi STMIK Widya Pratama
  • Risqiati Risqiati STMIK Widya Pratama
  • Aris Ekyanto Heru Setiadi STMIK Widya Pratama

DOI:

https://doi.org/10.47775/ictech.v13i1.170

Abstrak

PT. Primatexco merupakan perusahaan yang memproduksi benang dan kain dengan kualitas ekspor. Proses pembuatan benang diawali dengan proses perencanaan komposisi kapas untuk proses pembuatan benang. Dalam memprediksi kualitas benang yang akan dihasilkan, adalah menjadi penting untuk mempunyai suatu metode pendekatan dalam memperbaiki sistem yang ada. Berdasarkan kondisi tersebut, dibuat suatu sistem pendukung keputusan untuk menganalisis kualitas benang. Dengan mengkaji data-data kualitas mixing kapas yang diinput untuk kemudian diproses dengan kombinasi Algorima C4.5 dan Profile Matching, dan akan menghasilkan output yang merupakan representasi nilai dari kedekatan kualitas serat mixing baru. Sistem dibangun dengan menggunakan metode pengembangan sistem Waterfall yang memiliki tahapan pengembangan yaitu Perencanaan, Analisis, Perancangan, dan Pengujian. Hasil sistem yang dibangun dapat digunakan untuk melakukan prediksi dan analisa dari kualitas mixing benang yang dilakukan. Hal ini dibuktikan dalam pengujian Black Box yang menyimpulkan bahwa sistem sudah dapat melakukan integrasi yang baik dan tepat tanpa terjadi kesalahan, serta hasil pengujian White Box yang menyimpulkan bahwa sistem mampu mengolah data kualitas mixing dengan menggunakan pola perhitungan metode C.45 dan Profile Mathcing. Selain itu hasil pengujian User Acceptance Test (UAT) menyimpulkan bahwa sistem sudah memenuhi kriteria kebutuhan pengguna baik secara fungsional maupun non fungsional. Diharapkan pengembangan selanjutnya terhadap sistem agar dapat melakukan pembaruan mapping pohon keputusan secara berkala, sehingga sistem lebih akurat dalam menganalisa mixing.

Kata Kunci : Sistem, Mixing, C.45, Profile Matching, Kualitas.

Referensi

Angkasa, Seradi. "Penerapan Metode Profile Matching Untuk Menentukan Kelayaan Pemberian Kredit Pada PNPM Mandiri Kota Banjarmasin." Teknologi Informasi (STMIK Indonesia Banjarmasin) XI (Maret 2016).

B, Supadi, Hendro Yulianto, Sujito R, and Maas Shobirin. Fokus Menyelesaikan Soal-soal Ujian Nasional SMP 2009. Jakarta: PT Kawan Pustaka, 2008.

Fahmi, Haidar. Untitled Prezi. Mei 28, 2014. https://prezi.com/fsyl2jijgkkx/untitled- prezi/ (accessed Maret 23, 2017).

Fitria, and Diah Mustika. "Sistem Pendukung Keputusan Untuk Pemeringkatan Koperasi Pada Dinas Perindustrian, Perdagangan Dan Koperasi Dengan Metode AHP (Analytic Hierarchy Process)." Penelitian, Juni 2011.

Irawati. Interaksi Manusia dan Komputer. 2012. Khudri, Akhmad. "Sistem Akuntansi Penjualan

Tunai." Skripsi (Universitas Guna Darma), Juni 2016.

Kusrini. Alogaritma Data Mining. Yogyakarta: Andi, 2007.

Muharto, and Arisandy Ambarita. Metode Penelitian Sistem Informasi: Mengatasi Kesulitan Mahasiswa dalam Menyusun Proposal Penelitian. Yogyakarta: Deepublish, 2016.

Oktavia, Chaulina Alfianti, Rahmadwati, and Purnomo Budi S. "Analisis Kinerja Algoritma C4.5 Pada Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Jenis Pelatihan." EECCIS (Universitas Brawijaya Malang) 9 (Desember 2015).

Sambani, Egi Badar, Dadang Mulyana, and Irfan Maulana. "Journal of Applied Intelligent System." Skripsi (STMIK Tasikmalaya) 1 (Juni 2016).

Suka, Wiranata. "Sistem Antrian Nasabah Dengan Metode FCFS (First Come First Serve) Di Bank BPR PK Bongas Indramayu." Skripsi (Universitas Komputer Indonesia), Agustus 2006.

Swastina, Liliana. "Penerapan Algoritma C4.5 Untuk Penentuan Jurusan Mahasiswa." Gema Aktualita 2 (Juni 2013).

Wahidah, Annisa Nugraha. "Penerapan Pendekatan Multisensori Dalam Meningkatkan Kosakata Dasar Bahasa Inggris Pada Anak Tunarungu Kelas VII SMPLB B Hikmat Bandung." Penelitian (Universitas Pendidikan Indonesia), 2012.

Unduhan

Diterbitkan

2018-04-10

Cara Mengutip

Alkaromi, M. A., Risqiati, R., & Heru Setiadi, A. E. (2018). Pemanfaatan Algoritma C4.5 dan Metode Profile Matching untuk Penentuan Kualitas Barang di PT Primatexco Indonesia. IC-Tech, 13(1). https://doi.org/10.47775/ictech.v13i1.170