APLIKASI E-INFO STMIK WIDYA PRATAMA PEKALONGAN BERBASIS MOBILE

Penulis

  • Christian Yulianto Rusli STMIK Widya Pratama
  • Risqiati Risqiati STMIK Widya Pratama

DOI:

https://doi.org/10.47775/ictech.v14i1.167

Abstrak

Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Widya Pratama Pekalongan berdiri tahun 2002. Mahasiswa dan alumni STMIK WP mengalamai kesulitan dalam mengaspirasikan informasi dan menerima informasi. Tujuan dari penelitian ini adalah terciptanya suatu sistem yang berfungsi sebagai sarana mahassiwa dan alumni STMIK Widya Pratama Pekalongan Berbasis Mobile untuk mengaspirasikan informasi mahasiswa dan alumni. Metode pengembangan sistem yang digunakan dalam pembuatan aplikasi adalah metode pengembangan System Develop Life Cycle(SDLC) dengan pendekatan metode waterfall. Metode ini dilakukan dalam 6 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap analisis, tahap perancangan, tahap implementasi, tahap pengujian dan tahap pemeliharaan. Pengumpulan data melalui wawancara dan kuesioner. Metode pengujian sistem yang digunakan untuk menguji aplikasi ini adalah metode pengujian white boxm black box dan untuk pengujian pengguna menggunakan metode User Acceptance Test(UAT). Dari serangkaian metode pengembangan dan pengujian yang telah dilakukan didapatkan hasil bahwa Aplikasi E-Info STMIK Widya Pratama Pekalongan Berbasis Mobile yang dapat mempermudah mahasiswa dan alumni STMIK Widya Pratama Pekalongan dalam menyapaikan aspirasi serta sebagai wadah bagi Student Carrier Center STMIK Widya Pratama Pekalongan untuk menampung aspirasi informasi dari mahasiswa dan alumni sebagai penunjang pengetahuan informasi yang mendukung mahasiswa dan alumni. Diharapkan untuk penelitian selanjutnya dapat mengembangkan validasi pada halaman registrasi alumni dapat dicocokan dengan database alumni STMIK Widya Pratama Pekalongan.

Kata kunci: Aspirasi Informasi, Mobile, Waterfall

Referensi

Arikuntoro, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipto.

Dashboards | Android Developers. 27 Juli. Diakses Agustus 2018, 2018. https://developer.android.com/about/dashboards/index.html?hl=id.

Gelinas, dan Dull. t.thn. “Accounting information system 9.†Oleh Cengage Learning. South Western.

Harahap, Nazruddin Safaat. 2012. Android: Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung: Informatika.

Kadir, Abdul, dan Terra Ch. Triwahyuni. 2013. Pengantar Teknologi Informasi Edisi Revisi. Yogyakarta: ANDI.

Kodir, Abdul. 2009. Dasar Perancangan dan implementasi database relasional. Yogyakarta: Andi Offset.

Kristanto, Ir. Harianto. 2007. Konsep dan Perancangan Database. Yogyakarta: Andi Offset.

Pramana, Henky W. 2012. Aplikasi Inventori Berbasis Access 2003. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Pressman, Roger S. 2010. Pendekatan Praktisi Rekayasa Perangkat Lunak. Yogyakarta: Penerbit Andi.

—. 2012. Rekayasa Perangkat Lunak - Buku Satu Pendekatan Praktisi. Yogyakarta: ANDI.

Prof. Dr. Jogiyanto HM, MBA, Akt. 2005. Sistem Informasi : Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktik Aplikasi Bisnis. Yogyakarta: Andi.

Romney, Marshal B., dan Steinbart, Paul John. 2009. Accounting Information Systems. USA: Cengage Learning.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Unduhan

Diterbitkan

2019-04-10

Cara Mengutip

Rusli, C. Y., & Risqiati, R. (2019). APLIKASI E-INFO STMIK WIDYA PRATAMA PEKALONGAN BERBASIS MOBILE. IC-Tech, 14(1). https://doi.org/10.47775/ictech.v14i1.167