KONSEP DAN DESAIN ROAD TRIP VIRTUAL BERBANTUAN VIDEO KOTA PEKALONGAN BERBASIS WEB

Dicke Junryan Saut HS, Bambang Ismanto, Nurul Amalia

Sari


Pandemi Covid-19 membawa dampak terhadap kegiatan wisata, sosial dan budaya. Kebijakan Pemerintah yang memberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat menyebabkan masyarakat banyak bergiatan di rumah. Bahkan untuk pulang kampung dihari besar keagamaan juga dihimbau untuk tidak dilakukan. Kegiatan yang cukup signifikan terjadi peningkatannya adalah penggunaan internet, hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan pembelian pulsa dan paket data di masa Pandemi. Permasalahan di atas yang menjadi trigger disusunnya Konsep dan Desain Road Trip Virtual berbantuan Video Kota Pekalongan Berbasis Web. Road Trip Virtual Berbantuan Video Kota Pekalongan berbasis Web ini akan membawa pengunjung untuk menikmati jalan-jalan protokol dan beberapa lokasi wisata di kota Pekalongan dengan seolah-olah sedang menggunakan mobil (driving tour) berkeliling di jalan-jalan protokol di Kota Pekalongan atau sedang berjalan kaki (walking tour) berkeliling di lokasi-lokasi wisata di Kota Pekalongan. Disamping itu Web Road Trip Virtual dapat digunakan untuk mempromosikan kembali Kota Pekalongan kepada masyarakat sebagai kota destinasi wisata, juga untuk menarik turis baik yang sudah pernah berkunjung ke Pekalongan, maupun yang belum pernah. Konsep dan desainnya menggunakan metode pengembangan Multimedia dan tahapan pembuatan videonya mengacu pada 3 tahapan pembuatan video yakni praproduksi, produksi dan pascaproduksi.

 

Kata Kunci    :           Konsep dan Desain, Road Trip Virtual, Kota Pekalongan, Video, Web, Pandemi Covid 19

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ashshiddiqie, Muhammad Farhan., Premaswari, I Gusti Agung Ayu Pramidewi. (2021). Tur Wisata Virtual Bali Pada Era Society 5.0 (Bali Virtual Tourism Tour In Society 5.0 Era). Seminar Nasional Desain – SANDI 2021. Volume 1 Tahun 2021.

Azani Cempaka Sari, (2018). Virtual Reality. di ambil kembali dari https://socs.binus.ac.id/2018/11/29/virtual-reality/, di akses pada 15 Oktober 2021 Pukul 18.33 WITA.

Bakre, Namrata, Aditi Deshmukh and Prof. Yogesh Doulatramani Pavitra Sapaliga. ( 2017). “Campus Virtual Tour.” Internasional Journal of Advenced Research Compututer Engineering Technology (IJARCET) 6(4): 444–448.

Binanto, Iwan. (2010). Multimedia Digital-Dasar Teori dan Pengembangannya. Yogyakarta: Andi Offset.

Binanto, Iwan. (2015). Tinjauan Metode Pengembangan Perangkat Lunak Multimedia Yang Sesuai Untuk Mahasiswa Tugas Akhir. Seminar Nasional Rekayasa Komputer dan Aplikasinya 2015 ISBN: 978-602-71695-1-7

CNN Indonesia, (2020). 'Road Trip' Virtual Keliling Puluhan Kota Wisata di Dunia. https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20200514135320-269-503351/road-trip-virtual-keliling-puluhan-kota-wisata-di-dunia, Diakses pada tanggal 15 September pukul 21.20 WIB.

Dwi Prasetya, Didik. (2015). Aplikasi Virtual Tour Sebagai Media Promosi Pariwisata. https://www.researchgate.net/publication/317082651_Aplikasi_Virtual_Tour_Berbasis_Web_Sebagai_Media_Promosi_Pariwisata?enrichId=rgreq-56a915ad8d439af7de57ccfdfbad7492-XXX&enrichSource=Y292ZXJQYWdlOzMxNzA4MjY1MTtBUzo2MjcxMDYyNjY1MDkzMTNAMTUyNjUyNTE5MzY2NQ%3D%3D&el=1_x_3&_esc=publicationCoverPdf, Diakses pada 5 September 2021 Pukul 21.20 WIB.

Dwi Winata, Ferry., Mutiarin, Dyah. (2021). Inovasi Ekowisata Digital Saat Pandemi Covid-19 Studi Kasus: Virtual Experience Oleh Sebumi.Id. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni, Vol. 5, No. 1, April 2021: hlm 164-169.

Fitri, Mega Orina. (2016). “Rancang Bangun Aplikasi Virtual Tour Monumen Mandala Berbasis Android.” Jurnal Informatika Sains dan Teknologi 1(1).

Hamid, Z.A., M.H. Hanafiah H. Wee, dan N.A.A. Asri. (2016). “The effect of social media on tourists’ decision to travel to Islamic destination: A case of Malaysia.” Heritage, Culture and Society – Radzi et al. (Eds). London: Taylor & Francis Group, London, 501-505.

Kemenparekraf/Baparekraf RI, (2021). Virtual Tour sebagai alternatif Berwisata di Tengah Pandemi Covid-19. ( https://kemenparekraf.go.id/ragam-pariwisata/Virtual-Tour%2C-Alternatif-Berwisata-di-Tengah-Pandemi-COVID_19, diakses pada 2 Nopember 2021 Pukul 11.25 WIB)

Kurniasih, Nurul., Tri Utama, Dinar., dkk. (2021). Profil Masyarakat Kota Pekalongan di Era New Normal, Analsis Hasil Survei Sosial Ekonomi Dampak Covid-19. Pekalongan : Badan Pusat Statistik

Puji Lestari, Wahyu., Buchori,Achmad., Indriati Wardani, Theodora. (2020). Perancangan Sistem Aplikasi Wisata Di Kabupaten Blora Menggunakan Virtual Tour, JIPETIK: Jurnal Ilmiah Penelitian Teknologi Informasi & Komputer, Vol. 1, No. 1, Juni 2020, Hal. 13-20 .

Sukaesih, Siti Khadijah, Ute Lies., dkk. (2020). Wisata Virtual Pada Perpustakaan Digital Selama Masa Pandemi Covid-19. Tornare - Journal of Sustainable Tourism Research. Vol. 2, No. 3, September 2020: 63 -77.

Surjono, Herman Dwi. (2014). Pengantar Video. Naskah Publikasi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Tim Komunikasi Publik Dinkominfo Kota Pekalongan, (2020). Tak Ada PHK Pegawai di Lingkup Sektor Pariwisata Kota Pekalongan. (https://batiktv.pekalongankota.go.id/berita/tak-ada-phk-pegawai-di-lingkup-sektor-pariwisata-kota-pekalongan.html, diakses pada 2 Nopember 2021 Pukul 09.35 WIB)

Vaughan. T. (2011). Multimedia : Making it Works (8th Edition). New York: McGraw-Hill.

Wiratna, Haris dan Lakoro, Rahmatsyam (2017). Video promosi wisata pantai kabupaten jember dengan konsep sinematik. Jurnal sains dan seni ITS, 2. 94-99

Wong, Yue-Ling. (2009). Digital Media Primer Digital Audio, Video, Imaging, and Multimedia Programming. New York: Pearson Education


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.